Manfaat Surat Al Qasas Ayat 24, Doa Nabi Musa untuk Diamalkan dalam Kehidupan Sehari-hari

Selasa, 03 September 2024 - 16:39 WIB
loading...
Manfaat Surat Al Qasas...
Manfaat membaca Surat Al Qasas Ayat 24 penting diketahui umat Muslim. Ayat itu sering disebut sebagai doa Nabi Musa, termasuk dalam perkara rezeki. Foto ilustrasi/ist
A A A
Manfaat membaca Surat Al Qasas Ayat 24 penting diketahui umat Muslim. Ayat itu sering disebut sebagai doa Nabi Musa yang tentunya memiliki banyak keutamaan, termasuk dalam perkara rezeki.

Surat Al Qasas merupakan surat ke-28 dalam Al Qur’an. Terdiri atas 88 ayat, surat ini termasuk golongan surat-surat Makkiyyah.

Dinamai dengan Al Qasas karena pada ayat 25 terdapat kata “Al Qashash” yang berarti cerita. Ayat itu menerangkan bahwa setelah Nabi Musa a.s. bertemu Nabi Syua'ib a.s, ia menceritakan cerita yang berkaitan tentang pengalaman hidupnya dengan Fir'aun.

Lebih jauh, Surat Al Qasas ini adalah surat yang paling lengkap memuat cerita Nabi Musa a.s ., sehingga menurut suatu riwayat suratnya juga sering disebut surat Musa. Pada deretan ayatnya, ada salah satunya yang paling dikenal umat Muslim, yakni ayat ke-24.

Surat Al Qasas Ayat 24

فَسَقٰى لَهُمَا ثُمَّ تَوَلّٰٓى اِلَى الظِّلِّ فَقَالَ رَبِّ اِنِّىۡ لِمَاۤ اَنۡزَلۡتَ اِلَىَّ مِنۡ خَيۡرٍ فَقِيۡرٌ


“Fasaqoo lahumaa summa tawallaaa ilaz zilli faqoola Rabbi innii limaaa anzalta ilaiya min khairin faqiir”

Artinya: Maka dia (Musa) memberi minum (ternak) kedua perempuan itu, kemudian dia kembali ke tempat yang teduh lalu berdoa, "Ya Tuhanku, sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan (makanan) yang Engkau turunkan kepadaku."

Manfaat Surat Al Qasas Ayat 24

Pada Surat Al Qasas ayat 24 itu, Nabi Musa a.s. sempat berdoa kepada Allah Swt. Adapun isinya berupa harapan tentang sebuah kebaikan untuknya.

Pemaknaan ‘kebaikan’ pada ayat tersebut ditanggapi secara beragam oleh para ulama. Ada yang menafsirkan kebaikan yang dimaksud terkait rezeki (misalnya makanan).

Namun, ada juga ulama yang menafsirkan kebaikan itu terkait dengan perilaku Nabi Musa yang sedang menolong ternak dengan sebuah minuman lalu berdoa. Maka dari itu, doa Nabi Musa pada ayat tersebut bisa dikaitkan dengan hal rezeki yang dimudahkan oleh Allah SWT, baik itu sebuah makanan, pekerjaan, dan lain sebagainya.

Secara ringkas, kita bisa memahami maksud dari Surat Al Qasas ayat 24 yang mengajarkan kepada umat Islam untuk selalu meminta dan berharap hanya kepada Allah SWT. Untuk itu, kita bisa mengikuti doa yang dipanjatkan Nabi Musa tersebut dengan harapan agar Allah Swt memenuhi permintaan kita.

Doa Nabi Musa:

“Rabbi inni limaa anzalta ilayya min khairin faqrr”

Artinya: "Ya Tuhanku sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku".

Demikian ulasan mengenai manfaat membaca Surat Al Qasas ayat 24. Semoga bermanfaat.



Wallahu a’lam
(wid)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1843 seconds (0.1#10.140)