Manfaat dan Keutamaan Do'a yang Jarang Diperhatikan

Minggu, 06 September 2020 - 19:22 WIB
loading...
Manfaat dan Keutamaan Doa yang Jarang Diperhatikan
Tidak ada alasan lagi untuk tidak memperbanyak doa kepada Allah. Bahkan, dengan berdoa kita mendapatkan beberapa keutamaan dari Allah Taala. Foto ilutrasi/ist
A A A
Dalam Islam, setiap muslim dianjurkan untuk selalu memanjatkan doa agar segala keinginannya dikabulkan oleh Allah Ta'ala. Doa mempunyai artian membaca , meminta dan memohon pertolongan Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Disadari atau tidak, berdoa termasuk ibadah yang tidak butuh tenaga dan biaya. Tinggal menengadahkan kedua tangan, lalu meminta sesuka hatinya kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Cukup itu saja, terlepas nanti dikabulkan sesuai dengan permintaannya atau tidak, itu bukan urusan seorang hamba .

(Baca juga : Haruskah Menunggu Hidayah Dulu untuk Berhijab ? )

Intinya Allah Ta'ala menyuruh untuk berdoa dan berjanji akan mengabulkan doa-doa hamba-Nya. Allah Ta'ala berfirman:

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِى عَنِّى فَإِنِّى قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ ٱلدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا۟ لِى وَلْيُؤْمِنُوا۟ بِى لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

"Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, Maka (jawablah), bahwasanya aku adalah dekat. aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.(Qs. Al-Baqarah : 186)

juga firman Allah Ta'ala :

وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِى سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

"Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam Keadaan hina dina”. (Qs. Al-Mukmin : 60)

(Baca juga : Inilah Obat Penyakit Hati Perempuan )

Berdoa juga termasuk hal yag sangat mulia. Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

لَيْسَ شَيْءٌ أَكْرَمُ عَلَى اللهِ تَعَالَى مِنَ الدُّعَاءِ

"Tidak ada yang lebih mulia di sisi Allah Swt. daripada doa. (HR. Tirmidzi)

Tidak ada alasan lagi untuk tidak memperbanyak doa kepada Allah. Bahkan, dengan berdoa kita mendapatkan beberapa keutamaan dari Allah Ta'ala. Manfaat dan keutamaan doa ini, seringkali diabaikan atau jarang diperhatikan. Padahal dengan mengetahui keutamaan doa, tentu nanti kita akan lebih khusuk dalam menjalankannya.

(Baca juga : Perempuan Ahli Surga Pandai Menjaga Lisannya )

Menurut Syekh Kholid Al-Husainan dalam kitab 'Aktsaru min Alfi Da’wah f al-Yaumi wa al-Laili', doa memiliki keutamaan, di antaranya :

1. Do’a adalah ibadah dan salah satu bentuk ketaatan kepada Allah

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

اَلدُّعَاءُ هُوَ الْعِبَادَةُ

"Berdoa adalah termasuk bagian dari ibadah" (HR. Abu Daud)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2208 seconds (0.1#10.140)