Robot Canggih Siap Bantu Jemaah Haji di Masjidilharam

Rabu, 12 Juni 2024 - 22:37 WIB
loading...
Robot Canggih Siap Bantu Jemaah Haji di Masjidilharam
Kepresiden Urusan Agama di Masjidilharam menggunakan robot canggih yang sudah menerapkan Artificial Intelligence (AI) membantu jamaah haji Foto/SINDOnews/Hanna Farhana Fauzie
A A A
JAKARTA - Setiap saat Masjidilharam selalu dipenuhi banyak jemaah haji ataupun umrah. Untuk itu, Kepresiden Urusan Agama di Masjidilharam menggunakan robot canggih yang sudah menerapkan Artificial Intelligence (AI) membantu jemaah haji atau umrah dalam mendapatkan fatwa terkait hukum syari.

Robot ini terus dikembangkan untuk membantu jemaah haji dan umrah dalam memahami prosesi ibadah hingga fatwa terkait hukum Islam. Termasuk informasi soal Haji 2024.

Saat SINDOnews mencoba meminta informasi terkait pelaksanaan haji 2024. Robot tersebut menjawab dalam bahasa Indonesia, dan mengeluarkan data terkait jumlah jemaah haji yang menjadi tamu Allah SWT.



“Sangat membantu dan canggih. Tentu saja ini akan membantu para jemaah akan kebutuhan informasi,” ujar Mohammed, salah seorang jemaah haji, Rabu (12/6/2024).

Robot tersebut juga mampu terhubung dengan para ulama yang dapat berpartisipasi dari jarak jauh dalam menjawab pertanyaan para jemaah haji dan umrah.



Selain itu, robot ini telah dilengkapi fitur tambahan berupa terjemahan simultan ke dalam berbagai bahasa. Di antaranya bahasa Indonesia, Arab, Inggris, Prancis, Rusia, Persia, Turki, Melayu, Urdu, China, Bengali, dan Hausa.

Robot tersebut juga dilengkapi layar sentuh 21 inci yang nyaman dan menawarkan berbagai layanan yang disesuaikan kebutuhan serta minat jamaah haji atau umrah di Masjidilharam. Robot ini didesain dengan empat roda yang masing-masing dilengkapi sistem penghentian cerdas, sehingga dapat bergerak dengan lancar dan fleksibel.

Lalu juga dilengkapi kamera depan dan bawah yang menghasilkan gambar beresolusi tinggi serta jernih.

Selanjutnya, robot ini dilengkapi speaker dengan kejernihan tinggi dan mikrofon berkualitas tinggi, memastikan transmisi suara yang sangat baik. Kemudian beroperasi pada sistem jaringan nirkabel 5 GHz, robot ini memungkinkan transmisi data yang cepat dan efisien.

Sekadar diketahui, Kepresidenan Urusan Agama di MasjidilHaram dan Masjid Nabawi baru-baru ini dibentuk sebagai badan independen yang terkait dengan Raja Salman.

Badan tersebut akan bertanggung jawab untuk mengawasi urusan para imam dan muazin dua masjid suci serta segala hal yang berkaitan dengan urusan keagamaan mereka, termasuk seminar dan pendidikan Islam.
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3270 seconds (0.1#10.140)
pixels