Amalan yang Dapat Mempercepat Datangnya Rezeki

Minggu, 04 Oktober 2020 - 17:57 WIB
loading...
Amalan yang Dapat Mempercepat Datangnya Rezeki
Mengistiqamahkan salat tahajjud adalah salah satu jalan untuk memperlancar datangnya rezeki dari Allah Taala. Foto ilustrasi/ist
A A A
Semua manusia yang ada di dunia ini dapat hidup karena sebab adanya rezeki dari Allah Ta'ala. Tanpa rezeki dari Allah, manusia pasti kesulitan menjalani kehidupan. Rezeki merupakan salah satu rahasia Allah dari tiga hal lainnya, yaitu umur, jodoh, dan kematian.

Rezeki tidak dapat dikalkulasi dengan nalar manusia. Semua rezeki yang ada itu berasal dari Allah karena Allah adalah ar-Razzaq (Maha Pemberi Rezeki). Allah memberikan kepada siapa saja yang dikehendaki-Nya.

Firman Allah Ta'ala

ٱللَّهُ يَبْسُطُ ٱلرِّزْقَ لِمَن يَشَآءُ وَيَقْدِرُ ۚ وَفَرِحُوا۟ بِٱلْحَيَوٰةِ ٱلدُّنْيَا وَمَا ٱلْحَيَوٰةُ ٱلدُّنْيَا فِى ٱلْءَاخِرَةِ إِلَّا مَتَٰعٌ

"Allah melapangkan rezeki bagi siapa yang Dia kehendaki dan menyempitkan (bagi siapa yang Dia kehendaki)," (QS ar-Ra'd : 26).

(Baca juga : Pentingnya Menanamkan Sifat Jujur pada Anak )

Begitulah, Allah Ta'ala telah menjamin rezeki setiap makhluk-Nya. Setiap manusia yang terlahir ke dunia sudah dilengkapi dengan rezeki masing-masing. Oleh karena itu, selayaknyalah kita tidak perlu cemas mengenai rezeki. Persoalan rezeki telah diatur oleh Allah SWT.

Dan muslimah, salah satu ciri orang bahagia adalah mendapatkan rezeki yang halal lagi melimpah. Dan kebahagiaan itu menjadi berkah manakala memanfatkan rezekinya untuk kebaikan, berderma dengan sesama, serta menggunakanya di jalan yang diridhai Allah Subhanahu wa ta'ala.

Maka orang yang demikian ini akan meraih predikat orang yang sukses secara hakiki. Namun demikian, bahwa semua itu harus melalui ikhtiar yang maksimal disertai doa dan landasi dengan tawakkal .

(Baca juga : Bila Keinginan Menikah Terganjal Restu Orang Tua, Bagaimana Solusinya? )

Allah adalah Dzat Maha Pemberi Rezeki dan rezeki kita telah dijamin dan ditentukan Allah SWT. Sebagaimana firman-Nya:

وَمَا مِن دَآبَّةٖ فِي ٱلۡأَرۡضِ إِلَّا عَلَى ٱللَّهِ رِزۡقُهَا

“Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya.”

Menurut Ustad H. Ahmad Zuhri Adnan, M.Pd, secara dzahir untuk meraih rezeki dan kesuksesan ada 3 yaitu ikhtiar, mengubah diri sendiri dan menggunakan ilmu .

Sebagaimana firman Allah Ta'ala:

يَرْفَعِ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مِنكُمْ وَٱلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْعِلْمَ دَرَجَٰتٍ ۚ وَٱللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS: Al-Mujadilah Ayat 11)

(Baca juga : Inilah Amalan Istri yang Dapat Mendorong Kesuksesan Suami )

Dan firman Allah Ta'ala :

إِنَّ اللهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1828 seconds (0.1#10.140)