Topik Terkait: Surat Pendek Al Quran

  • Bacaan Surat Pendek Sholat Witir 3 Rakaat
    Tips
    Jum'at, 01 April 2022 - 15:52 WIB
    Rasulullah SAW memang membaca surat-surat tertentu ketika sholat witir, akan tetapi ini hukumnya tidak wajib. Dan kita boleh membaca surat apa saja yang mudah bagi kita.
  • 20 Bacaan Surat Pendek dalam Al-Qur’an, Mudah Dihafal dan Diajarkan
    Tips
    Minggu, 14 Januari 2024 - 05:15 WIB
    Bacaan surat pendek dalam Al-Quran menjadi informasi penting untuk diketahui. Karena bacaannya yang tidak terlalu banyak, surat-surat ini bisa dengan mudah dihafal atau diajarkan kepada orang lain.
  • Surat Al-Insyirah Lengkap Arab Latin, Terjemahan dan Keutamaan
    Tips
    Senin, 26 Juni 2023 - 17:54 WIB
    Surat Al-Insyirah merupakan surat ke-94 dalam mushaf Al-Quran terdiri dari 8 ayat. Surat ini lebih dikenal dengan sebutan Surah Alam Nasyrah yang kalimatnya terdapat di awal surat.
  • 9 Kandungan Surat Al Baqarah, dari Perintah Mengimani Al Quran hingga Anjuran Bersedekah
    Hikmah
    Rabu, 28 Februari 2024 - 17:41 WIB
    Kandungan Surat Al Baqarah ini perlu diketahui oleh setiap muslim, karena tujuan dan fungsi dari kitab suci Al Quran tidak hanya untuk dibaca namun juga memahami isi kandungannya.
  • 5 Surat Pendek yang Mudah Dihafal untuk Dibaca saat Puasa Ramadan
    Tips
    Jum'at, 01 Maret 2024 - 15:41 WIB
    Berikut ini 5 surat pendek yang mudah dihafal untuk dibaca saat puasa Ramadan. Salah satu aktivitas yang baik untuk diperbanyak di bulan nan suci adalah membaca dan menghafal Al-Quran.
  • Surat Al-Qariah Lengkap Arab Latin, Terjemahan dan Keutamaan
    Tips
    Selasa, 11 Juli 2023 - 18:25 WIB
    Surat Al-Qariah lengkap Arab latin, terjemahan dan keutamaan sangat baik diamalkan oleh kaum muslim. Surat ini termasuk surat yang menceritakan huru-hara Hari Kiamat.
  • Rezeki Mengalir Deras dengan Membaca Surat Al-Waqiah
    Muslimah
    Senin, 28 September 2020 - 15:14 WIB
    Surat Al-Waqiah adalah salah satu surat yang dikenal sebagai surat penuh berkah. Keberkahannya mampu melenyapkan kemiskinan dan mendatangkan rezeki bagi siapa saja yang rutin membacanya setiap hari.
  • Hukum Tajwid Surat Al Isra 32, Ketahui dan Pahami
    Tips
    Sabtu, 10 Juni 2023 - 19:11 WIB
    Terdapat sejumlah hukum tajwid Surat Al Isra ayat 32 yang perlu diketahui dan dipahami ketika membaca Al Quran. Karena membaca Al Quran sesuai dengan ilmu tajwid hukumnya adalah Fardhu Ain.
  • Hukum Tajwid Surat Al Furqan Ayat 2 Beserta Penjelasan dan Cara Baca
    Tips
    Rabu, 20 Desember 2023 - 19:06 WIB
    Mempelajari tajwid Surat Al Furqon ayat 2 bisa menjadi salah satu langkah untuk meningkatkan keimanan seorang Muslim. Pasalnya membaca ayat suci Al - Quran sesuai dengan tajwid atau hukum bacaan adalah hal yang wajib dilakukan.
  • Gambaran Kehancuran Yahudi dan Bebasnya Masjid Al-Aqsa yang Tercantum dalam Surat Al Isra
    Tausyiah
    Selasa, 07 November 2023 - 19:40 WIB
    Peristiwa Isra yang disebut dalam surat Al-Isra adalah mengabarkan tentang tumbangnya kejayaan Bani Israel. Ayat Al Quran inilah menjadi jawaban, bahwa kehancuran Yahudi pasti terjadi
  • Surat Al-Ashr Ayat 1-3 Lengkap Arab, Latin, Terjemahan dan Keutamaan
    Tips
    Kamis, 20 Juli 2023 - 19:54 WIB
    Berikut ini bacaan Surat Al-Ashr lengkap Arab, latin, terjemahan disertai keutamaan. Surat Al-Ashr memiliki kandungan dan keistimewaan yang sangat agung.
  • 6 Golongan Orang yang Bahagia dalam Pandangan Al-Quran Surat Al Muminun
    Muslimah
    Minggu, 23 Januari 2022 - 05:15 WIB
    Definisi kebahagian setiap orang berbeda-beda, termasuk cara yang dilakukan untuk meriah kebahagiaannya tersebut. Hakikat kebahagiaan itu sendiri bersifat stabil dan berkepanjangan.
  • Keutamaan Surat Al Anfal : Rutin Membacanya akan Dicintai Semua Orang
    Hikmah
    Jum'at, 22 September 2023 - 10:41 WIB
    Keutamaan surat Al Anfal penting untuk diketahui umat muslim, karena khasiat dan keutamaan surat Al-Anfal ini dapat menjadi wasilah agar pembacanya dicintai oleh semua orang.
  • Keutamaan Membaca Surat Al Waqiah Beserta Waktu Terbaiknya
    Hikmah
    Senin, 18 September 2023 - 09:58 WIB
    Keutamaan membaca Surat Al Wakiah salah satunya adalah dapat menjadi pembuka pintu rezeki, namun selain mengetahui keutamaannya umat muslim juga perlu tahu kapan waktu terbaik untuk membaca surat yang punya 96 ayat tersebut.
  • 8 Ayat dan Surat Al-Quran yang Menjadi Obat Penenang Hati
    Tips
    Selasa, 08 Februari 2022 - 17:00 WIB
    Dari ratusan surat dan ribuan ayat yang terdapat dalam Al-Quran, beberapa di antaranya bisa dibaca untuk menjadi obat penenang hati, sebagaimana yang disampaikan Allah Subhanahu wa taala.
  • Surat Al-Ikhlas Ayat 1-4 Lengkap Arab, Latin dan Keutamaan
    Tips
    Kamis, 22 Juni 2023 - 18:31 WIB
    Surat Al-Ikhlas Ayat 1-4 lengkap Arab dan latin beserta keutamaannya penting ditadabburi umat Islam. Surat ini termasuk surat yang agung dalam Al-Quran.
  • Tafsir Surat Al Fatihah Ayat 7 : Siapa yang Dimaksud Orang yang Tersesat Itu?
    Tausyiah
    Sabtu, 05 November 2022 - 10:45 WIB
    Siapa yang dimaksud orang yang tersesat di Surat Al-Fatihah ayat ke tujuh. Mengapa Al-Quran menggunakan term ad-Dhoolliin (sesat) dalam ayat terakhir surat Al Fatihah tersebut).
  • Surat Al Mutaffifin Juz ke Berapa?
    Tips
    Rabu, 29 November 2023 - 10:23 WIB
    Surat Al Mutaffifin adalah salah satu surat dalam Al-Quran yang memiliki keutamaan besar dalam Islam. Surat ini menggambarkan tentang keadilan sosial dan peringatan bagi orang-orang yang tidak jujur dalam urusan timbangan dan pengukuran.
  • Asbabun Nuzul Al-Quran Surat As Saffat
    Hikmah
    Rabu, 11 Januari 2023 - 11:09 WIB
    Dalam surat As Saffat mengandung beberapa hal mulai dari membahas keesaan Allah SWT, hari pembalasan, ujian berat nabi Ibrahim, hingga tentang perintah menyembah dengan sebaik baiknya.
  • Cara Gus Baha Mengamalkan Surat Al-Fatihah 313 Kali
    Tausyiah
    Rabu, 30 November 2022 - 13:21 WIB
    Cara Gus Baha mengamalkan surat Al-Fatihah 313 kali sebagai zikir rutin atau zikir dalam momen tertentu sangat baik dicontoh. Bilangan 313 ini, kata Gus Baha mengacu pada jumlah Ahlu Badar.