Eric Saade: Didiskriminasi karena Mengenakan Kaffiyeh di Kontes Lagu Eurovision

Jum'at, 10 Mei 2024 - 12:44 WIB
loading...
Eric Saade: Didiskriminasi karena Mengenakan Kaffiyeh di Kontes Lagu Eurovision
Eric Saade, penyanyi Swedia-Palestina. Foto: MEE
A A A
Bintang pop Swedia-Palestina, Eric Saade, mendapat perlakuan tidak adil dan diskriminatif . Ia mendapatkan pengawasan ketat saat kontes lagu Eurovision. Pasalnya, Eric Saade mengenakan syal Palestina pada pembukaan semifinal kontes tersebut.

Ayah Eric Saade berasal dari Palestina. Memulai semifinal pertama Kontes Lagu Eurovision di Malmo, Swedia , pada Selasa malam 7 Mei 2024 dengan keffiyeh, hiasan kepala tradisional pria Palestina dan Arab. Kaffiyeh itu ia lilitkan di pergelangan tangannya.

Kepopuleran penutup kepala khas Palestina itu semakin meningkat sejak tahun lalu. Kaffiteh digunakan oleh banyak demonstran dan aktivis untuk menunjukkan dukungan mereka terhadap warga Palestina yang tengah dibombardir Israel di Jalur Gaza.



Penyelenggara kontes, European Broadcasting Union (EBU) berlebihan dalam menanggapi apa yang dilakukan Eric Saade. Lembaga ini menyesalkan Saade yang mengenakan syal.

"Kontes Lagu Eurovision adalah acara TV langsung. Semua pemain disadarkan akan peraturan kontes, dan kami menyesal Eric Saade memilih untuk mengompromikan sifat non-politik dari acara tersebut," katanya.

Beberapa orang melalui media sosial menunjukkan bahwa syal kotak-kotak hitam dan putih adalah bagian dari warisan budaya Palestina dan mempertanyakan pembingkaian EBU sebagai simbol politik.

“Eric Saade diseret karena dia mengenakan pakaian yang secara harafiah merupakan bagian dari warisannya, padahal semua orang diperbolehkan mengenakan pakaian tradisional apa pun yang mereka inginkan,” komentar salah satu pengguna media sosial.

Yang lain berbagi: "Eric Saade adalah orang Palestina. Keffiyeh adalah simbol budaya Palestina. Dia tidak mengatakan atau melakukan apa pun yang bersifat politis di sini… Anda tahu apa itu politik? Mempromosikan masuknya negara yang melakukan genosida."

Eurovision kemudian memposting klip penampilan dua artis pembuka lainnya di halaman media sosialnya, tetapi tidak membagikan klip Saade, sehingga mendorong pengguna media sosial untuk membagikan pertunjukan tersebut di halaman pribadi mereka untuk menunjukkan dukungan kepada artis tersebut.



Mengingat Asal Usul

Menanggapi, EBU melalui story di akun Instagram pribadinya, bintang pop tersebut menjelaskan bahwa keffiyeh adalah hadiah dari ayahnya, sebagai cara untuk mengingat asal usulnya, dan mengkritik larangan Eurovision terhadap bendera dan simbol Palestina.

"Saya tidak tahu bahwa suatu hari nanti akan disebut 'simbol politik'. Ini seperti menyebut kuda Dala [patung kuda tradisional Swedia] sebagai simbol politik," tulis penyanyi yang mewakili Swedia pada kompetisi iterasi tahun 2011 itu. .

“Di mata saya, itu hanya rasisme. Saya hanya ingin menjadi inklusif dan mengenakan sesuatu yang nyata bagi saya, namun EBU tampaknya menganggap etnis saya kontroversial.

"Tidak disebutkan apa pun tentang saya, tetapi segalanya tentang mereka."

Protes dan kinerja

Kontes lagu Eropa edisi tahun 2024 ini diwarnai kontroversi karena di tengah genosida Israel di Jalur Gaza yang menewaskan 35.000 warga Palestina, sebagian besar adalah warga sipil.
Ribuan lainnya berada di bawah reruntuhan, diyakini tewas.

Hal yang lebih menyakitkan lagi, Israel ikut dalam kontes ini. Ada seruan untuk memboikot kontes. Sejumlah penggemar dan artis sempat memprotes terhadap partisipasi Israel itu.

Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2069 seconds (0.1#10.140)