Cium Al-Qur'an, Putin Pro-Islam? Berikut Ini Jejaknya

Kamis, 22 Agustus 2024 - 10:35 WIB
loading...
Cium Al-Quran, Putin...
Presiden Rusia Vadimir Putin dihadiahi Al-Quran edisi langka saat kunjungannya ke Masjid Nabi Isa di Chechnya. Foto/Ilustras: YouTube
A A A
Presiden Rusia Vladimir Putin berkunjung ke Chechnya , Rabu kemarin. Chechnya adalah wilayah berpenduduk 95% muslim dan rata-rata merupakan penganut mazhab Syafi'i . Dan kunjungan Putin negeri itu adalah yang pertama sejak 2011.

Selama kunjungan, Putin disambut hangat pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov . Mereka, mengunjungi Masjid Nabi Isa di Grozny ditemani Mufti Besar Chechnya, Salakh Mezhiyev. Di sana, Putin dihadiahi Al-Quran edisi langka. Dia mencium lalu mendekap Kitab Suci itu ke dadanya.

Sikap hormat Putin kepada Al-Qur'an menggugah rasa senang bagi sebagian umat Islam. Lalu benarkah Putin pro-Islam?

Ini memang sulit dijawab. Akan tetapi yang jelas adalah bahwa Putin pro-Rusia – kebijakan, intervensi, dan interaksinya dengan dan mengenai Muslim semuanya sesuai dengan apa yang ia anggap sebagai kepentingan Rusia .

Berikut catatan sebagian kebijakan Vladimir Putin terkait umat Islam selama kepemimpinannya.



Perang Chechnya Kedua (1999-2009)

Perang Chechnya Kedua dimulai pada tahun 1999, tepat saat Putin diangkat menjadi Perdana Menteri, dan berlanjut hingga masa jabatannya sebagai presiden.

Konflik tersebut ditandai oleh agresi militer yang signifikan oleh pasukan Rusia terhadap separatis Chechnya, yang banyak di antaranya beragama Islam.

"Perang tersebut mengakibatkan banyaknya korban jiwa dan kerusakan di Chechnya, dengan berbagai pelanggaran hak asasi manusia yang meluas, termasuk penargetan warga sipil," tulis Matthew Evangelista dalam "The Chechen Wars: Will Russia Go the Way of the Soviet Union?" (Washington, D.C.: Brookings Institution Press, 2002)

Meskipun dapat dikatakan bahwa Putin tidak secara langsung atau sengaja menargetkan warga sipil Muslim selama konflik ini, namun faktanya kekejaman terhadap warga sipil Muslim Chechnya yang tidak bersalah memang terjadi, sebagaimana yang terjadi dalam konflik modern mana pun.



Intervensi Suriah (2015-Sekarang)

Rusia, di bawah Putin, melakukan intervensi dalam Perang Saudara Suriah pada tahun 2015 untuk mendukung pemerintahan Bashar al-Assad. Meskipun intervensi ini terutama bersifat geopolitik, yang bertujuan untuk mempertahankan pengaruh Rusia di Timur Tengah, intervensi ini memiliki implikasi yang signifikan bagi penduduk Muslim di Suriah.

Richard Sakwa dalam "The Putin Paradox" (London: I.B. Tauris, 2020) memaparkan serangan udara Rusia dituduh menargetkan wilayah sipil, termasuk wilayah dengan mayoritas Muslim Sunni.

Perlu dicatat bahwa keputusan Putin untuk melakukan intervensi di Suriah merupakan langkah yang diperhitungkan untuk melindungi kepentingan Rusia dan memperluas pengaruhnya, tetapi juga melibatkan dukungan terhadap rezim yang dituduh melakukan kekejaman terhadap rakyatnya sendiri, yang banyak di antaranya adalah Muslim.



Rekonstruksi dan pembangunan ekonomi di Chechnya

Memang benar bahwa Chechnya, dan khususnya ibu kota Grozny hampir rata dengan tanah selama Perang Chechnya Kedua, apa yang terjadi setelahnya adalah era yang seharusnya menjadi rekonsiliasi dan pembangunan kembali.

Emil Souleimanov dalam "Chechnya after the Chechen Wars: From Past to Future?" (Zürich: LIT Verlag, 2011) menuturkan Putin menunjuk Ramzan Kadyrov sebagai pemimpin Chechnya, dan pemerintah Rusia telah berinvestasi besar-besaran dalam membangun kembali Grozny dan bagian lain Chechnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2642 seconds (0.1#10.140)