Asbabun Nuzul Surat Yasin Ayat 8, Berkaitan tentang Hukuman untuk Abu Lahab

Selasa, 04 Juni 2024 - 15:36 WIB
loading...
Asbabun Nuzul Surat...
Mengetahui asbabun nuzul Surat Yasin ayat 8 ini bisa jadi salah satu bentuk mengimani Al Quran sebagai kitab suci Umat Islam, serta dalam rangka meningkatkan ketakwaan pada Allah SWT. Foto ilustrasi/ist
A A A
Mengetahui asbabun nuzul Surat Yasin ayat 8 ini bisa jadi salah satu bentuk mengimani Al Qur'an sebagai kitab suci Umat Islam, serta dalam rangka meningkatkan ketakwaan pada Allah SWT.

Surat Yasin sendiri adalah surat ke-36 dalam Al Qur'an yang memiliki 83 ayat dan termasuk ke dalam golongan surat-surat Makkiyah. Di Indonesia sendiri surat ini jadi salah satu yang paling sering dibaca.

Namun, asbabun nuzul atau sebab turunnya ayat Al Quran ini terbilang jarang oleh diketahui oleh setiap muslim. Padahal dengan mengetahui asbabun nuzul ini umat muslim dapat mengetahui sejarah Islam lebih banyak.

Asbabun Nuzul Surat Yasin Ayat 8

اِنَّا جَعَلۡنَا فِىۡۤ اَعۡنَاقِهِمۡ اَغۡلٰلًا فَهِىَ اِلَى الۡاَ ذۡقَانِ فَهُمۡ مُّقۡمَحُوۡنَ


Arinya : Sungguh, Kami telah memasang belenggu di leher mereka, lalu tangan mereka (diangkat) ke dagu, karena itu mereka tertengadah.

Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dan Ikrimah bahwa Abu Jahal berkata ;

"Sekiranya aku bertemu dengan Muhammad, pasti aku akan mencelakainya."

Maka Allah menurunkan ayat, "Sesungguhnya kami telah memasang belenggu di leher mereka, lalu tangan mereka (diangkat) ke dagu, karena itu mereka tertengadah. Dan kami adakan di hadapan mereka dinding dan dibelakang mereka dinding pula, dan kami tutup mata mereka sehingga mereka tidak dapat melihat." (Yasin : 8-9)

Ketika Nabi Muhammad berada di sekitar Abu Jahal, orang-orang yang menunjukkan bahwa Muhammad berada di sisinya. Akan tetapi Abu Jahal tetap bertanya-tanya "Mana dia" karena tidak dapat melihatnya.



Sumber :

Imam As-Suyuthi. 2014. Asbabun Nuzul : Sebab Sebab Turunnya Ayat Al Qur'an. Jakarta : Pustaka Al-Kautsar.
(wid)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2097 seconds (0.1#10.140)