Bolehkah Membaca Al Qur'an saat Haid di HP?
loading...
A
A
A
Bolehkah membaca Al Quran saat haid di handphone atau telepon seluler? Pertanyaan ini penting diketahui kaum wanita muslimah yang dalam kesehariannya tidak bisa lepas dari gadget tersebut.
Menurut Pimpinan Pondok Pesantren Al Bahjah Cirebon, yang populer dipanggil Buya Yahya, jawaban pertanyaan tersebut terbagi menjadi dua bahasan, yaitu soal menyentuh dan membaca Al-Qur’an lewat HP bagi wanita haid.
"Dua bahasan itu bukan masalah HP-nya, tapi hukum asal wanita haid menyentuh dan membaca Al-Qur’an-nya,"ungkapnya.
Buya Yahya menjelaskan, wanita yang dalam keadaan haid mutlak tidak boleh menyentuh mushaf. Mushaf adalah Al-Qur’an yang ada lembarannya, dan termasuk dihukumi mushaf adalah HP yang disengaja membuka aplikasi Al-Qur’an.
“Kecuali kepencet. Kepencet bukan niat buka tapi kelihatan (Al-Qur’an) langsung tutup. Tapi kalau dia mencari dan membuka (secara sengaja) sama seperti membuka mushaf. Maka dia memegangnya dan menyentuhnya adalah haram bagi seorang wanita dalam keadaan haid,” jelasnya dikutip dari kanal YouTube Al Bahjah TV.
Keharaman wanita haid menyentuh Al-Qur’an baik di HP maupun mushaf langsung tidak bisa ditawar. Hal tersebut ditegaskan oleh imam mazhab empat (Imam Syafi’i, Imam Hambali, Imam Hanafi, dan Imam Malik), yang membolehkan adalah Imam Dawud azh-Zhahiri
“Mazhab empat semuanya mengatakan menyentuh Al-Qur’an hukumnya adalah haram bagi seorang wanita dalam keadaan haid, kecuali dalam Mazhab Syafi’i ada pembahasan jika dibarengi dengan yang lainnya dengan model empat niat yang berbeda beda,” tutur Buya Yahya.
Jumhur ulama mazhab Imam Syafi’i, Imam Hambali dan Imam Hanafi menyatakan, seorang wanita haid tidak diperkenankan membaca Al-Qur’an, kecuali Al-Qur’an yang sifatnya untuk zikir atau tahasun untuk menjaga diri seperti yang diajarkan nabi.
“Misalnya seorang wanita haid ingin baca surah al-Falaq dan an-Nas seperti yang diajarkan nabi sebelum tidur. Membaca al-Falaq, an-Nas, ayat kursi, kemudian ditiup ke tangannya diusap ke wajahnya sampai sekujur tubuhnya. Biar pun itu Al-Qur’an yang dibaca, tapi ada pendidikan dari nabi dan itu untuk tahasun, untuk menjaga diri,” jelas Buya Yahya.
“Atau untuk zikir dalam Al-Qur’an ada lafadz lailahaillallah, subhanallah, lahaula wala quwwata illa billahil aliyil adzim. Itu dari Al-Qur’an semuanya, boleh bagi wanita haid. Itu menurut jumhur ulama,” sambung Buya Yahya.
Berbeda dengan Imam Malik. Buya Yahya mengatakan, imam mazhab ini membolehkan bagi wanita haid membaca ayat-ayat Al-Qur’an tapi tidak dengan menyentuh mushafnya (mushaf fisik atau HP) untuk belajar dan mengajar.
“Jadi boleh (menurut Imam Malik) membaca Al-Qur’an, bukan menyentuh, untuk belajar dan mengajar, termasuk di dalamnya adalah bagi penghafal Al-Qur’an yang takut hilang hafalannya,” katanya.
Wallahu A'lam
Menurut Pimpinan Pondok Pesantren Al Bahjah Cirebon, yang populer dipanggil Buya Yahya, jawaban pertanyaan tersebut terbagi menjadi dua bahasan, yaitu soal menyentuh dan membaca Al-Qur’an lewat HP bagi wanita haid.
"Dua bahasan itu bukan masalah HP-nya, tapi hukum asal wanita haid menyentuh dan membaca Al-Qur’an-nya,"ungkapnya.
Buya Yahya menjelaskan, wanita yang dalam keadaan haid mutlak tidak boleh menyentuh mushaf. Mushaf adalah Al-Qur’an yang ada lembarannya, dan termasuk dihukumi mushaf adalah HP yang disengaja membuka aplikasi Al-Qur’an.
“Kecuali kepencet. Kepencet bukan niat buka tapi kelihatan (Al-Qur’an) langsung tutup. Tapi kalau dia mencari dan membuka (secara sengaja) sama seperti membuka mushaf. Maka dia memegangnya dan menyentuhnya adalah haram bagi seorang wanita dalam keadaan haid,” jelasnya dikutip dari kanal YouTube Al Bahjah TV.
Keharaman wanita haid menyentuh Al-Qur’an baik di HP maupun mushaf langsung tidak bisa ditawar. Hal tersebut ditegaskan oleh imam mazhab empat (Imam Syafi’i, Imam Hambali, Imam Hanafi, dan Imam Malik), yang membolehkan adalah Imam Dawud azh-Zhahiri
“Mazhab empat semuanya mengatakan menyentuh Al-Qur’an hukumnya adalah haram bagi seorang wanita dalam keadaan haid, kecuali dalam Mazhab Syafi’i ada pembahasan jika dibarengi dengan yang lainnya dengan model empat niat yang berbeda beda,” tutur Buya Yahya.
Jumhur ulama mazhab Imam Syafi’i, Imam Hambali dan Imam Hanafi menyatakan, seorang wanita haid tidak diperkenankan membaca Al-Qur’an, kecuali Al-Qur’an yang sifatnya untuk zikir atau tahasun untuk menjaga diri seperti yang diajarkan nabi.
“Misalnya seorang wanita haid ingin baca surah al-Falaq dan an-Nas seperti yang diajarkan nabi sebelum tidur. Membaca al-Falaq, an-Nas, ayat kursi, kemudian ditiup ke tangannya diusap ke wajahnya sampai sekujur tubuhnya. Biar pun itu Al-Qur’an yang dibaca, tapi ada pendidikan dari nabi dan itu untuk tahasun, untuk menjaga diri,” jelas Buya Yahya.
“Atau untuk zikir dalam Al-Qur’an ada lafadz lailahaillallah, subhanallah, lahaula wala quwwata illa billahil aliyil adzim. Itu dari Al-Qur’an semuanya, boleh bagi wanita haid. Itu menurut jumhur ulama,” sambung Buya Yahya.
Berbeda dengan Imam Malik. Buya Yahya mengatakan, imam mazhab ini membolehkan bagi wanita haid membaca ayat-ayat Al-Qur’an tapi tidak dengan menyentuh mushafnya (mushaf fisik atau HP) untuk belajar dan mengajar.
“Jadi boleh (menurut Imam Malik) membaca Al-Qur’an, bukan menyentuh, untuk belajar dan mengajar, termasuk di dalamnya adalah bagi penghafal Al-Qur’an yang takut hilang hafalannya,” katanya.
Baca Juga
Wallahu A'lam
(wid)