Bacaan Doa Tahallul Awal saat Haji, Lengkap Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

Kamis, 16 Mei 2024 - 10:15 WIB
loading...
Bacaan Doa Tahallul Awal saat Haji, Lengkap Bahasa Arab, Latin, dan Artinya
Bacaan doa tahallul awal saat ibadah haji penting diketahui. Tahallul sendiri merupakan bagian dari rukun haji. Foto ilustrasi/ist
A A A
Bacaan doa tahallul awal saat ibadah haji penting diketahui. Tahallul sendiri merupakan bagian dari rukun haji.

Secara bahasa, Tahallul memiliki arti boleh atau dihalalkan. Sementara dalam pengertian lain, dimaknai juga sebagai “dibolehkannya larangan atau pantangan selama berihram dan ditandai dengan memotong rambut”.

Mengutip keterangan dari Materi Bimbingan Manasik Haji karya Achmad Rosyidi, Tahallul terdiri dari dua jenis. Masing-masing adalah Tahallul Awal dan Tahallul Tsani.

Tahallul Awal adalah keadaan jemaah ketika sudah melakukan dua di antara tiga perbuatan (potong rambut, melempar jumrah aqabah, thawaf ifadhah). Setelah menjalaninya, jemaah diperkenankan melakukan hal yang tadinya dilarang ketika ihram, terkecuali berhubungan suami istri.

Sementara untuk Tahallul Tsani, kondisi ini diartikan ketika jemaah sudah melakukan ketiga perbuatan (potong rambut, melempar jumrah aqabah, thawaf ifadhah). Setelah menyelesaikan proses ini, semua larangan saat ihram sudah diperbolehkan, termasuk berhubungan suami istri.

Bacaan Doa Tahallul Awal

Sebelum atau setelah menjalani proses tahallul, jemaah biasanya akan membaca doa. Namun, doa ini tidak dikhususkan untuk tahallul awal ataupun tahallul tsani, melainkan sifatnya satu paket.

Doa Sebelum Tahallul

اللَّهُمَّ اجْعَلْ لِكُلِّ شَعْرٍ نْورًا يَوْمَ القِيَامَةِ


“Allahummaj'al likulli sya'ratin nuuran yaumal qiyaamati”

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah cahaya untuk setiap helai rambut yang dipotong ini pada hari kiamat nanti."

Doa Setelah Tahallul

اَلْحَمْدُ للهِ الَّدِى قَضَى عَنَا مَنَاسِكَنَا. اَللَّهُمَّ زِدْنَا اِيْمَانَا وَيَقِيْنَا وَعَوْنَا وَاغْفِرْ لَنَا وَلِوَالِدَيْنَا وَلِسَائِرِ اْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ


“Alhamdulillaahil ladzii qadhaa 'annaa manasikana. Allahumma zidnaa iimaanan wa yaqiinan wa 'aunan waghfir lanaa wa li waalidainaa wa lisaa'iri muslimiina wal muslimaati”

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang sudah menyelesaikan manasik kami. Ya Allah, tambahkanlah kepada kami iman, keyakinan dan pertolongan serta ampunilah kami, kedua orangtua kami dan seluruh kaum muslimin dan muslimat."

Demikian ulasan mengenai bacaan doa Tahallul awal saat ibadah haji. Semoga bermanfaat.



Wallahu a’lam
(wid)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.6106 seconds (0.1#10.140)
pixels