Waspada Ghibah Model Ini! Tanpa Disadari Kita Sering Melakukannya

Rabu, 09 September 2020 - 13:40 WIB
loading...
A A A
Setiap kali ada orang yang menyebutkan kebaikan saudaranya, diapun berusaha untuk menjatuhkannya dengan menyebutkan kekurangan-kekurannya. Orang seperti ini telah terjurumus ke dalam dua dosa besar sekaligus; dosa ghibah dan dosa hasad.

5. Menyebutkan kekurangan orang lain, untuk dijadikan bahan candaan

Dia sebutkan aib-aib saudaranya, supaya orang-orang tertawa. Dan lebih parah lagi, bila yang dijadikan bahan candaan adalah kekurangan guru atau ustadznya.

(Baca juga : Polisi Selidiki Paguyuban yang Ubah Lambang Negara dan Cetak Uang Sendiri )

6. Terkadang ghibah juga muncul dalam bentuk ucapan keheranan

Sebenarnya ada terselebung motif menjatuhkan kedudukan orang lain. Semisal ucapan,”saya heran sama dia.. dari tadi dijelaskan oleh ustadznya tapi tidak faham-faham.” atau ucapan lainnya yang semisal.

7. Mengumpat dengan ungkapan yang seakan-akan mengesankan rasa kasihan

Orang yang mendengarnya menyangka bahwa dia sedang merasa kasihan dengan orang yang ia maksudkan. Padahal sejatinya dia sedang mengumpat saudaranya. Seperti ucapan,” Saya kasihan sama dia. Sudah miskin, tapi tidak mau ikut gotong royong. Kalau ada pengajian juga nda’ pernah datang.. dan seterusnya”

8. Mengumpat saat sedang mengingkari suatu maksiat

Seperti perkataan seorang ketika melihat anak-anak muda yang sedang main gitar di poskamling, “Kalian ini masih muda. Gunakanlah waktu kalian untuk hal-hal yang bermanfaat dan produktif. Supaya masa depan kalian lebih cerah, dan kalian bisa memetik buah manisnya nanti di masa tua. Jangan seperti anaknya pak lurah itu, kerjaannya hanya main kartu, gitaran, minum-minuman….” atau ucapan yang semisal.

(Baca juga : Demokrat Nilai Penundaan Proyek IKN Keputusan Bijak )

Demikianlah beberapa praktek ghibah yang sering terjadi dan tidak disadari. Semoga Allah ‘azza wa jalla menyelamatkan kita dari dosa tersebut. Aamiin.

Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2573 seconds (0.1#10.140)