Hukum Tajwid Surat Az Zukhruf Ayat 13 Lengkap dengan Penjelasannya

Kamis, 17 Oktober 2024 - 09:13 WIB
loading...
Hukum Tajwid Surat Az...
Hukum tajwid surat Az Zukhruf perlu dipahami oleh setiap muslim supaya bisa membaca Al Qur’an dengan baik dan benar. Foto ilustrasi/ist
A A A
Hukum tajwid surat Az Zukhruf perlu dipahami oleh setiap muslim supaya bisa membaca Al Qur’an dengan baik dan benar. Ada yang perlu diketahui dalam hukum tajwid surat Az Zukhruf ayat 13 beserta dengan kandungan surat dan tafsirnya.

Surat Az Zukhruf ayat 13 ini menjelaskan tentangrasa syukur kepada Allah ketika seseorang menggunakan nikmat yang telah diberikan-Nya, khususnya nikmat kendaraan atau sarana transportasi.

Ayat ini mengingatkan manusia untuk menyadari bahwa segala nikmat dan fasilitas yang mereka gunakan berasal dari Allah. Sebagai hamba-Nya, manusia harus senantiasa ingat dan bersyukur kepada-Nya atas segala nikmat tersebut.

Surat Az Zukhruf ayat 13

لِتَسۡتَوٗا عَلٰى ظُهُوۡرِهٖ ثُمَّ تَذۡكُرُوۡا نِعۡمَةَ رَبِّكُمۡ اِذَا اسۡتَوَيۡتُمۡ عَلَيۡهِ وَتَقُوۡلُوۡا سُبۡحٰنَ الَّذِىۡ سَخَّرَ لَنَا هٰذَا وَمَا كُنَّا لَهٗ مُقۡرِنِيۡنَۙ‏


Artinya : Agar kamu duduk di atas punggungnya kemudian kamu ingat nikmat Tuhanmu apabila kamu telah duduk di atasnya; dan agar kamu mengucapkan, "Maha-suci (Allah) yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya”

Hukum Tajwid Surat Az Zukhruf ayat 13

ظُهُوۡرِ


Mad thabi'i, sebab terdapat harakat dhammah yang bertemu wawu mati. Dibaca panjang 2 harakat.

ثُمَّ


Ghunnah, sebab ada huruf mim bertasydid. Dibaca dengung 2 harakat

تَذۡكُرُوۡ


Mad thabi'i, sebab terdapat harakat dhammah yang bertemu wawu mati. Dibaca panjang 2 harakat.

وَتَقُوۡلُوۡ


Ada 2 Mad thabi'i, sebab terdapat harakat dhammah yang bertemu wawu mati. Masing-masing ibaca panjang 2 harakat.

سُبۡحٰنَ


Qolqolah sugra, sebab ada huruf qalqalah ba di tengah kalimat. Dibaca memantul dengan tipis.

الَّذِىۡ


Mad thabi'i, sebab terdapat harakat kasrah yang bertemu ya mati. Dibaca panjang 2 harakat.

مُقۡرِنِيۡنَۙ


Terdapat 2 hukum tajwid, yang pertama ada Qolqolah sugra, sebab ada huruf qalqalah jim di tengah kalimat dan dibaca memantul dengan tipis. Yang kedua ada Mad aridl lissukun, sebab ada mad thabi'i di akhir menghadapi huruf hidup yang dimatikan di akhir kalimat. Dibaca panjang hingga 6 harakat.

Isi Kandungan QS. Az-Zukhruf/43 Ayat 13

Dikutip dari tafsir Kementerian Agama RI, berikut tafsir dan isi kandungan surat Az Zukkhruf ayat 13 ini:

1. Allah SWT telah menundukkan alam semesta sehingga manusia dapat memanfaatkannya. Oleh karena itu, hendaklah manusia mengingat nikmat yang telah dikaruniakan Allah Swt.
2. Allah SWT menciptakan hewan yang dapat dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan makanan ataupun transportasi
3. Perintah untuk memperlakukan hewan dengan baik, seperti senantiasa menyayangi hewan dan melestarikannya
4. Kewajiban manusia untuk menjaga alam dari kerusakan, memanfaatkannya dengan tetap menjaga martabatnya sebagai ciptaan Allah SWT, melestarikannya sebisa mungkin, dan mensyukuri nikmat Allah SWTdalam bentuk perbuatan nyata.

Tafsir Surat Az-Zukhruf Ayat 13

Dan kekuasaan-Nya yang lain adalah bahwa Dia pulalah yang menciptakan semuanya, yaitu semua makhluk-Nya berpasang-pasangan dan dengan keberpasangannya itu mereka saling menyempurnakan satu sama lain.

Dan Dialah yang menjadikan kapal sebagai alat transportasi laut untukmu yang dapat mengantar kamu dan kebutuhan kamu ke tempat tujuanmu di laut dengan aman dan atas izin-Nya dan hewan ternak sebagai alat transportasi darat yang kamu tunggangi, agar kamu duduk di atas punggungnya dengan aman dan atas izin-Nya dan menjadikannya sebagai pengangkut barang-barang kebutuhanmu.

Kemudian kamu ingat dengan pikiran dan hatimu nikmat Tuhanmu, yaitu ditundukkannya hewan-hewan itu untuk kamu apabila kamu telah duduk dengan aman dan mantap dan melihat barang-barangmu aman di atasnya; dan agar kamu mengucapkan dengan lidahmu sebagai peng-akuan atas kekuasaan Allah menundukkannya dengan mengatakan, “Mahasuci Allah yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya, yakni sebelum Allah menundukkannya, tidak mampu menguasainya.

Pada ayat ini Allah menerangkan bahwa apabila manusia berada di atas punggung binatang, perahu, kapal, kereta api, pesawat terbang dan lain-lain hendaklah mengingat nikmat yang telah dikaruniakan Allah kepada mereka, hendaklah mengagungkan Allah dan menyucikan-Nya dari sifat-sifat yang tidak layak yang dituduhkan orang-orang musyrik kepada-Nya, dan hendaklah mereka membaca ayat ini sebagai doa :

Mahasuci (Allah) yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami. (az-Zukhruf/43: 13-14)
Andaikata Allah tidak menundukkan alam semesta dengan ilmu yang dianugerahkan-Nya tentu manusia tidak dapat melakukannya, karena yang demikian itu di luar kemampuan mereka.

Bacaan doa itu mengingatkan manusia supaya selalu bersiap-siap menghadapi hari pembalasan saat seluruh manusia akan menghadapi dan mengalaminya dan jangan lalai mengingat Allah, baik di waktu bepergian atau tidak, di waktu berlayar atau tinggal di kampung halaman.

Itulah sejumlah hukum tajwid Surat Az Zukhruf ayat 13, kandungan, serta tafsir yang bisa jadi referensi belajar bagi umat muslim. Semoga informasi ini bermanfaat.MG/Marine Lugina

Baca juga: Hukum Tajwid Surat Al Fath Ayat 29 Lengkap dengan Penjelasannya
(wid)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1922 seconds (0.1#10.140)