Diamnya Perempuan di Rumah Adalah Tanda Kemuliaannya

Senin, 07 September 2020 - 13:54 WIB
loading...
Diamnya Perempuan di Rumah Adalah Tanda Kemuliaannya
Dengan tetap tinggal di rumahnya, perempuan bisa mendapatkan pahala yang banyak. Aktifitas hariannya di dalam rumah bisa bernilai pahala. Foto ilustrasi/ist
A A A
Seorang perempuan muslimah semestinya senantiasa selalu berada di dalam rumah. Hal ini karena di luar rumah banyak hal-hal yang menimbulkan bahaya bagi mereka, baik bagi dirinya, hartanya ataupun kehormatannya. Seorang perempuan yang semakin dia banyak di rumah, maka dia akan semakin mulia .

Allah Ta'ala berfirman :

وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَى

“Dan hendaklah kalian tetap berada di dalam rumah-rumah kalian dan janganlah kalian berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah terdahulu.” (QS Al Ahzab: 33)

(Baca juga : Kesalahan Fatal yang Sering Terjadi Tentang Khalwat )

Inilah ayat yang telah terjabarkan dalam Al-Qur’an yang dikhususkan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala hanya untuk kaum perempuan. Menurut Ustadz Ahmad Zainuddin Lc, pengaturan agama yang agung ini dan juga pemberian bimbingan yang penuh berkah adalah bimbingan yang datang dalam al-Qur’an atau hadis-hadis Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang khusus untuk perempuan muslimah .

Apabila seorang perempuan muslimah berpegang teguh dengan syariat Islam ini, maka akan terealisasi untuknya keberuntungan, kebahagiaan, penjagaan, ketinggian derajat di dunia dan di akhirat.

"Ini yang harus kita pahami baik-baik, terutama untuk para perempuan. Sehingga kita tidak merasa tertekan dengan agama ini, agar kita tidak merasa sempit dengan agama ini, agar kita tidak merasa berat dengan agama ini. Kita senantiasa semangat bahkan sangat semangat untuk menegakkan syariat Islam dalam diri seorang perempuan muslimah,"ungkap Ustadz Ahmad, dalam uraian ceramahnya melalui channel Rodja Jakarta, pekan lalu.

(Baca juga : Ingin Aura Kecantikanmu Terpancar? Yuk, Lakukan Amalan Ini! )

Apabila seorang perempuan muslimah berpegang teguh dengan adab-adab dan bimbingan-bimbingan yang ada dalam agama Islam, maka tidak ada yang perempuan muslimah dapatkan kecuali kebahagiaan, keberuntungan, penjagaan kesucian dan kehormatan , juga ketinggian derajat di dunia dan di akhirat.

Ustadz Ahmad menilai, jika seorang perempuan muslimah diberi petunjuk oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala dan lapang dadanya untuk berpegang teguh dengan adab-adab Islam dan hukum-hukum Islam, maka niscaya dia akan bahagia, dia akan selamat, dan masyarakat pun selamat dari tergoda dengan perempuan tersebut. Karena yang namanya perempuan adalah godaan yang menghantarkan kepada keburukan. (Baca juga : Manfaat dan Keutamaan Do'a yang Jarang Diperhatikan )

(Baca juga : Tanya BLT, Wanita 36 Tahun Dianiaya Istri Ketua RT )


Bahkan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda dalam hadis yang shahih:

مَا تَرَكْتُ بَعْدِي فِتْنَةً أَضَرَّ عَلَى الرِّجَالِ مِنَ النِّسَاءِ

“Aku tidak pernah tinggalkan godaan apapun yang paling berbahaya bagi para lelaki dibandingkan perempuan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Subhanallah. Seandainya kaum muslimah mengerjakan syariat Islam, maka niscaya dia akan selamat dan masyarakat sekitarnya pun akan selamat. Hal ini karena Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menjelaskan bahwasanya godaan paling berat dan paling berbahaya bagi para lelaki adalah perempuan. (Baca juga : Jangan Tanya Lagi Ya, BLT Rp600 Sudah Pasti Diperpanjang Tahun Depan )

Karena itu, sebaik-baiknya seorang perempuan adalah dengan tetap tinggal di rumahnya. Bahkan dengan tetap tinggal di rumahnya, perempuan bisa mendapatkan pahala yang banyak. Aktifitas hariannya di dalam rumah bisa bernilai pahala.

Diriwayatkan dari Anas bin Malik, dia mengatakan,

“Seorang perempuan datang menemui Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam kemudian berkata, “Wahai Rasulullah, laki-laki memiliki keutamaan dan mereka juga berjihad di jalan Allah? Apakah bagi kami kaum wanita bisa mendapatkan amalan orang yang jihad di jalan Allah? Rasulullah bersabda, “Barang siapa di antara kalian yang tinggal di rumahnya maka dia mendapatkan pahala mujahid di jalan Allah,”

(Baca juga : Tersangkut Hukum, 131 WNI Dideportasi dari Malaysia )

Wallahu A'lam
(wid)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3112 seconds (11.252#12.26)