Surah Yasin Ayat 1 sampai 83 Juz Berapa? Lengkap dengan Penjelasan Ayat-ayat Penting

Jum'at, 14 Juni 2024 - 09:42 WIB
loading...
Surah Yasin Ayat 1 sampai 83 Juz Berapa? Lengkap dengan Penjelasan Ayat-ayat Penting
Surah Yasin masuk ke dalam Juz 22 untuk ayat 1-21, dan Juz 23 untuk ayat 22-83. Sehingga jika membaca surat ini dari ayat 1-38 maka telah membaca dua juz Al Quran. Foto ilustrasi/ist
A A A
Surah Yasin ayat 1 sampai 83 juz berapa? Sampai saat ini masih banyak umat muslim yang belum mengetahui jika Surah Yasin ini terbagi menjadi dua juz dalam Al Quran.

Surah Yasin merupakan surah ke-36 dalam Al-Qur'an, yang terdiri dari 83 ayat dan termasuk golongan surah Makkiyah . Dinamai Ya Sin karena surat ini dimulai dengan dua abjad Arab Ya dan Sin.

Surah ini cukup dikenal karena memiliki kedudukan tersendiri dalam tradisi umat muslim Indonesia. Meskipun keabsahan tradisi tersebut diperdebatkan, surah Yasin sering dibaca pada waktu-waktu tertentu.

Juz Surah Yasin

Al Quran telah membagi 6.200 ayat ke dalam 30 juz. Tujuan pembagian ini adalah untuk memudahkan mereka yang ingin menyelesaikan pembacaan Alquran (mengaji) dalam 30 hari.

Lantas surah Yasin ayat 1 sampai 83 juz berapa? Surah Yasin masuk ke dalam Juz 22 untuk ayat 1-21, dan Juz 23 untuk ayat 22-83. Sehingga jika membaca surat ini dari ayat 1-38 maka telah membaca dua juz Al Quran.

Setiap ayat dalam Surah Yasin ini memiliki isinya tersendiri. Berikut ini penjelasan isi dari Surah Yasin dari ayat 1-38.

- Gunanya Al-Qur'an diturunkan kepada Muhammad (ṣallāllāhu ʿalayhī wa-sallam) (1–6)
- Kebanyakan orang kafir pasti mendapat azab karena tidak mengindahkan perintah Allah (7–10)
- Peringatan hanya berguna bagi orang yang takut kepada Allah (11–12)
- Kisah penduduk kota yang harus menjadi pelajaran bagi penduduk Makkah (13–29)
- Penyesalan terhadap orang-orang tidak beriman (30–32)
- Tanda kekuasaan Allah (subḥānahu wa ta‘ālā) (33–50)
- Keadaan orang-orang beriman di hari Kiamat (51–59)
- Cercaan Allah terhadap orang tidak beriman (60–68)
- Muhammad bukan penyair (69–70)
- Kekuasaan Allah dalam membangkitkan manusia di hari Kiamat (71–83)

Ayat-ayat Penting Surah Yasin

Ada tiga bagian utama dalam surah Yasin, yakni keesaan Allah, risalah Nabi Muhammad, serta keyakinan akan akhir zaman dan akhirat. Surah ini dimulai dengan penegasan legitimasi Muhammad di ayat 1-12.

Surah Yasin ayat 26-30 kemudian mulai menceritakan kisah para rasul yang dikirim untuk memperingatkan orang-orang kafir, tetapi mereka menolaknya.

Pada bagian berikutnya ayat 33-37, membahas tanda-tanda kekuasaan Allah. Allah menunjukkannya dengan tanda-tanda seperti menghidupkan Bumi dengan tumbuhan dan air, pergantian siang dan malam, bahtera dan banjir besar, serta tiupan sangkakala di Hari Kiamat.

Pada ayat 60-62, surah tersebut selanjutnya membahas apa yang akan terjadi pada mereka yang menolak jalan yang benar sebagaimana diperintahkan Muhammad dan menolak untuk percaya pada Allah. Pada hari terakhir, hari perhitungan, orang-orang kafir akan dimintai pertanggungjawaban atas perbuatan mereka dan akan dihukum sesuai dengan itu.

Pada ayat 63-64, dijelaskan meski Allah mengingatkan mereka untuk tidak mengikuti langkah Setan, orang kafir itu tetaplah tuli dan akan merasakan pedihnya neraka Jahanam.

Pada ayat 69-83, surah ini membahas sifat wahyu-wahyu Allah kepada Muhammad dan meyakinkan bahwa Muhammad adalah seorang nabi. Sisanya, surah ini berisikan puji-pujian atas kekuasaan Allah.

Itulah jawaban untuk pertanyaan surah Yasin ayat 1 sampai 83 juz berapa? Sekaligus dengan penjelasan ayat-ayat penting di dalamnya. Semoga informasi ini dapat membantu umat muslim dalam memahami surat ke-36 tersebut.

Baca Juga: Sejarah Singkat Periwayatan Al-Qur'an

Wallahu A'lam
(wid)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1001 seconds (0.1#10.140)
pixels