Doa-doa Terbaik di Makkah Lengkap Hurup Arab, Latin dan Artinya

Jum'at, 31 Mei 2024 - 12:15 WIB
loading...
Doa-doa Terbaik di Makkah Lengkap Hurup Arab, Latin dan Artinya
Kota Makkah adalah tempat paling mustajab untuk berdoa, karenanya para jemaah haji yang sudah memasuki kota usci tersebut dianjurkan banyak berdoa dengan doa-doa terbaiknya. Foto ilustrasi/ist
A A A
Doa-doa terbaik di Makkah ini dapat diamalkan para jemaah haji yang sudah memasuki Kota Suci tersebut. Karena Kota Makkah adalah tempat paling mustajab untuk berdoa.

Sebagaimana dijelaskan dalam salah satu hadis yang dikisahkan Abdullah bin Mas'ud radhiyallahu'anhu;

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ مِنْ مَسْعُودٍ لَمَا دَعَا النَّبِيُّ ﷺ عَلَى قُرَيْشٍ شَقَّ عَلَيْهِمْ وَكَانُوا يَرَوْنَ أَنَّ الدَّعْوَة فِي تِلْكَ البَلْدَة مُسْتَجَابَةٌ


Dari Abdullah bin Mas'ud RA, "Ketika Nabi SAW berdoa atas orang-orang Quraisy, mereka melihat bahwa doa di Tanah Haram Makkah mustajab."

Lantas apa saja doa-doa terbaik yang bisa diamalkan di Kota Makkah ini? Dirangkum dari buku 'Doa Dan Zikir Manasik Haji Dan Umrah susunan Kementerian Agama RI Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji Dan Umrah 1441 H/2020 M, berikut kumpulan doa terbaik ketika di Makkah.

1. Doa ketika memasuki Kota Makkah

Jemaah haji dianjurkan membaca doa ini ketika memasuki Makkah tepat sebelum gerbang Makkah. Berikut bacaannya.

اللهُمَّ هَذَا حَرَمُكَ وَأَمْنُكَ فَحَرِّمُ لَحْمِيْ وَدَمِيْ وَشَعْرِيْ وَبَشَرِيْ عَلَى النَّارِ وَامِنّي مِنْ عَذَابِكَ يَوْمَ تَبْعَثُ عِبَادَكَ وَاجْعَلْنِي مِنْ أَوْلِيَائِكَ وَأَهْلِ طَاعَتِكَ


Allaahumma haadza haramuka wa amnuka faharrim lahmi wa damii wa basyarii 'alan-nar, wa aminnii min 'adzabika yauma tab'atsu 'ibaadaka waj'alnii min auliyaa'ika wa ahli thaa'atik.

Artinya: "Ya Allah kota ini adalah tanah Haram-Mu dan tempat yang aman, maka hindarkanlah daging, darah, rambut, bulu dan kulitku dari Neraka. Amankanlah aku dari siksa-Mu pada hari Engkau membangkitkan aku ke dalam golongan aulia-Mu dan ahli taat pada-Mu." [Al-Adzkar hal. 320]

Doa versi pendeknya:

اللَّهُمَّ لَا تَجْعَلْ مَنَايَانَا بِهَا حَتَّى تُخْرِجَنَا مِنْهَا


Allahumma la taj'al manaayaanaa bihaa hatta tujrijanaa minhaa

Artinya: "Ya Allah, janganlah Engkau jadikan kematian kami padanya sampai Engkau mengeluarkan kami daripadanya."

2. Doa saat Masuk ke Masjidil Haram

Ketika memasuki Masjidil Haram, jemaah haji dan umrah dapat membaca doa berikut. Dalilnya: hadis yang diriwayatkan Al-Azraqi, Umar bin Khattab RA membaca doa berikut:

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ وَمِنْكَ السَّلَامُ فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِالسَّلَامِ وَأَدْخِلْنَا الْجَنَّةَ دَارَالسَّلَامَ تَبَارَكْتَ وَتَعَالَيْتَ يَا ذَاالْجَلَالِ وَاْلإِكْرَامِ. اَللّٰهُمَّ افْتَحْ لِيْ أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ وَمَغْفِرَتِكَ وَأَدْخِلْنِيْ فِيْهَا. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ ِللهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلٰى رَسُوْلِ اللهِ


Allahumma antassalaam, waminkassalaam fahayyinaa rabbanaa bissalaam wa adkhilnal jannata daarassalaam tabaarakta wata'aalaita yaa dzaljalaali wal ikraam. Allahummaftah lii abwaaba rahmatika wamaghfiratika wa adkhilnii fiihaa. Bismillahi walhamdulillahi wasshalaatu wassalaamu 'alaa rasuulillaah.

Artinya: "Ya Allah, Engkau sumber keselamatan dan dari-Mulah datangnya keselamatan. Hidupkanlah kami wahai Tuhan kami dengan keselamatan, dan tempatkanlah kami pada surga, negeri keselamatan. Maha banyak anugerah-Mu dan Maha Tinggi Engkau wahai Tuhan yang memiliki keagungan dan kehormatan. Ya Allah ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah pintu-pintu rahmat-Mu. (Aku masuk masjid ini) dengan Nama Allah disertai segala puji bagi Allah, serta selawat dan selamat untuk Rasulullah SAW."

3. Doa saat Melihat Kakbah

Ketika melihat Kakbah, Rasulullah SAW berdoa sambil mengangkat kedua tangan. Berikut doanya:

للَّهُمَّ زِدْ هَذَا الْبَيْتَ تَشْرِيْفًا وَتَعْظِيمًا وَتَكْرِيمًا وَمَهَابَةً وَزِدْ مَنْ شَرَفَهُ وَكَرَّمَهُ مِمَّنْ حَجَّهُ أَوِ اعْتَمَرَهُ تَشْرِيفًا وَتَعْظِيمًا وَتَكْرِيمًا وَبِرا


Allahumma zid haadzaal baita tasyriifaa wa ta'dhiimaa wa takriimaa wa mahaabah wa zid man syarafahu wa karramah mimman hajjahu awi'tamarah tasyriifaa wa ta'dhiimaa wa takriimaa wa birra.

Artinya: "Ya Allah, tambahkanlah kemuliaan, keagungan, kehormatan, dan wibawa pada Bait (Ka'bah) ini. Dan tambahkan pula pada orang-orang yang memuliakan, mengagungkan, dan menghormatinya di antara mereka yang berhaji atau yang berumrah dengan kemuliaan, keagungan, kehormatan, dan kebaikan."

4. Doa saat Melintasi Maqam Ibrahim

Doa ini diriwayatkan Imam Bukhari yang juga tercantum dalam surat Al Isra ayat 80-81. Rasulullah SAW membaca doa ini ketika memasuki Kota Makkah pada peristiwa pembebasan kota Makkah. Berikut bacaan doanya:

رَبِّ أَدْخِلْنِي مَدْخَلَ صِدْقٍ وَأَخْرِجْنِي مُخْرَجَ صِدْقٍ وَاجْعَلْ لِي مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيرًا. وَقل جَاءَ الْحَقُّ وَزَهَقَ الْبَاطِلُ إِنَّ الْبَاطِلَ كَانَ زَهُوقًا


Rabbi adkhilniy mudkhola shidqin wa akhrijniy mukhroja shidqin waj'al liyb miladunka sultonan nasiro. Wa qul jaa al haqo wazahaqol bathilu innal bathila kaana zahuqo.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3508 seconds (0.1#10.140)
pixels