Doa-doa Terbaik di Makkah Lengkap Hurup Arab, Latin dan Artinya

Jum'at, 31 Mei 2024 - 12:15 WIB
loading...
A A A
Artinya: "Ya Tuhanku, masukkan aku ke tempat masuk yang benar, dan keluarkan (pula) aku ke tempat keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi-Mu kekuasaan yang dapat menolongku. Dan katakanlah, "kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap." Sungguh yang batil itu pasti lenyap."

5. Doa ketika Meninggalkan Makkah

Ketika jemaah haji atau umrah hendak meninggalkan kota Makkah untuk terakhir kalinya, dianjurkan melakukan tawaf wada' (tawaf perpisahan). Ketika tawaf wada' dianjurkan berdoa setiap putaran dengan doa meninggalkan kota Makkah dengan bacaan berikut.

بسم الله اللهُ أَكْبَرُ، سُبْحَانَ اللهِ ، والحَمْدُ لِلَّهِ، وَلَا إِلَهَ إِلا اللَّهُ، وَاللَّهُ أَكْبَرُ، وَلَا حَوْلَ وَلا قوَّةَ إِلا بِاللهِ العَلِي العَظِيمِ. وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ . اللَّهُمَّ إِيْمَانَا بِكَ وَتَصْدِيقاً بِكِتَابِكَ، وَوَفَاءً بِعَهْدِكَ وَاتَّبَاعاً لِسُنَّةِ نَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ . {إِنَّ الَّذِي فَرَضَ عَلَيْكَ الْقُرْآنَ لَرَادُّكَ إِلَى مَعَادٍ} يَا مُعِيْدُ أَعِدْنِي، يَا سَمِيْعُ أَسْمِعْنِي، يَا جَبَّارُ اجْبُرْنِي يَا سَتَارُ اسْتَرْنِي، يَا رَحْمَنُ ارْحَمْنِي، يَا رَدَّادُ ارْدُدْنِي إِلَى بَيْتِكَ هَذَا، وَارْزُقْنِيَ العَوْدَةَ ثُمَّ الْعَوْدَ كَرَّاتٍ بَعْدَ مَرَّاتٍ، تَائِبُونَ عَابِدُونَ سَائِحُوْنَ لِرَبَّنَا حَامِدُونَ صَدَقَ اللَّهُ وَعْدَهُ، وَنَصَرَ عَبْدَهُ، وَهَزَمَ الأَحْزَابَ وَحْدَهُ . اللَّهُمَّ احْفَظْني عَنْ عَيْنِي وَعَنْ يَسَارِيْ، وَمِنْ قُدَّامِيْ وَمِنْ وَرَاءِ ظَهْرِي، وَمِنْ فَوْقِي وَمِنْ تَحْتِي حَتَّى تَوَصَلَنِي إِلَى أَهْلِي وَبَلَدِي . اللَّهُمَّ هَوَنْ عَلَيْنَا السَّفَرَ وَأَطْوِ لَنَا بَعْدَ الْأَرْضِ اللَّهُمَّ اصْحَبْنَا فِي سَفَرِنَا وَاخْلُفْنَا فِي أَهْلِنَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ، وَ يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ


Bismillaahi allaahu akbar, subhaanallaah wal-hamdulillaah, wa laa ilaaha illallaahu wallaahu akbar wa laa haula wa laa quwwata illaa billaahil-'aliyyil-'azhiim. Wash-shalaatu was- salaamu 'alaa Rasuulillaahi shallallaahu 'alaihi wa sallam. Allaahumma iimaanan bika wa tashdiiqan bikitaabika wa wafaa'an bi 'ahdika wattibaa'an li sunnati nabiyyika muhammadin shallallaahu 'alaihi wa sallam. Innalladzii faradha'alaikal-qur'aana laraadduka ilaa ma'aad. Yaa Mu'iidu a'idnii, yaa samii'u asmi'nii yaa jabbaru ujburnii, yaa sattaaru usturnii, yaa rahmaanu irhamnii, yaa raddaadu urdudnii ilaa baitika haadzaa, warzuqniyal-'audata tsummal-'auda karraatin ba'da marraatin. Taa'ibuuna 'aabiduuna saa'ihuuna li rabbinaa haamiduun. Shadaqallaahu wa'dahu, wa nashara 'abdahu wa hazamal-ahzaaba wahdahu. Allaahuumahfazhnii 'an yamiinii wa 'an yasaarii wa min quddaamii wa min waraa'i zhahrii wa min fauqii wa min tahtii hatta tuwashshilanii ilaa ahlii wa baladii. Allaahumma hawwin 'alainas-safara wa athwi lanaa bu'dal-ardhi. Allaahumma ashbahnaa fii safarinaa wakhlufnaa fii ahlinaa yaa arhamar-raahimiin. Wa yaa rabbal-'aalamiin.

Artinya: "Dengan nama Allah, Allah Maha Besar, Maha Suci Allah dan segala puji hanya kepada Allah tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Besar, tidak daya (untuk memperoleh manfaat) dan tiada kekuatan (untuk menolak kesulitan) kecuali dengan pertolongan dari Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Besar. Shalawat dan salam bagi junjungan Rasulullah. Ya Allah, aku datang kemari karena iman kepada-Mu, membenarkan kitab-Mu, memenuhi janji-Mu dan karena menuruti sunnah Nabi-Mu Muhammad. Sesungguhnya Tuhan yang menurunkan al-Qur'an kepadamu niscaya memulangkanmu ke tempat kembali, wahai Tuhan yang Kuasa mengembalikan, kembalikan aku ke tempatku, wahai Tuhan yang Maha Mendengar, dengarlah (kabulkanlah) permohonanku wahai Tuhan Yang Maha Memperbaiki, perbaikilah aku, wahai Tuhan Yang Maha Pelindung tutupilah aibku, wahai Tuhan Yang Maha Kasih Sayang, sayangilah aku, wahai Tuhan Yang Maha Kuasa Mengembalikan, kembalikanlah aku ke Ka'bah ini dan berilah aku rizqi untuk mengulanginya berkali-kali, dalam keadaan bertaubat dan beribadat, berlayar menuju Tuhan kami sambil memuji, Allah Maha menepati janji-Nya membantu hamba-hamba-Nya, yang menghancurkan sendiri musuh-musuh-Nya. Ya Allah, peliharalah aku dari kanan, kiri, depan dan belakang, dari sebelah atas dan bawah sampai Engkau mengembalikan aku kepada keluarga dan tanah airku. Ya Allah, mudahkanlah perjalanan kami, lipatkan bumi untuk kami. Ya Allah sertailah kami dalam perjalanan, dan gantilah kedudukan kami dalam keluarga yang ditinggal, wahai Tuhan Yang Maha Pengasih melebihi segala pengasih, wahai Tuhan Yang Memelihara seluruh alam."

Sesudah selesai tawaf wada' dianjurkan berdiri di Multazam yaitu antara Hajar Aswad dan pintu Ka'bah atau searah, lalu membaca doa sebagai berikut,

اللَّهُمَّ إِنَّ البَيْتَ بَيْتُكَ، وَالعَبْدَ عَبْدُكَ، وَابْنُ عَبْدِكَ وَابْنُ أَمَتِكَ، حَمَلْتَنِيْ عَلَى مَا سَخَّرْتَ لِي مِنْ خَلْقِكَ حَتَّى سَيرَتَنِيْ إِلَى بِلادِكَ، وَبَلَّغْتَنِيْ بِنِعْمَتِكَ حَتَّى أَعَنْتَنِيْ عَلَى قَضَاءِ مَنَاسِكِكَ. فَإِنْ كُنْتَ رَضِيْتَ عَنِّي فَازْدَدْ عَنِيْ رِضًا، وَإِلا فَمُنَّ الآنَ عَلَيَّ قَبْلَ تَبَاعُدِيْ عَنْ بَيْتِكَ. هَذَا أَوَانُ انْصِرَافِي إِنْ أَذَنْتَ لِي غَيْرَ مُسْتَبْدَل بِكَ وَلَا بِبَيْتِكَ وَلَا رَاغِبًا عَنْكَ وَلا عَن بَيْنَكَ . اللَّهُمَّ اصْحِبْنِي بِالعَافِيَةِ فِي بَدَنِي وَالْعِصْمَةَ فِي دِينِي، وَأَحْسِنْ مُنْقَلَيْ وَارْزُقْنِي طَاعَتَكَ مَا أَبْقَيتُنِي. وَاجْمَعْ لِي خَيْرُ الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ . اللَّهُمَّ لَا تَجْعَلْ هَذَا آخِرَ العَهْدِ بِيْتِكَ الحَرَامِ، وَإِنْ جَعَلْتَهُ آخِرَ الْعَهْدِ فَعَوَّضْنِيْ عَنْهُ الْجَنَّةَ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ . امِيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ


Allaahumma innal-Baita Baituka, wal-'abda 'abduka, wabnu 'abdika wabnu amatika, hamaltanii 'alaa maa sakhkhartu lii min khalqika hatta sayyartanii ilaa bilaadika, wa ballaghtanii bini'matika hatta a'antanii 'alaa qadhaa'i manaasikika. Fa in kunta radhiita 'annii fazdud 'annii ridhan, wa illaa famunnal-aan 'alayya qabla tabaa'udii 'an baitika. Haadzaa awaanunshiraafii in adzAnta lii ghaira mustabdalin bika wa laa bibaitika wa laa raaghiban 'anka wa laa 'an baitika. Allaahummash-hibnii bil-'aafiyati fii badanii wal-ishmata fii diinii wa ahsin munqalabii warzuqnii thaa'ataka maa abqaitanii. Wajma' lii khairad-dunyaa wal-aAkhirati innaka 'alaa kulli syai'in qadiir. Allaahumma laa taj'al haadzaa aakhiral-'ahdi bibaitikal-haraam, in ja'altahuu aakhiral- 'ahdi fa'awwidhnii 'anhul-jannata birahmatika yaa Arhamar- Raahimiin. Aamiin yaa Rabbal-'Aalamiin.

Artinya: "Ya Allah, rumah ini adalah rumah-Mu, aku ini hamba-Mu anak hamba- Mu yang lelaki dan anak hamba-Mu yang perempuan. Engkau telah membawa aku di dalam hal yang Engkau sendiri memudahkan untukku sehingga Engkau jalankan aku negeri-Mu ini Engkau telah menyampaikan aku dengan nikmat-Mu juga, sehingga Engkau menolong aku untuk menunaikan ibadah haji. Kalau Engkau rela padaku, maka tambahkanlah keridhaan itu padaku, maka tambahkanlah keridhaan itu padaku. Jika tidak maka tuntaskan sekarang sebelum aku jauh dari rumah-Mu ini. Sekarang sudah waktunya aku pulang, jika Engkau izinkan aku dengan tidak menukar sesuatu dengan Engkau (Dzat-Mu) ataupun rumah-Mu tidak benci pada-Mu dan tidak juga benci pada rumah-Mu. Ya Allah, berikanlah aku ini dengan afiat pada tubuhku, tetap menjaga agamaku, baik kepulanganku, dan berilah aku taat setia pada-Mu selama-lamanya selama Engkau membiarkan aku hidup dan kumpulkanlah bagiku kebajikan dunia dan Akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, janganlah Engkau jadikan waktu ini masa terakhir bagiku dengan rumah-Mu. Sekiranya Engkau jadikan bagiku masa terakhir, maka gantilah Surga untukku, dengan rahmat-Mu, wahai Tuhan yang Maha Pengasih dari segala yang pengasih. Amin, wahai Tuhan Pemelihara seluruh alam."

Demikian doa-doa terbaik saat di Kota Makkah. Semoga bermanfaat.



Wallahu a'lam.
(wid)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2044 seconds (0.1#10.140)
pixels