99 Asmaul Husna dan Artinya, Siapa yang Menghafalnya Diganjar Surga

loading...
99 Asmaul Husna dan Artinya, Siapa yang Menghafalnya Diganjar Surga
Asmaul Husna adalah nama-nama atau sebutan gelar Allah Taala yang baik dan agung sesuai sifat-sifat-Nya. Foto/Ist
Allah (الله) 'Azza wa Jalla memiliki nama-nama yang indah. Nama Allah yang agung dan mulia ini disebut Asmaul Husna (الأسماء الحسنى). Asma artinya nama dan husna berarti baik atau indah. Secara umum, Asmaul Husna adalah nama-nama atau sebutan gelar Allah Ta'ala yang baik dan agung sesuai sifat-sifat-Nya.

Dalam Hadis disebutkan bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:

إنَّ لِلَّهِ تِسْعَةً وَتِسْعِينَ اسْمًا مِائَةً إِلَّا وَاحِدًا مَنْ أَحْصَاهَا دَخَلَ الْجَنَّةَ

"Sesungguhnya Allah memiliki sembilan puluh sembilan nama, seratus kurang satu, siapa yang menghafalnya pasti masuk surga." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)



Para ulama salaf berpendapat nama Allah bisa melebihi 99 nama yang agung. Bahkan Imam Nawawi rahimahullah menyebutkan bahwa nama Allah tidak terbatas jumlahnya sebagaimana disebutkan dalam kitab Syarh Shahih Muslim. (Baca Juga: 4 Keutamaan Asmaul Husna yang Tidak Banyak Diketahui Orang)

Allah ialah lafaz Maha Mulia yang merupakan nama dari Zat Ilahi yang Maha Suci. Lafaz ini disebut juga lafaz Jalalah, dan juga disebut Ismu Zat. Yaitu Zat yang menciptakan langit, bumi dan seisinya. Dan Dialah Tuhan seru sekalian alam. Allah berfirman dalam satu ayat-Nya:

"Kalau sekiranya Kami turunkan Al-Qur'an ini kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah disebabkan ketakutannya kepada Allah. Dan perumpamaan-perumpamaan itu Kami buat untuk manusia supaya mereka berfikir. (Surat Al-Hasyr Ayat 21)



Berikut 99 Nama ALLAH (Asmaul Husna) dan Maknanya:
halaman ke-1 dari 12
cover top ayah
صِرَاطِ اللّٰهِ الَّذِىۡ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الۡاَرۡضِ‌ؕ اَلَاۤ اِلَى اللّٰهِ تَصِيۡرُ الۡاُمُوۡرُ
(Yaitu) jalan Allah yang milik-Nyalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Ingatlah, segala urusan kembali kepada Allah.

(QS. Asy-Syura:53)
cover bottom ayah
preload video