Kumpulan Artikel: Akhlak Terpuji

  • Perintah Tegas Menjaga Amanah dalam Surat Al Mukminun Ayat 8
    Hikmah
    Kamis, 18 Januari 2024 - 05:15 WIB
    Dalam Al Quran surat Al Muminun ayat 8, Allah Subhanahu wa taala memerintahkan tentang menjaga amanah. Segala amanah harus dapat dikerjakan dengan sebaik-baiknya.
  • 12 Kriteria Akhlak Terbaik Muslimah yang Penting Diamalkan
    Muslimah
    Kamis, 09 November 2023 - 14:16 WIB
    Akhlak terbaik seorang muslimah sudah diberitahukan didalam Al Quran dan hadis. Namun, ada baiknya seorang muslimah kembali mengenal atau mempelajari adab-adab dan akhlak yang seharusnya ada dalam diri mereka.
  • Akhlak Muslim Terbaik Selalu Tersenyum dan Berlapang Dada
    Hikmah
    Sabtu, 04 November 2023 - 05:15 WIB
    Seorang muslim disunahkan untuk senantiasa tersenyum, menjaga emosi dari marah, dan selalu berlapang dada, dan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam sebaik-baiknya akhlak dan pribadi muslim ini.
  • Pentingnya Rasa Percaya Diri dan Dalilnya dalam Islam
    Tausyiah
    Senin, 23 Oktober 2023 - 10:53 WIB
    Dalam Islam, ternyata sangat penting seorang muslim itu mempunyai rasa kepercayaan diri yang baik. Sebab, kepercayaan diri ini adalah salah satu sifat orang yang bertakwa
  • Sifat Qanaah: Arti, Ciri dan Contohnya
    Tausyiah
    Sabtu, 23 September 2023 - 07:00 WIB
    Sifat qanaah adalah karakteristik yang mengacu pada sikap manusia untuk menerima dan puas dengan apa yang dimilikinya, tanpa merasa terus-menerus ingin memiliki lebih atau mencari kekayaan yang berlebihan.
  • Pentingnya Sikap Qanaah, Begini Dalilnya
    Muslimah
    Jum'at, 05 Mei 2023 - 09:54 WIB
    Setiap muslim hendaknya memiliki sikap qanaah dan penting ditanamkan dalam hati, yaitu hati yang selalu merasa cukup. Ini dalil dan perintahnya dalam hadis Nabi SAW.
  • Syaikh Aidh Al Qorni : Sosok Muslim yang Humoris Lebih Mudah Sukses
    Tausyiah
    Kamis, 04 Mei 2023 - 11:02 WIB
    Banyak ulama yang berpendapat bahwa tawa dan senyum adalah salah satu sebab yang paling kuat yang membuat manusia agar lebih efektif dan produktif. Bahkan Imam Ibnul Jauzi (fuqaha, ahli ibadah) berkata bahwa para ulama yang mulia selalu senang dengan humor.
  • 5 Manfaat Memiliki Sifat Qanaah, Nomor 2 Selalu Beruntung dalam Hidup
    Tips
    Jum'at, 23 September 2022 - 19:25 WIB
    Dalam Islam, sifat qanaah berarti selalu merasa cukup atas rezeki dan segala nikmat yang telah Allah berikan. Qanaah adalah ridho dengan ketetapan Allah Taala dan berserah diri pada keputusan-Nya yaitu segala yang dari Allah itulah yang terbaik.
  • Inilah Ciri-ciri Pribadi Muslimah yang Tawadhu
    Muslimah
    Kamis, 12 Mei 2022 - 12:33 WIB
    Tawadhu adalah ridho jika dianggap mempunyai kedudukan lebih rendah dari yang sepantasnya. Tawadhu merupakan sikap pertengahan antara sombong dan melecehkan diri.
  • 3 Sifat Malu yang Perlu Ada dalam Diri Setiap Muslim
    Muslimah
    Kamis, 31 Maret 2022 - 18:33 WIB
    Benteng pertahanan bagi seluruh akhlak manusia adalah sifat malu. Sifat ini, merupakan keutamaan yang agung dan karenanya perilaku manusia menjadi terarah. Ia adalah pagar yang melindungi tatanan nilai dan moral.
  • Doa agar Selalu Bersikap Tawadhu dan Dijauhkan dari Sifat Sombong
    Tips
    Jum'at, 18 Februari 2022 - 09:04 WIB
    Doa agar selalu bersikap tawadhu dan dijauhkan dari sifat sombong sangat dianjurkan bagi setiap muslim. Karena sikap tawadhu merupakan sikap terpuji, dan salah satu sifat ibaadur Rahman.
  • Sikap Tawadhu Cerminan Pribadi Muslimah, Ini Keutamaannya
    Muslimah
    Minggu, 16 Januari 2022 - 15:35 WIB
    Tawadhu adalah sifat yang amat mulia, namun sedikit orang yang memilikinya. Ia adalah hati yang ikhlas, memperuntukkan ibadah hanya kepada Allah semata tidak ada sekutu bagi-Nya.
  • 4 Sifat Wajib dan 4 Sifat Mustahil Rasul, Juga Memiliki Sifat Jaiz
    Hikmah
    Sabtu, 25 Desember 2021 - 08:49 WIB
    Sifat mustahil, yaitu sifat yang tidak mungkin dimiliki oleh rasul sebab mereka adalah orang pilihan yang terjaga, terpelihara, atau terhindar dari dosa (masum).
  • Begini Cara Ulama Salaf Menyikapi Istri yang Durhaka
    Muslimah
    Selasa, 29 Juni 2021 - 15:23 WIB
    Salah satu ujian bagi para suami adalah ketika memiliki istri durhaka yang punya perangai buruk. Namun, bagi para salafus saleh, mereka punya cara sendiri menyikapinya.
  • 23 Akhlak Nabi Muhammad yang Menakjubkan Layak Diteladani
    Tausyiah
    Kamis, 18 Februari 2021 - 05:00 WIB
    Tak ada manusia yang dalam dirinya tersimpan kesempurnaan kecuali ada pada diri Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Berikut 23 akhlak beliau yang patut kita teladani.
  • Berlemah Lemah Lembut Kepada Perempuan adalah Akhlak yang Mulia
    Muslimah
    Selasa, 05 Januari 2021 - 09:00 WIB
    Termasuk akhlak yang dipuji Rasulullah Shallahu alaihi wa aallam adalah akhlak sesorang laki-laki kepada perempuan. Rasulullah senantiasa memberikan wasiat agar berbuat baik kepada kaum perempuan.
  • Kenikmatan-kenikmatan dari Buah Sifat Qanaah
    Muslimah
    Jum'at, 18 Desember 2020 - 19:25 WIB
    Konsep hidup qanaah, yaitu selalu merasa cukup atas rezeki dan segala nikmat yang telah Allah berikan. Qanaah adalah ridho dengan ketetapan Allah Taala dan berserah diri pada keputusan-Nya yaitu segala yang dari Allah itulah yang terbaik.
  • Jadikan Sifat Tawadhu sebagai Modal Kebahagiaan
    Muslimah
    Selasa, 01 Desember 2020 - 05:21 WIB
    Orang yang tawadhu akan memancarkan cahaya keakraban, kehangatan, dan keindahan. Kepribadiannya akan cemerlang dan menjadi magnet bagi datangnya kebaikan dari sekelilingnya.
  • Inilah Sebaik-baiknya Akhlak Seorang Istri
    Muslimah
    Rabu, 04 November 2020 - 17:34 WIB
    Menjadikan Rasulullah Shallalahu alaihi wa sallam dan istri-istrinya sebagai suri teladan kehidupan bukan terbatas pada amal ibadah saja seperti salat, puasa, dan ibadah lainnya, melainkan semua tindakan dan amal perbuatan setiap hari kaum muslim.
  • Amanah, Tanda-tanda Iman Seorang Mukmin
    Muslimah
    Rabu, 14 Oktober 2020 - 08:00 WIB
    Sebagai muslim, kita diajarkan untuk menjaga amanah yang kita terima dari orang lain. Bahkan, Islam mewajibkan kita untuk memelihara amanah, yaitu dengan bersikap jujur dan bisa dipercaya.