Inilah Keutamaan Mengikuti Majelis Ilmu Syar'i

loading...
Inilah Keutamaan Mengikuti Majelis Ilmu Syari
Kaum perempuan harus memiliki pendidikan yang baik, karenanya dianjurkan menuntut ilmu dengan mendatangi majelis ilmu syari. Bukan hanya itu, ternyata ada keutamaan mendatangi majelis ilmu ini bagi wanita. Foto ilustrasi/ist
Menuntut ilmu dalam Islam hukumnya wajib bagi setiap muslim dan muslimah. Karena ada banyak faedah dan keutamaan dalam menuntut ilmu ini, baik ilmu pengetahuan umum serta ilmu syar'i (agama).

Sejak masa awal Islam, umat Nabi Muhammad sudah melaksanakan ajaran ini dengan penuh khidmat, yang salah satunya tercermin dari sebuah forum yang dikenal sebagai Majelis Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Secara rutin, para shahabat berkumpul di masjid bersama Nabi SAW. Di sana, para shahabat berusaha sebanyak-banyaknya menyerap ilmu pengetahuan dan wawasan yang luas dari Rasulullah. (Baca juga : Perempuan dan Kewajiban Menuntut Ilmu Syar'i )

Dengan mengikuti majelis atau pertemuan-pertemuan agama semacam ini, ada banyak keutamaan bagi seorang muslim. Menghadiri majelis ilmu syar'i atau taklim yang mengajarkan Al-Qur'an dan sunnah , akan menambah ilmu, keimanan, dan ketakwaannya. Dinukil dari buku 'The Ideal Muslim', Dr Muhammad Ali Hasyimi, menguraikan, bahwa di majelis ilmu syar'i nama Allah Ta'ala senantiasa diagungkan. Setiap pembicaraan pun dipenuhi tema keagungan ajaran Islam mengenai tarbiyah (pendidikan), individu, keluarga dan masyarakat. Di samping juga pada akhirnya sanggup menambah amal kebaikannya kelak.

Begitu mulia kedudukan majelis ilmu , hingga Rasulullah menyebutnya akan diikuti pula oleh para malaikat. Tak hanya itu, Nabi SAW bahkan mengistilahkan majelis ilmu sebagai taman-taman surga. Ilmu pengetahuan ibarat sebuah cahaya yang akan menuntun manusia hingga mencapai tujuan penciptaan manusia menurut Islam.

Karena itu, menuntut ilmu, dalam Islam hukumnya wajib. Seperti yang dikatakan dalam sebuah hadis: “Menuntut ilmu wajib atas setiap muslim (baik muslimin ataupun muslimah).” (HR. Ibnu Majah)

Bagi perempuan muslimah, diperintahkan agar mereka memiliki pendidikan yang baik. Salah satu caranya adalah dengan mendatangi majelis ilmu agar ia bisa cara mendidik anak dalam Islam dan cara mendidik yang baik. Bukan hanya itu, terdapat keutamaan mendatangi majelis ilmu bagi perempuan. (Baca juga : Mengenal Ilmuwan Perempuan Islam yang Karyanya Mendunia )

Disarikan dari berbagai sumber, berikut keutamaan bagi perempuan yang mengikuti majelis ilmu, terutama ilmu-ilmu syar'i, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Perintah Allah Ta'ala

اقْرَأْ بِاسْمِرَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ {1} خَلَقَالإِنسَانَ مِنْ عَلَقٍ {2} اقْرَأْوَرَبُّكَ اْلأَكْرَمُ {3} الَّذِي عَلَّمَ ابِالْقَلَمِ{4} عَلَّمَ اْلإِنسَانَ مَالَمْ يَعْلَمْ {5}

“Bacalah dengan(menyebut) nama tuhanmu yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah, bacalah, dan tuhanmu lah yang paling pemurah, yang mengajar(manusia) dengan perantaran kalam. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahui.” (QS. Al-a’laq : 1-5)
halaman ke-1
cover top ayah
فَاذۡكُرُوۡنِىۡٓ اَذۡكُرۡكُمۡ وَاشۡکُرُوۡا لِىۡ وَلَا تَكۡفُرُوۡنِ
Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku.

(QS. Al-Baqarah:152)
cover bottom ayah
preload video