Inilah Buah dan Keutamaan Sikap Tawakkal

Sabtu, 12 September 2020 - 07:49 WIB
loading...
A A A
Namun, lain halnya dengan orang yang bertawakkal, bila belum memuaskan seperti yang dia harapkan, maka dia akan berusaha lagi dengan usaha yang lebih maksimal. Dapat dipahami bahwa bila pekerjaan atau usaha dirinya sendiri saja sudah tidak dihargai, bagaimana mungkin dia bisa menghargai pekerjaan orang lain, apalagi bila pekerjaan itu tidak mencapai hasil yang diinginkannya.

(Baca juga : Tanah Abang, Warisan Pusat Kulakan Termegah )

5. Dicintai Allah Ta'ala

Hamba yang bertawakal akan dicintai oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Allah subhanahu wa ta’ala akan menyayanginya. Dan apabila seorang hamba telah disayangi oleh Allah, maka Allah akan selalau bersamanya dan menyertainya didalam setiap gerak langkahnya. Allah akan melindunginya dan menolongnya. Allah akan menjauhkannya dari bahaya.

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِّنَ اللَّـهِ لِنتَ لَهُمْ ۖ وَلَوْ كُنتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ ۖ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِي الْأَمْرِ ۖ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّـهِ ۚ إِنَّ اللَّـهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ ﴿١٥٩﴾

“Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.” (QS. Ali-Imran: 159)

(Baca juga : Kehidupan Urban di Masa Next Normal )

Manfaat Tawakkal

Dalam riwayat Islam, tawakkal sudah dijunjung tinggi sebagai tanda yang jelas dari seorang yang beriman, takwa dan berserah mutlak pada Allah. Hanya mereka yang menikmati hubungan sejati dengan Allah dapat selalu percaya pada-Nya, dalam kondisi apapun di seluruh kehidupannya.

Seseorang yang bertawakkal pada Allah kesuksesannya di dunia dan di akhirat terjamin olehNYA, tidak peduli apapun kesulitannya yang dialami di kehidupannya atau seberapa dahsyatnya kekuatan musuh yang dihadapinya.

(Baca juga : PSBB DKI, Kemenag Tegaskan Layanan Nikah Tetap Berjalan )

Orang yang bertawakal kepada Allah Ta'ala, akan senantiasa mempertimbangkan dan merencanakan setiap pekerjaannya diserahkan kepada kehendak Allah SWT. Oleh karena itu, orang yang bertawakal akan memperoleh banyak hikmah, di antaranya:

1. Setiap urusan akan terencana dengan baik dan matang
2. Mendapatkan ketenangan hati
3. Bersikap optimistis
4. Menyadari keagungan Allah dan keterbatasan usaha manusia

Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6037 seconds (0.1#10.140)