Ayat Al-Qur'an dan Perkara yang Diaturnya Tentang Kaum Hawa Ini

Jum'at, 04 September 2020 - 19:25 WIB
loading...
Ayat Al-Quran dan Perkara yang Diaturnya Tentang Kaum Hawa Ini
Banyak ayat dalam Al-Quran yang mengatur tentang perkara yang berkaitan dengan perempuan. Hal tersebut bukan bertujuan untuk merendahkan perempuan namun justru memuliakannya. Foto ilustrasi/ist
A A A
Di dalam Al-Qur'an banyak sekali hal-hal yang berbicara tentang perempuan . Di antaranya adalah surat An-Nisa', Maryam, An-Nur, Saba', Al-Hu jurat, Al-Mujadalah, Al-Mumtahanah, At-Thalaq, dan At-Thahrim.

Berikut ini.beberapa ayat Al-Quran tentang fiqih untuk perempuan yang perlu muslimah ketahui :

1. Surah An-Nisa'

Di dalam surah An-Nisa yang berjumlah 176 ayat ini Allah Ta'ala banyak mengupas masalah-masalah fiqih yang terkait dengan wanita. Setidaknya ada sepuluh tema terkait perempuan di dalam surat ini, yaitu :

(1) Penetapan bolehnya laki-laki menikahi empat orang wanita sekaligus adanya di dalam surat ini (ayat 3).
(2) Kewajiban suami untuk memberikan mas kawin alias mahar juga di surat ini (ayat 4).
(3) Menikahkan anak wanita yang sudah siap menikah (ayat 6).
(4) Islam memberikan hak kepada wanita harta warisan (ayat 11-12).
(5) Kasus istri yang selingkuh dan berzina juga dibahas di surat ini (ayat 15).
(6) Siapa saja wanita yang haram untuk dinikahi juga ada di dalam surat ini (ayat 22-23)
(7) Bila laki-laki tidak mampu menikahi wanita yang maharnya tinggi, maka silahkan menurunkan kriterianya dengan menikahi wanita yang maharnya lebih rendah (ayat 25).
(8) Suami menjadi pemimpin wanita di dalam urusan domestik (ayat 34).
(9) Meminta fatwa tentang wanita (ayat 127).
(10) Masalah wanita yang nusyuz dari suaminya (ayat 128).

(Baca juga : Karena Istimewa, Allah pun Memuliakannya )

2. Surah Maryam

Surah Maryam yang berkisah tentang peran seorang ibunda Nabi Isa Alaihissalam. Kisah bagaimana kesulitannya melahirkan anak yang atas kehendak Allah Ta'ala tidak ada ayahnya dan cacian serta makian dari masyarakat sekitarnya. Kisah ini sekaligus juga memberikan peran besar kepada seorang perempuan dalam agama Islam, salah satunya dalam hal menjaga kehormatan dan kemuliaan diri.

3. Surat An-Nur

Meski nama surat ini tidak ada kaitannya dengan urusan perempuan, namun ketika kita mendalami ayat-ayat di dalamnya, kita akan menemukan banyak perkara yang terkait dengan masalah perempuan.

4. Surat Al-Hujurat

Makna Al-Hujurat adalah kamar-kamar. Maksudnya adalah kamar-kamar yang dihuni oleh para istri Rasulullah SAW. Meski ayat ini tidak membahas secara langsung tentang masalah perempuan, namun penggunaan istilah hujurat yang berarti kamar-kamar para istri Nabi terkait dengan ganggungan para shahabat ketika Nabi SAW sedang berada di kamar para istrinya. Dan ini menjadi persoalan penting dalam adab bersama RasulullahShallallahu alaihi wa sallam ketika beliau sedang berada di dalam kamar.

(Baca juga : Syarat Sempurnanya Iman, Bersikap Lembut Dalam Rumah Tangga )

5. Surat Al-Mujadalah

Inti surat ini menceritakan adanya perempuan yang melakukan perdebatan atau dialog dengan Rasulullah SAW terkait dengan hak-haknya yang diambil oleh suaminya dengan cara dzihar. Perempuan itu adalah Khaulah binti Tsa'labah yang mengadukan nasibnya kepada Allah Ta'ala lalu dari langit yang tujuh Allah Ta;ala T menjawab pengaduannya.

6. Surat Al-Mumtahanah

Surat ini bicara tentang kisah Rasulullah SAW bersama para istri beliau dalam lika-liku rumah tangganya. Salah satunya ketika Rasulllah SAW menguji para istrinya itu.

7. At-Thalaq

Surat ini bicara tentang talak, yaitu pemutusan hubungan ikatan pernikahan antara suami dan istri. Surat ini juga menjelaskan ketentuan-ketenuan bagi wanita yang menjalankan masa iddah pasca terjadinya perceraian atau kematian suaminya.

(Baca juga : Golongan Perempuan yang Boleh Tidak Berhijab )
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1824 seconds (0.1#10.140)