Ada Saatnya Waktu itu Habis, Nafas Kita kembali ke Pemilik-Nya

loading...
Ada Saatnya Waktu itu Habis, Nafas Kita kembali ke Pemilik-Nya
Ustaz Miftah el-Banjary, Dai yang juga pakar ilmu linguistik Arab dan Tafsir Al-Quran asal Banjar Kalimantan Selatan. Foto/Ist
Ustaz Miftah el-Banjary
Pakar Ilmu Linguistik Arab dan Tafsir Al-Qur'an

Waktu terus berjalan dengan kadarnya. Usia kian senja dengan ukurannya. Malam kian pekat dengan perguliran rotasinya. Tahu-tahu, kita sudah terbangun dari mimpi panjang dari kehidupan angan-angan bernama dunia.

Dari dunia singkat ini kita terpejam, dan tahu-tahu kita terbelalak kaget manakala kita sedang kesendirian di alam baru yang asing bernama alam Barzakh; yang lebih panjang dan lebih lama dari alam dunia sementara ini. (Baca Juga: Betapa Zuhudnya Rasulullah, Gelas Beliau Hanya Terbuat dari Tanah Liat)

Pesan Rasulullah صلى الله عليه وسلم, hakikat dunia ini mimpi, dan manusia akan terbangun dari mimpinya di kala dia mati meninggalkan dunia fana ini.



(Baca Juga: 3.635 Kasus Baru, Total 228.993 Orang Positif Corona)

Hidup ini adalah waktu. Dengan waktu kita hidup dan dengan waktu pula kita mati. Jadi, hidup dan mati, bukan hanya perkara soal hitungan angka-angka. Bukan soal panjang dan singkatnya, tapi seberapa berharganya waktu itu. Wal 'Ashri, demi waktu.

Ada orang yang sibuk dengan waktu atau justru membuang-buang banyak waktu. Ada waktu yang habis untuk sibuk dan lelah untuk dunia, dan dunia itu dia tinggalkan selamanya. Ada pula yang lengang melalaikan waktu, terbuang percuma untuk bermain-main dan waktu itu habis sia-sia.



Waktu itu modal perjalanan. Waktu itu nafas dan denyut nadi. Waktu itu energi dan roh kehidupan. Berakhirnya waktu ya berakhir pula kesempatan berbuat amal kebaikan, kesempatan bekal untuk menuju kehidupan panjang selanjutnya.
halaman ke-1 dari 2
cover top ayah
قٰلَ اِنۡ لَّبِثۡـتُمۡ اِلَّا قَلِيۡلًا لَّوۡ اَنَّكُمۡ كُنۡتُمۡ تَعۡلَمُوۡنَ
Dia (Allah) berfirman, “Kamu tinggal (di bumi) hanya sebentar saja, jika kamu benar-benar mengetahui.”

(QS. Al-Mu’minun:114)
cover bottom ayah
preload video