Aktivitas Ringan Tapi Ganjaran Pahalanya Besar, Yuk Amalkan!

loading...
Aktivitas Ringan Tapi Ganjaran Pahalanya Besar, Yuk Amalkan!
Dalam Islam, tidak ada yang sia-sia jika melakukan amal saleh. Inilah keistimewaan dalam agama kita, amalan yang sedikit, malah diberi balasan yang besar. Foto ilustrasi/ist
Muslimah, banyak amal saleh yang meskipun sedikit dan ringan dilakukan, namun pahalanya besar bahkan dapat mengantarkan kita ke surga. Bagi sebagian orang, mungkin saja amalan ringan tersebut hanya dipandang sebelah mata atau diremehkan.

Dalam Islam, tidak ada yang sia-sia jika melakukan amal saleh. Inilah keistimewaan dalam agama kita, amalan yang sedikit, malah diberi balasan yang besar. Sebuah kisah tentang amalan ringan ini, dikisahkan dalam hadis berikut :

(Baca juga :Pesan Imam Al Ghazali : Berikanlah Hak Anak untuk Bermain)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu, Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,



“Permisalan kalian dengan ahli kitab(Yahudi dan Nashrani) seperti permisalan seseorang yang diberi upah. Ditanya, “Siapa yang mau bekerja dari pagi hingga pertengahan siang (waktu zawal atau waktu Zhuhur, pen.) lalu mendapat upah satu qirath?” Lalu yang bekerja ketika itu adalah orang Yahudi.Kemudian ditanya lagi, “Siapa yang mau bekerja dari pertengahan siang hingga waktu ‘Ashar dengan mendapat upah satu qirath?” Lantas yang bekerja adalah Nashrani. Lalu ditanya lagi, “Siapa yang mau bekerja dari ‘Ashar hingga matahari tenggelam, upahnya dua qirath?” Itulah kalian umat Islam. Yahudi dan Nasrani lantas marah. Mereka katakan, “Kami lebih banyak bekerja, namun kenapa kami diberi sedikit?” Dijawab, “Apakah upah kalian dikurangi?” Mereka jawab, “Tidak.” Lalu dijawab, “Itulah keutamaanku dan keutamaan yang diberi pada siapa saja yang dikehendaki oleh Allah.” (HR. Bukhari)

(Baca juga :Keluar Angin dari Vagina, Apakah Membatalkan Wudhu?)

Nah muslimah, ada beberapa amalan yang mudah kita lakukan ini, tetapi Allah justru membalasnya dengan ganjaranyang besar, yaitu surga. Disarikan dari sumber fiqih muslimah, berikut amalan-amalan ringan ini, di antaranya :



1. Menuntut ilmu syar’i
halaman ke-1 dari 3
cover top ayah
خُذِ الۡعَفۡوَ وَاۡمُرۡ بِالۡعُرۡفِ وَاَعۡرِضۡ عَنِ الۡجٰهِلِيۡنَ
Jadilah pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang baik, serta jangan pedulikan orang-orang yang bodoh.

(QS. Al-A’raf:199)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video