Mengenal Nama-nama Anak Iblis Beserta Tugasnya

loading...
Mengenal Nama-nama Anak Iblis Beserta Tugasnya
Salah satu cara agar terhindar dari gangguan setan adalah dengan memperbanyak amal saleh dan berdoa kepada Allah Taala. Ilustrasi Iblis/ist
Iblis adalah makhluk yang ditakdirkan Allah Ta'ala untuk menyesatkan umat manusia. Sebagaimana dalam ayat Al-Qur'an mengatakan:

قَالَ رَبِّ بِمَا أَغْوَيْتَنِي لَأُزَيِّنَنَّ لَهُمْ فِي الْأَرْضِ وَلَأُغْوِيَنَّهُمْ أَجْمَعِينَ

Iblis berkata: "Ya Tuhanku, oleh sebab Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat, pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik (perbuatan maksiat) di muka bumi, dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya. (QS Al-Hijr: Ayat 39).(Baca Juga: Inilah Musuh Kita yang Sebenarnya )

Dalam menyesatkan manusia, para Iblis ini tidak bekerja sendiri, namun dibantu oleh sembilan anaknya. Berikut nama anak-anak Iblis beserta tugas yang dimilikinya:

1. Khonzab
Khonzab adalah anak iblis yang pertama. Tugasnya mengganggu orang salat dengan membisikkan kejahatan (was-was) agar tak khusyuk dan semisalnya. Orang yang was-was dalam salat adalah korban dari anak Iblis yang pertama, yaitu Khonzab.

2. Walhan
Walhan adalah anak iblis yang kedua. Tugasnya mengganggu orang yang bersuci seperti wudhu, istinja dan mandi hadas besar dengan membisikkan was-was dalam hati mereka. Orang yang was-was dalam bersucinya adalah korban dari anak iblis yang kedua, yaitu Walhan.

3. Zallanabur
Anak Iblis yang ketiga ini bertugas di pasar. Zallanabur ini mengajak penjual berbuat curang, bersumpah palsu, memuji barang dagangan dan lain-lain.

4. A'war
A'war tugasnya mengajak orang melakukan zina dengan cara meniup kemaluan laki-laki supaya naik syahwat dan melemahkan perempuan agar tak mampu menolak gejolak syahwat laki-laki tadi, sehingga terjadilah perzinahan. Na'udzubillah.

5. Wasnan
Wasnan adalah anak Iblis yang kelima. Tugasnya menggoda orang yang ingin berbuat baik seperti salat, belajar dan sebagainya untuk tidur atau malas, dengan cara memberatkan kepala dan kelopak mata seseorang. Sehingga kepala dan mata terasa berat serta sangat mengantuk pun memberikan kesegaran terhadap seseorang yang ingin melakukan kejahatan. Ketika kita mengantuk dalam ibadah atau belajar dan semangat dalam kejahatan, kita sudah menjadi korban anak iblis yang bernama Wasnan.

6. Tabar
Tugasnya mengajak orang yang terkena musibah untuk menjerit, menampar pipi dan perbuatan-perbuatan lainnya yang menunjukkan ketidaksabaran atas musibah yang menimpa.
halaman ke-1
cover top ayah
وَاَيُّوۡبَ اِذۡ نَادٰى رَبَّهٗۤ اَنِّىۡ مَسَّنِىَ الضُّرُّ وَاَنۡتَ اَرۡحَمُ الرّٰحِمِيۡنَ‌
Dan ingatlah kisah Ayub, ketika dia berdoa kepada Tuhannya, "Ya Tuhanku, sungguh, aku telah ditimpa penyakit, padahal Engkau Tuhan Yang Maha Penyayang dari semua yang penyayang."

(QS. Al-Anbiya:83)
cover bottom ayah
preload video