Kumpulan Artikel: Fiqih Wanita

  • Bolehkah Memakai Obat Pemutih Wajah? Bagaimana Hukumnya dalam Islam?
    Muslimah
    Kamis, 05 Oktober 2023 - 13:41 WIB
    Demi mencapai kecantikan sempurna banyak wanita menggunakan kosmetika dan obat-obat untuk mempercantik dirinya. Salah satunya adalah obat pemutih wajah atau kulit. Bagaimana hukumnya dalam Islam?
  • Istihadhah : Pengertian, Kategori dan Penjelasannya yang Penting Diketahui Kaum Wanita
    Muslimah
    Jum'at, 25 Agustus 2023 - 14:20 WIB
    Dalam Islam, istihadhah adalah darah yang keluar di luar waktu haid dan nifas, atau keluar langsung setelah masa haid dan nifas. Kebanyakan kaum Hawa yang mengalaminya, bisa terjadi hampir terus menerus.
  • Benarkah Keputihan Termasuk Najis? Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Senin, 07 Agustus 2023 - 17:59 WIB
    Benarkah keputihan (cairan putih yang sering dialami wanita) termasuk najis? Apakah juga bisa membatalkan wudu? Pertanyaan soal fiqih tersebut seringkali ditanya kaum muslimah.
  • Ternyata Begini Hukum Mencukur Alis Bagi Wanita dalam Islam
    Tips
    Jum'at, 04 Agustus 2023 - 14:50 WIB
    Alis diciptakan memiliki peran penting dalam melindungi mata dari debu dan keringat yang bisa mengganggu penglihatan. Namun tak jarang wanita mencukur alisnya untuk memenuhi unsur estetika. Lantas bagaimana hukum mencukur alis wanita dalam Islam?
  • Hak-hak Perawatan yang Harus Dipenuhi Seorang Muslimah
    Muslimah
    Sabtu, 10 Juni 2023 - 11:25 WIB
    Setiap manusia membutuhkan hak-hak dasarnya, termasuk untuk kalangan muslimah. Wanita dan pria pada hakikatnya memiliki unsur yang sama yaknitubuh, akal, dan ruh.
  • Mengenal 4 Macam Cairan yang Sering Dialami Kaum Muslimah Beserta Hukumnya
    Muslimah
    Kamis, 08 Juni 2023 - 11:05 WIB
    Ada beberapa jenis cairan putih yang keluar dari organ kemaluan wanita , yaitu keputihan, madzi, wadi dan mani. Di antara keempatnya memiliki perbedaan satu sama lain. Apa saja perbedaannya dan bagaimana hukumnya menurut fiqih Islam?
  • Batasan Wanita Karier dalam Islam, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Jum'at, 02 Juni 2023 - 13:56 WIB
    Batasan wanita karier dalam Islam perlu dipahami oleh kaum muslimah yang memilih bekerja di luar rumah. Batasan ini penting, karena wanita karier akan menghabiskan lebih banyak waktunya di luar rumah.
  • Bolehkah Muslimah Memakai Celana Panjang?
    Muslimah
    Kamis, 25 Mei 2023 - 10:19 WIB
    Hukum memakai celana panjang untuk busana seorang muslimah penting diketahui mereka. Karena hal ini berkaitan dengan cara menutup aurat yang berbeda antara kaum laki-laki dan wanita.
  • Larangan Memamerkan Kecantikan, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Rabu, 10 Mei 2023 - 15:15 WIB
    Memamerkan kecantikan menjadi hal biasa di zaman ini. Banyak kaum wanita yang memilih tampil beda dengan yang lain, memamerkan keindahan yang dimilikinya.
  • Perlunya Muslimah Belajar Ilmu Fiqih, Ini Alasannya!
    Muslimah
    Selasa, 07 Maret 2023 - 11:10 WIB
    Dalam Islam, kaum muslimah memiliki kemuliaan dan keistimewaan tersendiri. Karena keistimewaannya ini, maka ada sebuah cabang ilmu Islam yang mempelajari tentang fiqih perempuan , yang menjelaskan mengenai hukum dan aturan dunia wanita.
  • Mengenal Darah Istihadhah dan Hukum bagi Wanita yang Mengalaminya
    Muslimah
    Sabtu, 10 September 2022 - 15:42 WIB
    Di sebagian kalangan muslimah, pasti pernah mengalami pendarahan atau keluar darah bukan pada saat masa haid atau nifas. Darah yang keluar itu disebut Istihadhah.
  • Keunikan Kaum Wanita dalam Pandangan Syariat
    Muslimah
    Rabu, 17 Agustus 2022 - 11:32 WIB
    Seorang wanita muslimah adalah wanita yang menjalankan syariat Islam yang terkandung dalam agama Islam.Karena itu, jika muslimah ingin selalu dengan Allah, maka dia harus berada dalam ketaatan.
  • Hukum Darah Istihadhah yang Penting Diketahui Kaum Muslimah
    Muslimah
    Senin, 15 Agustus 2022 - 14:32 WIB
    Darah istihadhah atau keluar darah bukan pada saat masa haid atau nifas, sering dialami sebagian kaum wanita. Atau diartikan bahwa istihadhah adalah darah yang keluar di luar waktu haid dan nifas.
  • Apakah Dagu Wanita Ketika Shalat Termasuk Aurat?
    Muslimah
    Kamis, 30 Desember 2021 - 18:30 WIB
    Apakah dagu wanita termasuk aurat ketika shalat atau tidak? Bagaimana sebenarnya batasan wajah perempuan dalam shalat ini? Bagaimana pula dalil-dalilnya?
  • 7 Penyebab Terhalangnya Wanita Masuk Surga
    Muslimah
    Selasa, 21 Desember 2021 - 17:19 WIB
    Imam Al Qurtubi dalam kitabnya Jahannam Ahwaluha wa Ahluha dan Adz Tadzkirah menjelaskan bahwa sedikitnya wanita yang masuk surga adalah hawa nafsu yang mendominasi pada diri mereka.
  • Hak dan Kewajiban Wanita dalam Masa Iddah
    Muslimah
    Sabtu, 04 Desember 2021 - 18:28 WIB
    Sebagaimana diketahui masa iddah, adalah masa tunggu bagi si istri untuk mengetahui kekosongan rahimnya, sekaligus masa di mana mantan pasangan suami istri bisa berpikir ulang dan rujuk kembali.
  • Inilah Hukum Asal Diperbolehkannya Wanita Bekerja
    Muslimah
    Minggu, 28 November 2021 - 08:23 WIB
    Hukum bekerja bagi wanita pada asalnya sama dengan laki-laki, ketika laki-laki diperbolehkan untuk berdagang dan berbisnis, wanita pun diperbolehkan untuk berdagang dan berbisnis.
  • Masa Iddah Meninggal Berapa Lama? Ini Dalil dan Aturannya
    Muslimah
    Senin, 08 November 2021 - 17:19 WIB
    Dalam Islam, masa iddah diwajibkan pada semua wanita yang berpisah dari suaminya dengan sebab talak, khulu (gugat cerai), faskh (penggagalan akad pernikahan) atau ditinggal mati.
  • 5 Amalan Wanita Haid yang Mendatangkan Pahala
    Muslimah
    Sabtu, 09 Oktober 2021 - 17:12 WIB
    Wanita yang tengah mengalami haid, dilarang melaksanakan shalat dan puasa. Akan tetapi masih boleh melakukan amalan lain yang dapat mendatangkan pahala
  • Beda Keputihan, Madzi, Wadi dan Mani Menurut Fiqih
    Muslimah
    Kamis, 23 September 2021 - 13:23 WIB
    Ada beberapa jenis cairan putih yang keluar dari organ kemaluan kaum wanita, yaitu keputihan, madzi, wadi dan mani. Di antara keempatnya memiliki perbedaan satu sama lain.