Membaca Yasin 7x untuk Apa Saja dan Apakah Ada Dalilnya?

Kamis, 26 September 2024 - 10:42 WIB
loading...
Membaca Yasin 7x untuk...
Banyak umat muslim meyakini jika dengan membaca Yasin 7x ini akan membuat segala hajat atau keinginan seorang hamba akan diterima Allah SWT dan dikabulkan. Foto ilustrasi/ist
A A A
Membaca Yasin 7x diyakini dapat memberikan keutamaan yang besar bagi setiap muslim. Namun apakah memang cara membacanya harus sebanyak 7x? dan apakah memang sesuai dengan dalil yang ada.

Surah Yasin bisa dibilang sebagai salah satu surah yang dikenal oleh masyarakat muslim, khususnya di Indonesia. Surat ke-36 dalam Al Qur'an yang termasuk surah Makkiyah ini memiliki 83 ayat.

Membaca surat Yasin memang diketahui memiliki banyak keutamaan yang salah satunya adalah diampuni segala dosanya. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW :

قعَنِ الْحَسَنِ قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا هُرَيْرَةَ يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "مَنْ قَرَأَ يس فِي لَيْلَةٍ أَصْبَحَ مَغْفُورًا لَهُ. وَمَنْ قَرَأَ: "حم" الَّتِي فِيهَا الدُّخَانُ أَصْبَحَ مَغْفُورًا لَهُ


"Dari Al-Hasan yang mengatakan bahwa ia pernah mendengar Abu Hurairah r.a. berkata bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: Barangsiapa yang membaca surat Yasin di malam hari, pada keesokan harinya ia diampuni. Dan barang siapa yang membaca Ha Mim yang di dalamnya disebutkan Dukhan (surat Ad-Dukhan), pada pagi harinya diampuni". Sanad hadis ini jayyid (baik)."

Terkait Surat Yasin ini, ada anjuran untuk mengulang-ulang minimal sebanyak 7 kali disertai dengan niat yang baik. Namun apakah cara membaca ini memang ada dalilnya? Karena setiap ibadah haruslah dilandaskan pada dalil supaya sesuai dengan tuntunan dan ajaran Rasulullah SAW.

Banyak umat muslim meyakini jika dengan membaca Yasin 7x ini akan membuat segala hajat atau keinginan seorang hamba akan diterima Allah SWT dan dikabulkan. Namun benarkah hal tersebut, dan apakah keutamaan itu memang berlandaskan hadits.

Dalil Membaca Yasin 7x Apakah Ada?

Hadits yang dijadikan landasan untuk membaca Yasin 7x adalah riwayat yang menyebutkan jika Allah SWT menampakkan diri dengan cahaya-Nya kepada para penghuni surga yang sedang bergelimang kenikmatan.

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "بَيْنَا أَهْلُ الْجَنَّةِ فِي نَعِيمِهِمْ، إِذْ سطع لهم نور، فرفعوا رؤوسهم، فَإِذَا الرَّبُّ تَعَالَى قَدْ أَشْرَفَ عَلَيْهِمْ مِنْ فَوْقِهِمْ، فَقَالَ: السَّلَامُ عَلَيْكُمْ يَا أَهْلَ الْجَنَّةِ. فَذَلِكَ قَوْلُهُ: {سَلامٌ قَوْلا مِنْ رَبٍّ رَحِيمٍ} . قَالَ: "فَيَنْظُرُ إِلَيْهِمْ وَيَنْظُرُونَ إِلَيْهِ، فَلَا يَلْتَفِتُونَ إِلَى شَيْءٍ مِنَ النَّعِيمِ مَا دَامُوا يَنْظُرُونَ إِلَيْهِ، حَتَّى يَحْتَجِبَ عَنْهُمْ، وَيَبْقَى نُورُهُ وَبِرْكَتُهُ عليهم وفي ديارهم


Artinya: Dari Jabir ibnu Abdullah r.a. yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw pernah bersabda, bahwa ketika ahli surga sedang bergelimang di dalam kenikmatannya, tiba-tiba muncullah cahaya pada mereka, lalu mereka mengangkat kepalanya memandang ke arah cahaya itu, dan ternyata Tuhan Yang Maha Agung menengok mereka dari atas mereka, lalu berfirman, "Selamat kepada kalian semua, hai penduduk surga.'' Yang demikian itulah yang dimaksud oleh firman-Nya: (Kepada mereka dikatakan), "Salam, " sebagai ucapan selamat dari Tuhan Yang Maha Penyayang. (Yasin: 58) Maka Allah memandang kepada mereka, dan mereka memandang kepada-Nya. Mereka tidak mengalihkan pandangannya kepada sesuatu pun selama mereka memandang kepada Allah Swt. karena nikmatnya yang tak terperikan, hingga Allah Swt. menutup diri dari mereka dengan hijab-Nya dan yang tertinggal adalah cahaya dan berkah-Nya yang melimpah atas mereka di rumah-rumah mereka. (HR. Ibnu Majah).

Dalam riwayat tersebut pada dasarnya hanya menjelaskan keutamaan membaca Surat Yasin saja dan tidak menjelaskan secara detail harus membaca Yasin 7x.

Karena itulah riwayat atau dalil yang menyebutkan membaca Yasin 7x untuk memperoleh keutamaan masih dipertanyakan kebenarannya.

(wid)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1087 seconds (0.1#10.140)