4 Keutamaan Asmaul Husna yang Tidak Banyak Diketahui Orang

loading...
4 Keutamaan Asmaul Husna yang Tidak Banyak Diketahui Orang
4 Keutamaan Asmaul Husna yang Tidak Banyak Diketahui Orang
Rukun imanyang paling utama dan pokok adalah percaya dan yakin (beriman) kepada Allah Ta'ala dan iman kepada Hari Akhir. Sedangkan iman kepada Malaikat, kepada Kitab Suci, kepada Rasul, kepada Qadha dan Qadar akan mengikuti iman yang pokok tersebut.

Ustaz Muhammad Subkhi Al-Bughury menyampaikan pesan tersebut saat mengisi tausiyahdi Masjid Raya Bani Umar, Tangerang Selatan. Dalam ceramahnya, Ustaz Subkhi juga menjelaskan keutamaan Asmaul Husna.

Allaah Ta'ala memiliki 99 nama-nama yang indah, mulia dan agung yang disebut dengan Asmaul Husna. Bagi setiap muslim wajib mengenal dan mengagungkan nama-nama Allah dalam Asmaul Husna.
4 Keutamaan Asmaul Husna yang Tidak Banyak Diketahui Orang

Adapun Keutamaan dari Asmaul Husna

1. Sebagai Asbab (Sebab) Seorang Masuk Surga.
Rasulullah SAW bersabda:
إِنَّ للهِ تِسْعَةُ وَ تِسْعِيْنَ اسْمًا مَنْ أحْصَاهَا دَخَلَ الجَنَّة
"Sesungguhnya Allah Ta'ala memiliki 99 nama. Barang siapa menghafalnya akan masuk surga." (HR. Al-Bukhari)



2. Menjadikan Kita Mengenal Allah Ta'ala.
Salah satunya diwakili dengan membaca Surat Al-lkhlas, karena di dalamnya banyak terdapat Nama-nama Allah Ta'ala.
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ (1) اَللّٰهُ الصَّمَدُۚ (2) لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْۙ (3) وَلَمْ يَكُنْ لَّهٗ كُفُوًا اَحَدٌ (4)
"Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa. Allah tempat meminta segala sesuatu. (Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia." (QS. Al-Ikhlas)

3. Mengenal Asmaul Husna sebagai Dasar Ibadah.
Dalam melakukan ibadah, perbanyaklah menyebut Asmaul Husna.
فَاعْلَمْ أَنَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا اللَّهُ وَاسْتَغْفِرْ لِذَنْبِكَ وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مُتَقَلَّبَكُمْ وَمَثْوَاكُمْ
"Maka ketahuilah, bahwa sesungguhnya tidak ada Ilah (sesembahan, Tuhan) selain Allah dan mohonlah Ampunan bagi dosamu dan bagi (dosa) orang-orang mukmin, laki-laki dan perempuan. Dan Allah mengetahui tempat kamu berusaha dan tempat kamu tinggal." (QS. Muhammad: 19)

4. Sebab Dikabulkannya Do'a.
Ketika membaca doa, sebutkan Asmaul Husna terlebih dahulu.
وَلِلَّهِ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَىٰ فَادْعُوهُ بِهَا ۖ وَذَرُوا الَّذِينَ يُلْحِدُونَ فِي أَسْمَائِهِ ۚ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ
"Hanya milik Allah Asmaaul Husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut Asmaaul Husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan." (QS. Al A'raf: 180)



Demikian keutamaan Asmaul Husna, semoga kita temasuk hamba yang senantiasa mengagungkan-Nya dan memperbanyak menyebut nama-Nya yang Agung dan mulia.

(akn)
cover top ayah
اَللّٰهُ الَّذِىۡۤ اَنۡزَلَ الۡكِتٰبَ بِالۡحَقِّ وَالۡمِيۡزَانَ‌ؕ وَمَا يُدۡرِيۡكَ لَعَلَّ السَّاعَةَ قَرِيۡبٌ
Allah yang menurunkan Kitab (Al-Qur'an) dengan (membawa) kebenaran dan neraca (keadilan). Dan tahukah kamu, boleh jadi hari Kiamat itu sudah dekat?

(QS. Asy-Syura:17)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video