Efek Buruk Minum Berdiri dan Cara Mengatasinya dalam Islam

loading...
Efek Buruk Minum Berdiri dan Cara Mengatasinya dalam Islam
Mayoritas ulama sepakat tentang kesunnahan minum itu dalam keadaan duduk. Foto ilustrasi/dok wajibbaca.com
Ali Musthafa Siregar
Mahasiswa Fakultas Syariah Universitas Ahgaff Yaman
Anggota pendidikan Asosiasi Mahasiswa Indonesia Yaman

Agama Islam adalah agama nan begitu sempurna. Urusan ibadah dan kehidupan diatur sedemikian rupa nan begitu indah, termasuk dalam hal minum. Minum merupakan kebutuhan yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Karena itu semestinya seorang muslim yang baik mengetahui anjuran dan adab ketika minum.

Di antara yang dianjurkan syariatdalam minum adalah minum dalam keadaan duduk, tidak dalam keadaan berdiri. Mayoritas ulama sepakat tentang kesunahan minum itu dalam keadaan duduk, sekalipun air yang diminum itu adalah air zam-zam. (Baca Juga: Cara Makan Rasulullah SAW dan Lauk Pauk yang Disukai Beliau)

Anjuran minum duduk dalam Islam ini tidaklah berbeda dengan kaidah ilmu kesehatan yang mengajarkan minum dalam keadaan duduk. Akan tetapi sering kita lihat orang-orang di sekitaran kita minum dalam keadaan berdiri. Lantas, bagaimana sebenarnya hukum minum keadaan berdiri dalam Islam?



Hukum minum berdiri tanpa ada uzur menurut pendapat yang paling kuat adalah khilaful aula (menyalahi yang lebih utama) dan pada suatu pendapat makruh hukumnya. Berikut larangan minum dalam keadaan berdiri dalam hadis:

لَا يَشْرَبَنَّ أَحَدٌ مِنْكُمْ قَائِمًا فَمَنْ نَسِيَ فَلْيَسْتَقِ

"Janganlah salah seorang diantara kamu minum keadaan berdiri, siapa yang minum berdiri karena lupa, maka hendaklah ia muntahkan apa yang ia minum tersebut." (Riwayat Hadis yang bersumber dari Abu Hurairah)



Lantas bagaimana hadis sahih yang menerangkan bahwa Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم pernah minum keadaan berdiri?
halaman ke-1 dari 3
cover top ayah
خُذِ الۡعَفۡوَ وَاۡمُرۡ بِالۡعُرۡفِ وَاَعۡرِضۡ عَنِ الۡجٰهِلِيۡنَ
Jadilah pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang baik, serta jangan pedulikan orang-orang yang bodoh.

(QS. Al-A’raf:199)
cover bottom ayah
preload video