Para Ulama Apabila Hendak Tidur Badan Mereka Gemetar, Apa Sebab?

loading...
Para Ulama Apabila Hendak Tidur Badan Mereka Gemetar, Apa Sebab?
Ustaz Miftah el-Banjary, Dai yang juga pakar ilmu linguistik Arab dan Tafsir Al-Quran asal Banjar Kalimantan Selatan. Foto/Ist
Ustaz Miftah el-Banjary
Pakar Ilmu Linguistik Arab dan Tafsir Al-Qur'an

Dulu, para ulama setiap kali menjelang tidur, badan mereka gemetar, jantung berdegup kencang, keringat dingin membasahi tubuh mereka. Apa sebab?

Mereka selalu teringat pesan salafus shalih (ulama terdahulu yang saleh), "An-Naum akhul maut (tidur itu saudaranya kematian)." Ini juga Hadis shahih yang diriwayatkan Imam at-Thabrani. (Baca Juga: Ada Saatnya Waktu itu Habis, Nafas Kita kembali ke Pemilik-Nya)

Orang-orang saleh selalu gemetar mengingat tentang kematian. Dan hal yang paling terdekat dengan jarak kematian adalah tidur. Sebab, tidur itu sudah memasuki tahap fase kematian sementara.



Artinya, jika sewaktu tidur nafas itu keluar tidak masuk lagi atau nafas masuk tidak keluar lagi, di sanalah potensi kematian itu bisa terjadi. Apakah mereka takut mati? Tidak! Para ulama itu takut mati.

(Baca Juga: Hari Ini, Pasien COVID-19 Sembuh Tambah 3.501 Orang)

Mereka hanya khawatir amal mereka sedikit. Salat masih banyak yang kurang sempurna. Bacaan Al-Qur'an belum seberapa. Salawat belum apa-apa. Sedekah belum terkira. Amal saleh nilainya masih banyak yang riya dan sia-sia. Sementara jatah umur telah habis koutanya.



Jika dulu para ulama, setiap kali menjelang tidur mereka khawatir kematian datang tiba-tiba tanpa mereka siap dengan amal kebaikan, hari ini ironis banyak orang menjelang tidur berpikir bagaimana mematikan karier orang lain agar ikut mati. (Baca Juga: 3 Musibah Bagi Umat yang Menjauhi Ulama)
halaman ke-1 dari 2
cover top ayah
كُلُّ نَفۡسٍ ذَآٮِٕقَةُ الۡمَوۡتِ‌ؕ وَنَبۡلُوۡكُمۡ بِالشَّرِّ وَالۡخَيۡرِ فِتۡنَةً‌  ؕ وَاِلَيۡنَا تُرۡجَعُوۡنَ
Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan kamu akan dikembalikan hanya kepada Kami.

(QS. Al-Anbiya:35)
cover bottom ayah
preload video