Di Rumah Tak Menghalangi Perempuan Tetap Produktif

Kamis, 10 September 2020 - 06:42 WIB
loading...
A A A
Langkah-langkah Agar Tetap Produktif

Agar perempuan muslimah tetap produktif di rumah, ada banyak langkah yang bisa dilakukan. Tidak melulu, produktif berarti harus menghasilkan materi, tetapi produktif juga bisa diartikan terus mendapatkan pahala dan keberkahan. Dirnagkum dari berbagai sumber, inilah langkah yang dapat dilakukan perempuan muslimah agar senantiasa produktif di rumah, antara lain :

1. Bertakwa kepada Allah

Ketakwaannya kepada Allah Ta’ala tentu sudah mendapatkan balasan di sisi Allah karena niatnya untuk ketaatan. Karena itu, setiap muslimah yang tetap di rumah, luruskan niat dan jujur kepada Allah bahwa kita memang ingin pengoptimalkan waktu untuk kebaikan. Dimanapun kita berada, mintalah keberkahan kepada Allah untuk setiap aktivitas. Diantara tanda keberkahan waktu adalah Allah jauhkan kita dari aktivitas yang sia-sia.

Ruang gerak bisa terbatas, tapi jalan mendapatkan pahala Allah terbuka sangat luas dengan porsi yang sama bagi muslim maupun muslimah.

(Baca juga : Bahlil Bikin Syarat, Investasi di RI Wajib Gandeng Pengusaha Lokal )

2. Memperbanyak zikir

Banyaknya aktivitas dan pekerjaan rumah, kadang membuat muslimah lelah dan bosan. Salah satu obat mujarabnya adalah dengan memperbanyak zikir kepada Allah. Dzikir akan menyejukkan hati dan mendatangkan ketenangan.

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

“(yaitu) Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan berdzikir (mengingat) Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tentram.” (QS. Ar-Ra’du : 28).

3. Menyibukkan diri dengan ilmu

Menuntut ilmu adalah kewajiban setiap muslim dan muslimah. Dengan mudahnya akses belajar saat ini, muslimah bisa menuntut ilmu di rumahnya. Ia bisa belajar melalui rekaman kajian, membaca buku-buku bermanfaat dan mengkajinya.

(Baca juga : Kasus COVID-19 Tembus 200 Ribu, Ganjar Minta Even Kumpulkan Orang Dibatasi )

Sebagian muslimah lalai dari kesungguhan menuntut ilmu, sehingga kita dapati muslimah yang semangat beramal tanpa ilmu. Ia menyangka telah mendekatkan diri kepada Allah, padahal amalnya jauh dari apa yang Allah perintahkan melalui Rasul-Nya.

4. Miliki hobi yang bermanfaat

Banyak hobi positif yang dilakukan di rumah sehingga muslimah merasa bermanfaat dan tidak bosan. Misalnya menulis, membaca dan menelaah buku, menjahit, berkebun, mengajar, dan lainnya. Tentu waktu dan porsinya disesuikan dengan keluangan setiap muslimah dan tidak mengganggu kewajibannya kepada Allah, Rasul-Nya, suami maupun keluarganya.

5. Mendidik anak-anak

Rumah adalah madrasah pertama setiap manusia. Wanita dengan perannya sebagai ibu akan menjadi guru pertama untuk anak-anaknya. Seorang ibu yang sadar akan peran dan pengaruhnya kepada anak-anaknya akan berusaha membangun pondasi yang kokoh untuk madrasahnya sehingga anak-anaknya tumbuh menjadi anak-anak yang shalih dan muslih. Anak yang saleh akan menjadi investasi berharga bagi orangtuanya.

(Baca juga : Pasien COVID-19 yang Dirawat Menderita Kerusakan Paru 3 Bulan Setelah Pemulihan )

Apa yang ia tanamkan kepada anaknya berupa ilmu, adab dan akhlak mulia akan akan menghasilkan banyak pahala, yaitu pahala mendidik anak, pahala berdakwah dan pahala jariah jika sang anak mengamalkannya. Mendidik dan merawat buah hati sudah cukup membuat muslimah produktif di dalam rumahnya dengan berbagai aktivitas mendidik dan belajar.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1264 seconds (0.1#10.140)