3 Manfaat Ayat Kursi Sebelum Tidur

Senin, 26 Agustus 2024 - 19:21 WIB
loading...
3 Manfaat Ayat Kursi...
Membaca Ayat Kursi, merupakan amalan terbaik menjelang tidur, salah satu manfaatnya adalah dilindungi dari gangguan jin dan setan. Foto ilustrasi/ist
A A A
Manfaat Ayat Kursi sebelum tidur sangat luar biasa dan penting diketahui kaum muslim. Ayat Kursi atau Ayat 255 dari Surat Al-Baqarah ini memang sangat populer dan memiliki fadilah luar biasa.

Dalam Kitab Tanbihul Ghafilin karya Imam Abu Laits As-Samarqandi (wafat 373 H), dijelaskan bahwa membaca Ayat Kursi, merupakan amalan terbaik menjelang tidur. Sebagaimana pesan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dalam sabdanya:
"Apabila engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari) bacalah Ayat Kursi, niscaya Allah akan menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi." (HR Al-Bukhari)

Dari hadis Rasulullah SAW tersebut, berikut beberapa manfaat membaca Ayat Kursi sebelum tidur ini:

1. Dijaga dam Dilindungi dari Gangguan Setan

Ayat kursi memang terkenal sebagai ayat yang mampu melindungi diri dari gangguan setan. Untuk itulah sangat baik dilakukan sebelum tidur, terlebih tidur juga merupakan aktivitas yang tidak lepas dari gangguan setan yang terkutuk. Contohnya saja kala setan bisa mengganggu tidur manusia dengan mimpi yang buruk.

2. Dilindungi Malaikat

Sebagai salah satu makhluk yang mulia malaikat memiliki tugasnya tersendiri sesuai apa yang Allah perintahkan. Untuk itu, malaikat juga adalah makhluk Allah yang sangat taat dan menyukai kebaikan. Begitupun bagi orang yang membaca ayat kursi sebelum tidurnya. Yang bukan suatu hal mustahil untuk Allah meminta kepada malaikat agar melindungi seseorang yang telah membaca ayat kursi sebelum tidurnya.

Sebagaimana sabda dari Rasulullah SAW dalam sebuah hadist riwayat Ibnu Adh-Dharis yang mana saat seseorang membaca ayat kursi sebelum tidur maka Allah SWT meminta 2 orang malaikat untuk menjaga seseorang tersebut hingga subuh menjelang. Sungguh hal demikian adalah nikmat luar biasa yang tidak semua orang dapat merasakannya.

3. Mendapatkan Keamanan Rumah

Ketika kita tertidur maka sebagian tubuh kita akan hilang kesadaran dan tidak mengetahui sesuatu yang ada disekitar kita. Sedangkan yang namanya bahaya akan selalu mengintai sekalipun dalam rumah yang terkadang kita pikir sudah aman. Tetapi zaman yang semakin miris hal tersebut bisa jadi tidak membuat tidur aman karena adanya oknum-oknum nakal yang nekad melalukan tindak kejahatan di dalam rumah.

Untuk itu, gantungkanlah semua hal demikian hanya Allah SWT yang Maha Benar dan tidak pernah tidur. Dengan ikhtiar begitu kita mengharapkan bahwa Allah juga senantiasa menjadi pelindung bagi keamanan diri sendiri dan keluarga.

Demikian keagungan Ayat Kursi hingga setan sendiri pun mengakuinya. Ayat Kursi memiliki keagungan melebihi langit dan bumi.

Rasulullah pernah bersabda: "Tidaklah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya ayat kursi (karena di dalam ayat tersebut telah mencakup nama dan sifat Allah)". Sufyan ats-Tsauri berkata: "Sebab ayat kursi merupakan (salah satu) kalamullah (perkataan Allah), sedangkan Kalamullah itu lebih agung dari ciptaan Allah yang berupa langit dan bumi." (HR at-Tirmidzi)



Wallahu A'lam
(wid)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1856 seconds (0.1#10.140)