Respons Sikap 3 Negara Eropa atas Palestina, Menteri Israel Klaim Masjid al-Aqsa

Kamis, 23 Mei 2024 - 16:11 WIB
loading...
Respons Sikap 3 Negara Eropa atas Palestina, Menteri Israel Klaim Masjid al-Aqsa
Menteri Keamanan Nasional sayap kanan Israel, Itamar Ben Gvir, mendatangi kompleks Masjid Al Aqsa dan mengatakan situs suci tersebut hanya milik negara Israel. Foto: Arab News
A A A
Menteri Keamanan Nasional sayap kanan Israel , Itamar Ben Gvir, pada Rabu 22 Mei 2024, mendatangi kompleks Masjid Al Aqsa di Yerusalem dan mengatakan situs suci tersebut “hanya milik negara Israel.”

Ben-Gvir mengatakan kunjungannya itu merupakan respons terhadap langkah tiga negara Eropa yang mengakui negara Palestina merdeka. “Kami bahkan tidak akan mengizinkan pernyataan tentang negara Palestina,” katanya.

Tempat suci di Yerusalem itu dihormati oleh orang Yahudi dan Muslim, dan klaim yang saling bertentangan telah menyebabkan banyak kekerasan di masa lalu.

Israel mengizinkan orang-orang Yahudi untuk mengunjungi kompleks tersebut, namun tidak untuk berdoa di sana. Tingkah Ben-Gvir tersebut sebagai sebuah provokasi.

Norwegia , Irlandia dan Spanyol pada Rabu mengatakan bahwa mereka mengakui negara Palestina. Langkah bersejarah ini menuai kecaman dari Israel dan kegembiraan dari masyarakat Palestina. Israel segera menarik duta besarnya dari Norwegia dan Irlandia.



Pengakuan resmi tersebut akan dilakukan pada tanggal 28 Mei. Perkembangan ini merupakan sebuah langkah menuju aspirasi lama Palestina yang muncul di tengah kemarahan internasional atas jumlah korban jiwa warga sipil dan krisis kemanusiaan di Jalur Gaza setelah serangan Israel di sana.

Pengumuman pertama dilakukan Norwegia. Perdana Menteri Jonas Gahr Støre mengatakan “tidak akan ada perdamaian di Timur Tengah jika tidak ada pengakuan.”

“Dengan mengakui negara Palestina, Norwegia mendukung rencana perdamaian Arab,” katanya dan menambahkan bahwa negara Skandinavia akan “menganggap Palestina sebagai negara merdeka dengan semua hak dan kewajiban yang diperlukan.”

Beberapa negara Uni Eropa dalam beberapa minggu terakhir mengindikasikan mereka berencana untuk memberikan pengakuan tersebut, dengan alasan bahwa solusi dua negara sangat penting untuk perdamaian abadi di kawasan.

Keputusan tersebut dapat menghasilkan momentum bagi pengakuan negara Palestina oleh negara-negara UE lainnya dan dapat memacu langkah-langkah lebih lanjut di PBB, sehingga memperdalam isolasi Israel.

Norwegia, yang bukan anggota UE namun mencerminkan langkah-langkahnya, telah menjadi pendukung kuat solusi dua negara antara Israel dan Palestina.

“Teror dilakukan oleh Hamas dan kelompok militan yang bukan pendukung solusi dua negara dan negara Israel,” kata pemimpin pemerintah Norwegia. “Palestina mempunyai hak mendasar untuk menjadi negara merdeka.”



Pengumuman pada hari Rabu ini disampaikan lebih dari 30 tahun setelah perjanjian Oslo pertama ditandatangani pada tahun 1993. Sejak itu, “Palestina telah mengambil langkah-langkah penting menuju solusi dua negara,” kata pemerintah Norwegia.

Ia menambahkan bahwa Bank Dunia menetapkan bahwa negara Palestina telah memenuhi kriteria utama untuk berfungsi sebagai sebuah negara pada tahun 2011, bahwa lembaga-lembaga nasional telah dibangun untuk memberikan layanan penting kepada penduduknya.

“Perang di Gaza dan perluasan pemukiman ilegal yang terus menerus di Tepi Barat masih membuat situasi di Palestina lebih sulit dibandingkan beberapa dekade terakhir,” katanya.

Saat menyampaikan pengumumannya, Perdana Menteri Irlandia Simon Harris mengatakan langkah tersebut dikoordinasikan dengan Spanyol dan Norwegia – dan ini adalah “hari bersejarah dan penting bagi Irlandia dan Palestina.”

Dia mengatakan hal itu dimaksudkan untuk membantu membawa konflik Israel-Palestina menuju resolusi melalui solusi dua negara.

Harris mengatakan bahwa negara-negara lain akan bergabung dengan Norwegia, Spanyol dan Irlandia dalam mengakui negara Palestina “dalam beberapa minggu mendatang.”
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3060 seconds (0.1#10.140)
pixels