Aktivitas Ringan Tapi Ganjaran Pahalanya Besar, Yuk Amalkan!

Rabu, 14 Oktober 2020 - 06:36 WIB
loading...
Aktivitas Ringan Tapi Ganjaran Pahalanya Besar, Yuk Amalkan!
Dalam Islam, tidak ada yang sia-sia jika melakukan amal saleh. Inilah keistimewaan dalam agama kita, amalan yang sedikit, malah diberi balasan yang besar. Foto ilustrasi/ist
A A A
Muslimah, banyak amal saleh yang meskipun sedikit dan ringan dilakukan, namun pahalanya besar bahkan dapat mengantarkan kita ke surga . Bagi sebagian orang, mungkin saja amalan ringan tersebut hanya dipandang sebelah mata atau diremehkan.

Dalam Islam, tidak ada yang sia-sia jika melakukan amal saleh. Inilah keistimewaan dalam agama kita, amalan yang sedikit, malah diberi balasan yang besar. Sebuah kisah tentang amalan ringan ini, dikisahkan dalam hadis berikut :

(Baca juga : Pesan Imam Al Ghazali : Berikanlah Hak Anak untuk Bermain )

Dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu, Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

“Permisalan kalian dengan ahli kitab (Yahudi dan Nashrani) seperti permisalan seseorang yang diberi upah. Ditanya, “Siapa yang mau bekerja dari pagi hingga pertengahan siang (waktu zawal atau waktu Zhuhur, pen.) lalu mendapat upah satu qirath?” Lalu yang bekerja ketika itu adalah orang Yahudi.Kemudian ditanya lagi, “Siapa yang mau bekerja dari pertengahan siang hingga waktu ‘Ashar dengan mendapat upah satu qirath?” Lantas yang bekerja adalah Nashrani. Lalu ditanya lagi, “Siapa yang mau bekerja dari ‘Ashar hingga matahari tenggelam, upahnya dua qirath?” Itulah kalian umat Islam. Yahudi dan Nasrani lantas marah. Mereka katakan, “Kami lebih banyak bekerja, namun kenapa kami diberi sedikit?” Dijawab, “Apakah upah kalian dikurangi?” Mereka jawab, “Tidak.” Lalu dijawab, “Itulah keutamaanku dan keutamaan yang diberi pada siapa saja yang dikehendaki oleh Allah.” (HR. Bukhari)

(Baca juga : Keluar Angin dari Vagina, Apakah Membatalkan Wudhu? )

Nah muslimah, ada beberapa amalan yang mudah kita lakukan ini, tetapi Allah justru membalasnya dengan ganjaran yang besar, yaitu surga. Disarikan dari sumber fiqih muslimah, berikut amalan-amalan ringan ini, di antaranya :

1. Menuntut ilmu syar’i

Rasulullah Shalallahu alaihi wa salam bersabda, “Barangsiapa menempuh suatu jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim)

(Baca juga : Memandang Lelaki Dibalik Jilbab, Bolehkah? )

2. Menjenguk orang yang sedang sakit

Rasulullah Shalallahu alaihi wa salam bersabda,

“Tidaklah seorang muslim menjenguk muslim yang lain di pagi hari melainkan 70.000 malaikat bershalawat atasnya, memintakan ampun untuknya hingga ia berada di sore hari. Dan jika ia menjenguknya di sore hari maka 70.000 malaikat bershalawat atasnya, memintakan ampun untuknya hingga ia berada di pagi hari. Dan ia akan memperoleh buah-buahan yang akan dipetik di dalam surga kelak.” (HR. At-Tirmidzi)

( )

3. Menebarkan salam

Rasulullah menyebutkan hal tersebut dalam sebuah hadis. Dari Abu Hurairah Radhiallahu anhu, Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam bersabda, “Hai manusia sebarkanlah salam, berilah makan orang lain, hubungkanlah sanak keluarga dan dirikanlah salat ketika orang-orang sedang tidur, niscaya Engkau akan masuk surga dengan damai.” (HR. Tirmidzi)

4. Melakukan perbuatan kecil yang bermanfaat bagi orang banyak

Seperti menyingkirkan gangguan di jalan, atau menyingkirkan batu di jalan yang bisa menyebabkan orang jatuh atau celakanya karenanya. Perbuatan seperti juga dapat menjadi penyebab masuk surga.

(Baca juga : Merger 3 Bank Syariah BUMN Akan Sodok RI Masuk 10 Besar Ekonomi Syariah )

Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam pernah bersabda, “Sungguh aku telah melihat seorang laki-laki, mondar-mandir di dalam surga, hanya karena ia menyingkirkan gangguan, sebatang pohon di tengah jalan.” (HR. Muslim)

5. Membaca ayat kursi setelah selesai salat fardhu

Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang membaca ayat kursi setiap selesai salat, maka tidak ada yang dapat menghalanginya untuk masuk surga kecuali kematian.” (HR. An-Nasaa’i).

(Baca juga : Merger 3 Bank Syariah BUMN Akan Sodok RI Masuk 10 Besar Ekonomi Syariah )

Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1566 seconds (0.1#10.140)