Hukum Tajwid Surat Ibrahim Ayat 1-4

Senin, 29 Juli 2024 - 20:22 WIB
loading...
A A A
طِ الْعَزِيْزِ

Hukum tajwid di atas adalah alif lam qomariyah dan mad thabi’i. Alif lam qomariyah di surat Ibrahim ayat 1 ini terjadi sebab alif lam bertemu huruf qomariyah yaitu ‘ain. Sedangkan mad thabi’i sebab huruf ya dikasrah.

Mad ‘aridl lissukun

زِ الْحَمِيْدِ ۙ

Pada kalimat diatas nama tajwidnya adalah alif lam qomariyah dan mad ‘aridl lissukun. Mad ‘aridl lissukun di surat Ibrahim ayat 1 ini terjadi sebab mad thabi’i (ya dikasrah) bertemu huruf hidup, kemudian bacaannya waqaf. Panjang mad ‘aridl lissukun antara 2-6 harakat.

Tajwid surat Ibrahim ayat 2

رۡضِ‌ؕ وَوَيۡلٌ لِّـلۡكٰفِرِيۡنَ مِنۡ عَذَابٍ شَدِيۡدِ

Allaahil lazii lahuu maa fis samaawaati wa maa fill ard; wa wailul lilkaafiriina min 'azaabin shadiid

2. Allah yang memiliki apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Celakalah bagi orang yang ingkar kepada Tuhan karena siksaan yang sangat berat,

اللّٰهِ الَّذِيْ

Pada kalimat di atas ada 2 hukum tajwid, yaitu tafkhim dan mad thabi’i. Tafkhim/tebal di surat Ibrahim ayat 2 ini terjadi sebab Lam Jalalah didahului oleh fathah. Mad thabi’i sebab huruf ya dikasrah.

لَهٗ

Ini adalah mad shilah qashirah, sebab Ha dlomir berharakat dlommah terbalik, panjangnya adalah 1 alif.

مَا

Ini adalah mad thabi’i.

فِى السَّمٰوٰتِ

Pada kalimat di atas ada 2 hukum tajwid, yaitu alif lam syamsiyah dan mad ashli. Alif lam syamsiyah terjadi sebab alif lam bertemu huruf sin. Mad ashli sebab ada harakat fathah berdiri.

وَمَا فِى الْاَ رْضِ ۗ 

Pada kalimat diatas ada 2 hukum tajwid, yaitu mad thabi’i dan alif lam qomariyah. Mad thabi’i sebab huruf alif difathah. Alif lam qomariyah sebab alif lam bertemu huruf ra.

وَوَيْلٌ

Ini adalah huruf lin, sebab huruf ya disukun oleh huruf berharakat fathah dan tidak waqaf.

لٌ لِّـلْ

Nama tajwid di atas adalah idgham bila ghunnah, sebab tanwin bertemu huruf lam.

لِّـلْكٰفِرِيْنَ

Nama tajwid di atas adalah mad ashli, sebab ada fathah berdiri dan huruf ya dikasrah.

مِنْ عَذَا

Pada kata di atas ada 2 hukum tajwid, yaitu idzhar halqi dan mad thabi’i. Idzhar halqi terjadi sebab nun sukun bertemu huruf ‘ain.

بٍ شَدِيْدِ ۙ 

Pada kata di atas ada 2 hukum tajwid,yaitu ikhfa haqiqi dan mad ‘aridl lissukun. Ikhfa haqiqi terjadi sebab tanwin bertemu huruf syin. Mad ‘aridl lissukun terjadi sebab mad thabi’i (ya dikasrah) bertemu huruf hidup, kemudian bacaannya waqaf.

Bacaan surat Ibrahim ayat 3 dan artinya


ٱلَّذِيْنَ يَسْتَحِبُّوْنَ الْحَيٰوةَ الدُّنْيَا عَلَى الْاٰ خِرَةِ وَيَصُدُّوْنَ عَنْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَيَبْغُوْنَهَا عِوَجًا ۗ اُولٰٓئِكَ فِيْ ضَلٰلٍۢ بَعِيْدٍ

allaziina yastahibbuunal-hayaatad-dun-yaa ‘alal-aakhiroti wa yashudduuna ‘ang sabiilillaahi wa yabghuunahaa ‘iwajaa, ulaaa-ika fii dholaalim ba’iid

“(yaitu) orang yang lebih menyukai kehidupan dunia daripada (kehidupan) akhirat, dan menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah dan menginginkan (jalan yang) bengkok. Mereka itu berada dalam kesesatan yang jauh.”

Mad thabi’i

ٱلَّذِيْنَ يَسْتَحِبُّوْنَ

Hukum tajwid pada kata di atas yaitu Mad thabi’i (mad ashli), sebab huruf ya mati setelah kasrah dan wawu mati setelah dlommah. Panjang mad thabi’i yaitu 1 alif (dua harakat).

Hukum Alif Lam

Alif lam qomariyah dan Alif lam syamsiyah
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1564 seconds (0.1#10.140)