Dari Banyak Rezeki Ternyata Ini Paling Sempurna, Apakah Itu?

loading...
Dari Banyak Rezeki Ternyata Ini Paling Sempurna, Apakah Itu?
Ulama besar kelahiran Mesir, Syeikh Prof Muhammad Mutawalli asy-Syarawi (1911-1998). Foto/Ist
Tak dapat dipungkiri sebagian besar manusia menginginkan rezeki yang banyak dan melimpah. Ketika memiliki rumah dan mobil, masih saja menginginkan yang lain. Ketika punya harta dan simpanan, tetap saja ingin menambahnya. Manusia seakan-akan tidak pernah puas dengan hartanya.

(Baca Juga: Menag Tegaskan Penceramah Tak Bersertifikat Tetap Diperbolehkan)

Rezeki hanya diukur dengan materi dan harta semata. Banyak di antara manusia lupa hakikat rezeki yang sesungguhnya. Rasulullah SAW pun mengingatkan hal ini dalam salah satu hadisnya. Beliau SAW bersabda:

لَوْ أَنَّ لاِبْنِ آدَمَ وَادِيًا مِنْ ذَهَبٍ أَحَبَّ أَنْ يَكُونَ لَهُ وَادِيَانِ ، وَلَنْ يَمْلأَ فَاهُ إِلاَّ التُّرَابُ ، وَيَتُوبُ اللَّهُ عَلَى مَنْ تَابَ



"Seandainya seorang anak Adam memiliki satu lembah emas, tentu ia menginginkan dua lembah lainnya, dan sama sekai tidak akan memenuhi mulutnya (merasa puas) selain tanah (yaitu setelah mati) dan Allah menerima tobat orang-orang yang bertobat." (HR. Al-Bukhari dan Muslim). (Baca Juga: Kisah Imam Malik dan Imam Syafi'i Tertawa Menyikapi Rezeki)

Kita patut bersyukur bahwa Allah Ta'ala dengan sifat Maha kasih-Nya melimpahkan banyak nikmat dan rezeki kepada manusia. Ada banyak macam rezeki seperti harta benda, kesehatan badan dan ruhani, anak yang saleh, teman yang baik. Semua itu adalah rezeki yang wajib disyukuri. Lalu, apa sebenarnya rezeki yang paling sempurna?

Berikut kalam ulama besar kelahiran Mesir, Syeikh Prof Muhammad Mutawalli asy-Sya'rawi (1911-1998). Beliau berkata:



المَالُ هُوَ أَدْنَى دَرَجَاتِ الرِّزْقِ
و العَافِيَةُ أَعْلَى دَرَجَاتِ الرِّزْقِ
و صَلَاحُ الأَبْنَاءِ أَفْضَلُ أنْوَاعِ الرِّزْقِ
و رِضَا رَبِّ العَالَمِينَ فَهُوَ تَمَامُ الرِّزْقِ
halaman ke-1 dari 2
cover top ayah
وَاِنَّهٗ لَتَذۡكِرَةٌ لِّلۡمُتَّقِيۡنَ
Dan sungguh, Al-Qur'an itu pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa.

(QS. Al-Haqqah:48)
cover bottom ayah
preload video