Tiga Orang yang Tidak Akan Dilihat Allah pada Hari Kiamat

loading...
Tiga Orang yang Tidak Akan Dilihat Allah pada Hari Kiamat
Orang yang menaati Allah pasti Allah bela, orang yang menaati Allah pasti Allah tolong. Karena sesungguhnya Allah tidak akan mungkin menyia-nyiakan hamba-hambaNya yang beriman. Foto ilustrasi/ist
Rasulullah Shallalahu alaihi wa sallam menyebutkan akan ada tiga orang atau golongan manusia yang kelak pada hari kiamat tidak akan dilihat oleh Allah Ta'aladan tidak akan disucikan dari dosa dan bagi mereka azab yang pedih. Siapakah tiga orang tersebut?

Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc, memaparkannya dalam ceramah di Masjid Al-Barkah, Cileungsi, Bogor, akhir pekan kemarin. Alumnus Universitas Islam Madinah tersebut, menjelaskannya sebagai berikut:
.
Yang pertama, seorang laki-laki yang mempunyai kelebihan air di sebuah padang pasir kemudian ia tidak mau memberikan kepada ibnu sabil yang sangat membutuhkan.

(Baca juga :Kapan Muslimah Harus Menyuburkan Amal Salehnya?)

Demikian pula ketika ada seseorang yang mempunyai kelebihan harta, dia memiliki banyak harta, sementara ada orang yang sangat butuh yang dia kelaparan dan kehausan, tapi dia tidak mau memberikan kelebihan walaupun sedikit pun juga. Saking dia itu bakhilnya.



Islam melarang kita mempunyaisifat bakhil, Islam memerintahkan kita untuk mempunyai jiwa dermawan, Islam memerintahkan kita untuk mempunyai jiwa sosial yang tinggi, untuk betul-betul peka kepada lingkungan kita. Islam tidak pernah mengajarkan kita untuk hanya memikirkan diri sendiri, akan tetapi Islam berusaha membantu orang-orang yang miskin, orang-orang yang susah, orang-orang yang berkebutuhan.

(Baca juga :Ngidam Perempuan Hamil dalam Pandangan Syariat)

Maka Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:



أَبْغُوْنِي الضُّعَفَاءَ، فَإِنَّمَا تُرْزَقُوْنَ وَتُنْصَرُوْنَ بِضُعَفَائِكُمْ
halaman ke-1 dari 4
cover top ayah
رَبَّنَا لَا تُزِغۡ قُلُوۡبَنَا بَعۡدَ اِذۡ هَدَيۡتَنَا وَهَبۡ لَنَا مِنۡ لَّدُنۡكَ رَحۡمَةً ‌ ۚ اِنَّكَ اَنۡتَ الۡوَهَّابُ
(Mereka berdoa), “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau condongkan hati kami kepada kesesatan setelah Engkau berikan petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi.”

(QS. Ali 'Imran:8)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video