11 Waktu Mustajab untuk Berdoa, Yuk Amalkan!

loading...
11 Waktu Mustajab untuk Berdoa, Yuk Amalkan!
Selain mempelajari adabnya, kaum muslimin harus tahu kapan waktu-waktu dikabulkannya doa. Foto/dok SINDOnews
Doa merupakan inti sari ibadah dan senjata bagi kaum mukmin. Allah Ta'ala memerintahkan hamba-Nya untuk berdoa sebagaimana firman-Nya: "... Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu". (Surah Ghafir ayat 60). Dalam ayat lain: "Hai manusia, kamulah yang butuh kepada Allah, dan Allah Dialah yang Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) lagi Maha Terpuji." (QS. Fathir: 15)

(Baca Juga: 100 Dokter Gugur Terpapar COVID-19, Ketum PP Muhammadiyah: Indonesia Berduka )
(Baca Juga: Dijadwalkan 1 September, Tes SKB CPNS Digelar Tak Serentak )

Perintah berdoa tidak hanya datang dari Allah Ta'ala, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW) juga memerintahkan umatnya untuk senantiasa berdoa . Beliau bersabda: "Barangsiapa yang tidak meminta kepada Allah, maka Allah akan murka padanya." (HR. Tirmidzi). (Baca Juga: Rahasia Terkabulnya Doa dalam Al-Qur'an Al-Karim )

Salah satu adab berdoa diterangkan dalam Al-Qur'an: " Berdoalah kepada Tuhanmu dengan merendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. Janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepadaNya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik." (QS Al-A'raf: 55-56). (Baca Juga: Adab Berdoa yang Jarang Diperhatikan )



Bagi umat Islam, syariat mengajarkan kita tentang waktu-waktu mustajab untuk berdoa . Selain mempelajari adabnya, kaum muslimin harus tahu kapan waktu-waktu dikabulkannya doa . Berikut 10 waktu mustajab ketika berdoa :

1. Sepertiga Malam AtauSaat Sahur.
Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:

يَتَنَزَّلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ ، مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ ، وَمَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

"Rabb kita tabaroka wa ta'ala turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berkata: 'Siapa yang berdoa pada-Ku, aku akan memperkenankan doanya . Siapa yang meminta pada-Ku, pasti akan Kuberi. Dan siapa yang meminta ampun pada-Ku, pasti akan Kuampuni." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

2. Pada Akhir Salat Fardhu
Ada seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah SAW : " Doa apa yang paling didengar oleh Allah?" maka Nabi SAW menjawab:
halaman ke-1
cover top ayah
اَلَمۡ يَاۡنِ لِلَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡۤا اَنۡ تَخۡشَعَ قُلُوۡبُهُمۡ لِذِكۡرِ اللّٰهِ وَمَا نَزَلَ مِنَ الۡحَـقِّۙ وَلَا يَكُوۡنُوۡا كَالَّذِيۡنَ اُوۡتُوا الۡكِتٰبَ مِنۡ قَبۡلُ فَطَالَ عَلَيۡهِمُ الۡاَمَدُ فَقَسَتۡ قُلُوۡبُهُمۡ‌ؕ وَكَثِيۡرٌ مِّنۡهُمۡ فٰسِقُوۡنَ
Belum tibakah waktunya bagi orang-orang yang beriman, untuk secara khusyuk mengingat Allah dan mematuhi kebenaran yang telah diwahyukan (kepada mereka), dan janganlah mereka (berlaku) seperti orang-orang yang telah menerima kitab sebelum itu, kemudian mereka melalui masa yang panjang sehingga hati mereka menjadi keras. Dan banyak di antara mereka menjadi orang-orang fasik.

(QS. Al-Hadid:16)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!