Asyura: Suni dan Syiah, Berikut Ini Keistimewaan Bulan Muharram

Selasa, 16 Juli 2024 - 20:12 WIB
loading...
A A A
Demikian pendapat Ibnul Jauzi ketika menafsirkan surat At Taubah ayat 36. Ibnu ’Abbas mengatakan, ”Allah mengkhususkan empat bulan tersebut sebagai bulan haram, dianggap sebagai bulan suci. Melakukan maksiat pada bulan tersebut dosanya akan lebih besar, dan amalan sholeh yang dilakukan akan menuai pahala yang lebih banyak.”



Bulan Muharram betul-betul istimewa karena disebut syahrullah yaitu bulan Allah, dengan disandarkan pada lafazh Allah. Disandarkannya bulan ini pada lafazh jalalah Allah, menunjukkan keagungan dan keistimewaannya.

Perkataan yang sangat bagus dari alZamakhsyari, dinukil dari Faidh al-Qadir, di mana beliau mengatakan, ”Bulan Muharram ini disebut syahrullah (bulan Allah), disandarkan pada lafazh jalalah ’Allah’ untuk menunjukkan mulia dan agungnya bulan tersebut, sebagaimana pula kita menyebut ’Baitullah’ (rumah Allah) atau ’Ahlullah’ (keluarga Allah) ketika menyebut Quraisy. Penyandaran yang khusus di sini dan tidak kita temui pada bulan-bulan lainnya, ini menunjukkan adanya keutamaan pada bulan tersebut.

Bulan ini disandarkan pada Allah (sehingga disebut syahrullah atau bulan Allah) untuk menunjukkan istimewanya bulan ini. Selain itu, Nabi Saw. sendiri tidak pernah menyandarkan bulan lain pada Allah SWT kecuali bulan Allah (yaitu Muharram). Dengan demikian, tidak ada keraguan sedikitpun bagi umat Islam keutamaan bulan Muharram.

(mhy)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3110 seconds (0.1#10.140)