Apa Isi Kandungan QS Al Baqarah Ayat 155-156 ? Berkaitan dengan Kesabaran

Minggu, 08 September 2024 - 09:50 WIB
loading...
Apa Isi Kandungan QS...
Perintah untuk sabar adalah inti dari dua ayat di dalam surat Al Baqarah ayat 155-156 ini, sebab dalam hidup, umat muslim pastilah akan mendapat berbagai cobaan hingga musibah. Foto ilustrasi/ist
A A A
Apa isi kandungan Surat Al Baqarah ayat 155-156 ? Perintah untuk sabar adalah inti dari dua ayat di dalam surat Al Baqarah ini. Sebab dalam hidup, umat muslim pastilah akan mendapat berbagai cobaan hingga musibah.

Dalam Islam, ujian ini mencerminkan kasih sayang dan keadilan Allah SWT kepada hambanya. Meski begitu, Allah SWT juga tidak akan menguji dengan masalah yang di luar kemampuan hambanya.

Dalam sebuah hadits, Nabi Muhammad SAW bersabda :

“Sungguh, besarnya pahala bersamaan dengan besarnya cobaan. Apabila Allah mencintai suatu kaum, Dia akan menguji mereka. Barangsiapa yang rela, maka baginya ridha-Nya, dan barangsiapa yang benci, maka ia akan mendapatkan kebencian-Nya,” (HR. At Tirmidzi).

Kandungan QS Al Baqarah Ayat 155-156

وَلَـنَبۡلُوَنَّكُمۡ بِشَىۡءٍ مِّنَ الۡخَـوۡفِ وَالۡجُـوۡعِ وَنَقۡصٍ مِّنَ الۡاَمۡوَالِ وَالۡاَنۡفُسِ وَالثَّمَرٰتِؕ وَبَشِّرِ الصّٰبِرِيۡنَۙ


Artinya : "Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar," (QS Al Baqarah : 155)

الَّذِيۡنَ اِذَآ اَصَابَتۡهُمۡ مُّصِيۡبَةٌ  ۙ قَالُوۡٓا اِنَّا لِلّٰهِ وَاِنَّـآ اِلَيۡهِ رٰجِعُوۡنَؕ


Artinya : (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata "Inna lillahi wa inna ilaihi raji‘un" (sesungguhnya kami milik Allah dan kepadaNyalah kami kembali)." (QS Al Baqarah : 156)

Dari QS Al Baqarah Ayat 155-156 tersebut dapat disimpulkan jika sepanjang hidup umat manusia pasti akan muncul berbagai ujian yang harus dihadapi. Ujian inilah yang nantinya akan memperlihatkan seberapa bertakwanya seorang hamba.

Dalam tafsirnya sendiri dijelaskan jika kehidupan manusia memang penuh cobaan. Ujian ini adalah untuk mengetahui kualitas keimanan seseorang dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Bersabarlah dalam menghadapi semua itu.

Kemudian sampaikanlah kabar gembira, wahai Nabi Muhammad, kepada orang-orang yang sabar dan tangguh dalam menghadapi cobaan hidup, yakni orang-orang yang apabila ditimpa musibah apapun bentuknya, besar maupun kecil, mereka berkata, Inna lilla hi wa inna ilaihi ra ji'un (sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali).

Artinya bahwa Allah memberikan ujian itu ingin melatih kebiasaan kita agar belajar bersabar. Logikanya, dengan seringnya datang ujian meski awalnya sulit namun karena sudah terbiasa maka seiring berjalannya waktu kesulitan itu kan sirnah bahkan kita pun akan terbiasa menyelesaikan ujian-ujian yang datang kepada diri umat muslim.

(wid)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1501 seconds (0.1#10.140)