Penaklukan Mesir: Pasukan Amr bin As Berhasil Kalahkan Romawi di Fayyum

Rabu, 26 Juni 2024 - 15:35 WIB
loading...
A A A
Menurut Haekal, sebenarnya Amr menarik diri bukan karena takut, tetapi ia ingin cepat-cepat dengan sekuat tenaga kembali ke Umm Dunain, karena seorang utusan dari pihak Muslimin datang mengabarkan bahwa Amirulmukminin telah mengirimkan bala bantuan baru, dan bala batuan ini berangkat dari Farama ke Bilbis melalui jalan yang ditempuh Amr dan sudah hampir mencapai perbentengan Romawi.

Mau tak mau Amr harus kembali untuk menyambut datangnya bala bantuan itu karena ia khawatir pihak Romawi akan menghadangnya dan mencegahnya menyeberangi Sungai Nil.



Jelas bahwa dalam hal ini Amr telah memperlihatkan kemahirannya yang Juar biasa. Pasukan Romawi mengawasi Nil dari benteng Babilon itu, dan sudah tentu ia mampu keluar dari benteng itu dan menyeberangi Sungai lalu mencegah sampainya bala bantuan tersebut ke tangan Panglima Muslimin itu.

Akan tetapi itu tidak dilakukannya, dan Amr pun dapat menyeberang ke pantai bagian timur bersama pasukannya dan langsung menjemput bala bantuan yang sudah sampai di Heliopolis di dekat benteng Romawi itu.
(mhy)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2055 seconds (0.1#10.140)