Syaikh Abdul Qadir al Jilani Bisa Memarahi Izrail dan Menghidupkan Orang Mati?

Selasa, 09 Juli 2024 - 13:33 WIB
loading...
Syaikh Abdul Qadir al...
Syaikh Abdul Qadir al Jilani banyak yang mengultuskan. Ilustrasi: shopee
A A A
Ada 4 macam dan tingkatan kekuatan luar biasa yang dimiliki manusia pilihan, yaitu mukjizat , karomah , maunah, dan istidraj. Mukjizat keluar dari para Nabi dan Rasul, karomah keluar dari para wali, maunah keluar dari ulama dan orang biasa, dan istidraj adalah ilmu hitam atau sihir.

"Hanya tiga yang pertama yang dianggap tidak bertentangan dengan doktrin Islam," tulis Helmy Faizi Bahrul Ulumi dalam tesis magister filsafat berjudul "Kedudukan, Dasar-dasar dan Elemen-elemen Magi Orang Banten".

Hanya saja, Helmy menyebut kesucian wali dan karomah yang dimilikinya berimplikasi pada pengkultusan yang dilakukan oleh murid-muridnya maupun masyarakat umum.

"Pengkultusan itu bahkan sampai pada taraf berlebih-lebihan. Kultus itu biasanya terdapat dalam hagiografi-manaqib, wawacan atau kisah orang suci-maupun cerita rakyat," tulis Helmy.



Helmy Faizi Bahrul Ulumi mencontohkah kultus yang berlebihan itu seperti yang disampaikan salah seorang yang oleh masyarakat dianggap sebagai kiai, yakni Mhn.

Ia menceritakan tentang kewalian dan karomah Syaikh Abdul Qodir Jailani . Kiai ini meyakini, seandainya Allah menghendaki adanya nabi lagi setelah Muhammad , mungkin Syaikh Abdul Qodir akan diangkat menjadi nabi.

Syaikh Abdul Qodir juga dianggap sebagai Qutb al Aulia, raja para wali. Kedekatan Syaikh Abdul Qodir dengan Tuhannya digambarkan lewat sebuah cerita tentang pembantu wanita Syaikh yang dinikahkan dengan seorang pemuda.

Baru saja pembantunya itu menjadi pengantin, ajal sudah menjemputnya. Menangislah sang istri dan mengadu kepada Syaikh Abdul Qodir.

Tidak lama kemudian, Syaikh Abdul Qodir memangggil malaikat Izrail yang bertugas mengambil nyawa manusia. Syaikh Abdul Qodir meminta kepada Izrail satu nyawa saja, yaitu nyawa suami pembantu wanitanya. lzrail menolak permintaan itu.



lzrail takut kepada Alllah karena ia diperintahkan Allah untuk mencabut nyawa suami pembantu wanitanya itu. Syaikh Abdul Qodir marah dan merebut nyawa-nyawa yang ada dalam genggaman Izrail. Maka, "tumpahlah" semua nyawa manusia yang telah dicabut itu dan menghidupkan semuanya kembali.

Kemudian lzrail mengadu kepada Allah atas apa yang terjadi padanya. Namun, Allah justru marah kepada lzrail karena permintaan Syaikh Abdul Qodir tidak dikabulkan olehnya.

Syaikh Abdul Qodir dianggap sebagai kekasih Allah, sehingga apa pun yang dilakukan oleh Syaikh Abdul Qodir, Allah tetap sayang kepadanya.

Selain kisah itu, Syaikh Abdul Qodir juga, dianggap mampu menghidupkan manusia dan binatang yang sudah mati. Dahulu kala, jika ada orang yang menyebut nama Syaikh Abdul Qodir dan dia tidak dalam keadaan suci (berwudlu), maka lehernya akan terputus dengan sendirinya.

ltu karena Syaikh Abdul Qodir memiliki satu ilmu rahasia yang kemudian dilarang oleh Rasulullah.

Helmy mengatakan pengkultusan orang-orang yang dianggap suci atau wali terjadi di banyak tempat di Banten. Sekurang-kurangnya, ada tiga orang yang memiliki reputasi keramat dan tingkat pengkultusan yang tinggi di Banten, yaitu Syaikh Maulana Mansyur, KH Asnawi Caringin dan Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

(mhy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2521 seconds (0.1#10.140)