Kumpulan Artikel: Fiqih Perempuan

  • Awalnya Perempuan Ini Mengira Nabi Muhammad SAW Punya Sihir
    Hikmah
    Kamis, 21 Juli 2022 - 16:37 WIB
    Nabi SAW memerintahkan untuk mengambil kedua girbah airnya yang masih kosong, kemudian mengusap mulut kedua girbah air tersebut. Semua girbah dan bejana terisi penuh dengan air.
  • Bernazar Tak Ingin Hamil Lagi, Bagaimana Hukumnya?
    Muslimah
    Minggu, 04 April 2021 - 05:00 WIB
    Sebagaian kaum perempuan terutama seorang istri, memiliki rasa trauma ketika proses melahirkan. Kondisi itu, terkadang membuat mereka mengucapkan atau bernazar tak ingin hamil lagi.
  • Islam Pinggirkan Perempuan? Begini Jawaban Gus Baha
    Tausyiah
    Rabu, 24 Februari 2021 - 19:02 WIB
    Andaikan sejarah mencatat tentang siapa orang pertama yang beriman, secara mutlak--tidak melihat kelompok dan golongan--pasti yang muncul adalah nama perempuan, yakni Sayyidah Khadijah Kubro.
  • Inilah Mahram Bagi Wanita dari Jalur Nasab
    Tausyiah
    Minggu, 24 Januari 2021 - 09:16 WIB
    Mahram berasal dari kata haram yang artinya adalah orang-orang yang haram untuk dinikahi, baik keharaman itu bersifat selamanya maupun bersifat temporer.
  • Penjelasan Syaikh Utsaimin Tentang Cara Membedakan Darah Haid dan Istihadhah
    Muslimah
    Rabu, 23 Desember 2020 - 09:04 WIB
    Dalam kondisi tertentu, terkadang ada seorang muslimah yang tidak dapat membedakan antara datangnya darah haid atau darah istihadhah.Nah, berikut penjelasan Syaik Ibnu Utsaimin tentang hal tersebut.
  • Ternyata Perempuan Juga Mengalami Mimpi Basah. Bagaimana Hukumnya?
    Muslimah
    Minggu, 20 Desember 2020 - 06:12 WIB
    Banyak orang yang mengira bahwa mimpi basah kerapkali hanya terjadi pada kaum laki-laki. Padahal, kaum perempuan juga terkadang mengalami mimpi basah tersebut. Bagaimana hukumnya?
  • Karena Keistimewaannya, Perempuan Dianjurkan Belajar Ilmu Fiqih
    Muslimah
    Senin, 14 Desember 2020 - 19:24 WIB
    Adanya ilmu fiqih perempuan, tentu untuk dipelajari oleh setiap muslimah agar kehidupannya sesuai dengan syariat Islam. Kenapa harus dipelajari dan apa saja yang ada dalam bahasan ilmu fiqih perempuan ini?
  • Najiskah Jilbab Terkena Lumpur atau Tanah?
    Muslimah
    Minggu, 06 Desember 2020 - 08:46 WIB
    Jika badan najis maka disucikannya dengan berwudhu atau membersihkan badan yang terkena najis. Sedangkan jika najisnya ada di pakaian, maka pakaian wajib di cuci atau dibasuh dengan air
  • Tata Cara Mandi Haid Menurut Sunnah
    Muslimah
    Rabu, 11 November 2020 - 07:06 WIB
    Setelah selesai haid, perempuan muslimah diwajibkan bersuci kembali dengan cara yang lebih dikenal dengan sebutan mandi haid. Lantas, seperti apa tata cara mandi haid ini sesuai tuntunan sunnah?
  • Inilah Perawatan Diri Muslimah yang Disunnahkan
    Muslimah
    Jum'at, 06 November 2020 - 18:06 WIB
    Salah satu perawatan kecantikan pada unsur jasmani ini, ada beberapa sunnah yang bisa dilakukan kaum muslimah untuk menjaga kecantikan raga dan jasmaninya
  • Sebenarnya Darah itu Suci atau Najis?
    Muslimah
    Selasa, 03 November 2020 - 12:49 WIB
    Sebenarnya darah ini, termasuk suci atau najis? Hal ini penting diketahui kaum muslim, karena menyangkut masalah yang berkaitan dengan thaharah (bersuci).
  • Memotong Kuku dan Rambut Saat Haid, Bolehkah Dilakukan?
    Muslimah
    Senin, 26 Oktober 2020 - 13:08 WIB
    Banyak pemahaman di kalangan masyarakat terutama kalangan muslimah, bahwa orang yang tengah haid dilarang memotong kuku dan rambut karena akan dipertanggungjawabkan di hari kiamat kelak. Benarkah demikian?
  • Bolehkah Seorang Istri Menunda Kehamilan?
    Muslimah
    Minggu, 25 Oktober 2020 - 08:21 WIB
    Bagaimana sebenarnya menunda kehamilan dalam pandangan syariat? Lantas hukum mengkonsumsi pil KB atau memasang spiral guna mencegah kehamilan ini?
  • Mengenakan Pakaian Populer, Makruh atau Haram?
    Muslimah
    Minggu, 25 Oktober 2020 - 06:54 WIB
    Pakaian adalah perhiasan hidup manusia, dengan pakaian itu manusia akan tampak indah, rapi, menawan sehingga penampilan semakin mantap. Namun demikian, hal yang harus dihindari dalam berpakaian ialah pakaian syuhrah atau pakaian popularitas. Kenapa?
  • Mengenal Cairan Putih yang Keluar dari Kemaluan Perempuan, Manakah yang Najis?
    Muslimah
    Sabtu, 24 Oktober 2020 - 06:54 WIB
    Muslimah, seringkali kita menyebut cairan putih yang keluar dari kemaluan adalah keputihan. Ternyata ada beberapa jenis cairan putih yang biasa dialami kaum perempuan. Apa saja cairan putih ini dan bagaimana hukumnya menurut fiqih?
  • Dibalik Gayanya Ternyata Berbahaya
    Muslimah
    Selasa, 20 Oktober 2020 - 12:24 WIB
    Sepatu high heel atau wedges banyak digemari kaum perempuan termasuk kalangan muslimah. Nah, sebenarnya boleh tidak seorang muslimah memakai sepatu berjenis tinggi tersebut? Dan bagaimana hukumnya menurut syariat?
  • Mengganti Salat Usai Haid, Bagaimana Aturannya?
    Muslimah
    Sabtu, 17 Oktober 2020 - 09:23 WIB
    Bila puasa wajib, maka perempuan wajib mengganti atau mengqadha puasanya itu setelah haidnya selesai. Lalu bagaimana dengan ibadah salat, apalah perempuan haid wajib menggantinya juga?
  • Keluar Angin dari Vagina, Apakah Membatalkan Wudhu?
    Muslimah
    Selasa, 13 Oktober 2020 - 13:33 WIB
    Setelah wudhu, terkadang kita suka tiba-tiba keluar angin dari kemaluan. Pada kaum muslimah, biasanya angin atau gas tersebut keluar dari vagina. Apakah hal tersebut dapat membatalkan wudhu?
  • Jika Sulit Melahirkan, Coba Lakukan Amalan Sahabat Nabi Ini
    Tausyiah
    Minggu, 11 Oktober 2020 - 16:37 WIB
    Apabila di antara perempuan hamil kesulitan untuk melahirkan, ada baiknya melakukan amalan dari Ibnu Abbas dan Sayyyiina Ali radhiyallahu anhuma berikut.
  • Eksistensi Muslimah di Medsos, Bagaimana Hukumnya?
    Muslimah
    Jum'at, 09 Oktober 2020 - 12:00 WIB
    Medsos sudah menembus batas apa saja. Asal ada subjek dan gadget, maka setiap orang bakal tergoda untuk upload apa saja di sana. Tak terkecuali, kaum perempuan muslimah, yang menjadikan medsos sebagai alat untuk memamerkan eksistensinya.