Jejak Radio dan Pager yang Meledak: Melibatkan Hongaria, Bulgaria, Taiwan dan Jepang

Sabtu, 21 September 2024 - 16:23 WIB
loading...
A A A
Pada hari Jumat, ibunya memberi tahu AP bahwa Barsony-Arcidiacono saat ini berada di tempat yang aman di bawah perlindungan dinas rahasia Hungaria, setelah menerima ancaman yang tidak disebutkan.

Seorang juru bicara pemerintah Hungaria mengatakan awal minggu ini bahwa pager tersebut tidak diproduksi di negara tersebut, dan bahwa BAC bertindak sebagai perantara.

Perusahaan Cangkang Israel

The New York Times melaporkan pada hari Rabu bahwa BAC sebenarnya adalah kedok Israel, menurut tiga perwira intelijen yang diberi pengarahan tentang operasi Israel.

Sumber tersebut mengatakan bahwa setidaknya ada dua perusahaan cangkang lain yang dibuat untuk menutupi identitas sebenarnya dari produsen pager: perwira intelijen Israel.

Laporan tersebut menyatakan bahwa BAC memproduksi sejumlah pager biasa untuk klien lain, tetapi pager terpisah diproduksi untuk dipasok ke Hizbullah, yang berisi baterai yang dicampur dengan bahan peledak PETN.

Mengutip sumber intelijen AS, ABC News melaporkan bahwa Israel telah merencanakan operasi "interdiksi rantai pasokan" setidaknya selama 15 tahun.



Seorang sumber yang dekat dengan Hizbullah mengatakan kepada MEE awal minggu ini: "Orang yang memesan pager adalah seorang pengusaha yang memiliki hubungan dengan partai tersebut. Dia diberi harga yang sangat bagus untuk perangkat tersebut.

"Itu adalah kelalaian di pihak Hizbullah karena mereka tidak memeriksa atau menguji pager secara cermat sebagaimana mestinya, mengingat mereka mempercayai orang yang menyediakannya."

Perusahaan Bulgaria

Bulgaria juga telah menarik perhatian setelah media lokal melaporkan pada hari Kamis bahwa perusahaan yang berbasis di Sofia Norta Global Ltd terlibat dalam penjualan pager tersebut.

Badan keamanan negara Bulgaria mengatakan pihaknya akan bekerja sama dengan kementerian dalam negeri untuk menyelidiki dugaan peran perusahaan yang terdaftar di negara tersebut.

Telex, situs berita Hungaria, melaporkan bahwa penjualan pager tersebut difasilitasi oleh Norta, mengutip sumber.

Penyiar nasional Bulgaria bTV melaporkan, mengutip sumber keamanan, bahwa 1,6 juta euro terkait dengan transaksi tersebut melewati Bulgaria, dan dikirim ke Hungaria.



Pada hari Jumat, badan keamanan negara Bulgaria mengatakan telah "memastikan" bahwa tidak ada pager yang digunakan dalam serangan tersebut yang diimpor dari, diekspor ke, atau dibuat di Bulgaria.

Dikatakan bahwa baik Norta maupun pemiliknya di Norwegia tidak memperdagangkan, menjual, atau membeli pager di dalam yurisdiksi Bulgaria.

Perangkat Jepang

Di tempat lain, produsen Jepang mengatakan sedang meluncurkan penyelidikan setelah namanya tercantum pada radio genggam yang meledak pada hari Kamis.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1907 seconds (0.1#10.140)