Mengenal Nama-nama Anak Iblis Beserta Tugasnya

Senin, 19 Oktober 2020 - 17:46 WIB
loading...
Mengenal Nama-nama Anak Iblis Beserta Tugasnya
Salah satu cara agar terhindar dari gangguan setan adalah dengan memperbanyak amal saleh dan berdoa kepada Allah Taala. Ilustrasi Iblis/ist
A A A
Iblis adalah makhluk yang ditakdirkan Allah Ta'ala untuk menyesatkan umat manusia. Sebagaimana dalam ayat Al-Qur'an mengatakan:

قَالَ رَبِّ بِمَا أَغْوَيْتَنِي لَأُزَيِّنَنَّ لَهُمْ فِي الْأَرْضِ وَلَأُغْوِيَنَّهُمْ أَجْمَعِينَ

Iblis berkata: "Ya Tuhanku, oleh sebab Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat, pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik (perbuatan maksiat) di muka bumi, dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya. (QS Al-Hijr: Ayat 39).( )

Dalam menyesatkan manusia, para Iblis ini tidak bekerja sendiri, namun dibantu oleh sembilan anaknya. Berikut nama anak-anak Iblis beserta tugas yang dimilikinya:

1. Khonzab
Khonzab adalah anak iblis yang pertama. Tugasnya mengganggu orang salat dengan membisikkan kejahatan (was-was) agar tak khusyuk dan semisalnya. Orang yang was-was dalam salat adalah korban dari anak Iblis yang pertama, yaitu Khonzab.

2. Walhan
Walhan adalah anak iblis yang kedua. Tugasnya mengganggu orang yang bersuci seperti wudhu, istinja dan mandi hadas besar dengan membisikkan was-was dalam hati mereka. Orang yang was-was dalam bersucinya adalah korban dari anak iblis yang kedua, yaitu Walhan.

3. Zallanabur
Anak Iblis yang ketiga ini bertugas di pasar. Zallanabur ini mengajak penjual berbuat curang, bersumpah palsu, memuji barang dagangan dan lain-lain.

4. A'war
A'war tugasnya mengajak orang melakukan zina dengan cara meniup kemaluan laki-laki supaya naik syahwat dan melemahkan perempuan agar tak mampu menolak gejolak syahwat laki-laki tadi, sehingga terjadilah perzinahan. Na'udzubillah.

5. Wasnan
Wasnan adalah anak Iblis yang kelima. Tugasnya menggoda orang yang ingin berbuat baik seperti salat, belajar dan sebagainya untuk tidur atau malas, dengan cara memberatkan kepala dan kelopak mata seseorang. Sehingga kepala dan mata terasa berat serta sangat mengantuk pun memberikan kesegaran terhadap seseorang yang ingin melakukan kejahatan. Ketika kita mengantuk dalam ibadah atau belajar dan semangat dalam kejahatan, kita sudah menjadi korban anak iblis yang bernama Wasnan.

6. Tabar
Tugasnya mengajak orang yang terkena musibah untuk menjerit, menampar pipi dan perbuatan-perbuatan lainnya yang menunjukkan ketidaksabaran atas musibah yang menimpa.

7. Dasim
Dasim adalah anak iblis yang ketujuh. Tugasnya antara lain:
- Ikut makan ketika seseorang tidak membaca basmalah.
- Ikut masuk ke dalam rumah ketika tak baca basmalah dan saat Dasim sudah di dalam, dialah yang akan mengadu domba suami-istri yang dapat menimbulkan perceraian. Solusinya supaya tak didalangi Dasim untuk bercerai adalah dengan membacabasmalah ketika suami atau istri masuk rumah.
- Ikut tidur satu kasur apabila tak baca basmalah saat hendak tidur.
- Ikut memakai pakaian seseorang apabila tidak dilipat ataupun tak membaca basmalah ketika meletakkan pakaiannya. Ketika pakaian tak dilipat dan tak baca basmalah saat meletakkannya, maka Dasim akan ikut memakai pakaian kita, sehingga pakaian kita akan mudah terlihat jelek.

8. Matun
Matun adalah anak Iblis yang yang tugasnya mengajak orang berbohong.

9. Abyadh
Abyadh memiliki tugas menggoda para ustaz dan dai.

Setelah mengetahui tugas-tugas anak Iblis yang berambisi menyesatkan umat manusia ini, mudah-mudahan kita dapat mencegahnya dan senantiasa memohon perlindungan kepada Allah Ta'ala. ( )

Allah Ta'ala berfirman:

ثُمَّ لَآتِيَنَّهُمْ مِنْ بَيْنِ أَيْدِيهِمْ وَمِنْ خَلْفِهِمْ وَعَنْ أَيْمَانِهِمْ وَعَنْ شَمَائِلِهِمْ ۖ وَلَا تَجِدُ أَكْثَرَهُمْ شَاكِرِينَ

"Kemudian aku (Iblis) akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat)." (Al-A'raaf: 17).

Iblis mendatangi manusia dari arah depan, belakang, kanan dan kiri untuk menyesatkan manusia. Ada satu arah yang tak disebutkan iblis, yaitu arahatas. Sebab, itu adalah arah kita berdoa kepada Allah.

Karena hendaknya kita rajin beribadah dan berdoa, insya Allah kita akan selamat dari rayuan dan godaan Iblis dan anak-anaknya. ( )

Referensi:
Kitab Marooqi Al-'Ubuudiyyah Syarah Bidayah Al-Hidaayah

Ali Musthafa Siregar
Mahasiswa Fakultas Syari'ah Universitas Al-Ahgaff Yaman
Mengenal Nama-nama Anak Iblis Beserta Tugasnya
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1328 seconds (0.1#10.140)