Setelah 9 Tahun Dilarang, Jemaah Umrah Pertama Iran Berangkat ke Arab Saudi

Rabu, 24 April 2024 - 14:22 WIB
loading...
Setelah 9 Tahun Dilarang, Jemaah Umrah Pertama Iran Berangkat ke Arab Saudi
Jemaah haji di Tanah Suci. Foto/Ilustrasi: Okezone
A A A
Kelompok pertama jemaah haji Iran berangkat ke Arab Saudi pada hari Senin untuk umrah . Keberangkatan mereka ini bersejarah setelah 9 tahun dilarang. “Kelompok jamaah umrah pertama berangkat dari Iran ke Arab Saudi melalui bandara Imam Khomeini di Teheran,” kantor berita IRNA melaporkan.

Jemaah ini merupakan warga Iran pertama yang menunaikan ibadah haji sejak Teheran dan Riyadh sepakat untuk memulihkan hubungan dan membuka kembali kedutaan masing-masing. Kesepakatan itu sendiri ditengahi Tiongkok .

Warga Iran telah diizinkan menunaikan ibadah haji tahun lalu, namun umrah tetap terlarang bagi mereka sampai sekarang.



Arab Saudi memutuskan hubungan dengan Iran pada tahun 2016 menyusul serangan yang dilakukan pengunjuk rasa pro-rezim terhadap kedutaan besarnya di Teheran dan konsulatnya di Mashhad.

Media pemerintah Iran mengatakan dalam beberapa bulan terakhir bahwa jamaah haji akan dapat berangkat ke kota suci Makkah di Saudi untuk umrah, namun menyalahkan kesulitan teknis atas penundaan yang berulang kali terjadi.

IRNA menyebutkan total 5.720 jemaah umrah Iran direncanakan berangkat ke Arab Saudi tahun ini.

Duta Besar Saudi untuk Teheran, Abdullah bin Saud Alanazi, hadir di bandara bersama beberapa pejabat Iran untuk memberangkatkan rombongan jamaah pertama pada hari Senin.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2051 seconds (0.1#10.140)