Subhanallah, Inilah Manfaat Meminum Air Zamzam dan Adab Meminumnya

loading...
Subhanallah, Inilah Manfaat Meminum Air Zamzam dan Adab Meminumnya
Sumur Zamzam, air yang diberkahi terletak di kawasan Masjidil Haram sebelah tenggara Kabah. Foto/dok baitussalam-umroh
Air Zamzam merupakan air paling mulia setelah air yang mengalir dari sela-sela jari Rasulullah صلى الله عليه وسلم. Berikut ini urutan keutamaan air sebagaimana yang disampaikan oleh Imam as-Subki radhiyallahu 'anhu dalam bentuk syair:

وأفضل المياه ماء قد نبع # من بين أصابع النبي المتبع يليه ماء زمزم، فالكوثر # فنيل مصر، ثم باقي الأنهر

"Air yang paling utama adalah air yang mengalir dari sela-sela jari jari Nabi kemudian air zamzam, air telaga Al-Kautsar, air Nil kemudian air-air lainnya."

Air Zamzam masih lebih afdhol dari air telaga Al-Kautsar yang ada di surga. Sebab, dengan air zamzam lah hati Nabi صلى الله عليه وسلم dibersihkan sebelum melakukan Isra' Mikraj. (Baca Juga: Doa Istimewa Ketika Minum Air Zamzam)



Air Zamzam merupakan air yang diberkahi dan bisa mengenyangkan perut layaknya makanan pokok, sebagaimana dalam hadis dijelaskan :

أَنَّهَا مُبَارَكَةٌ وَأَنَّهَا طَعَامُ طُعْمٍ وَشِفَاءُ سَقَمٍ

"Air Zamzam adalah air yang diberkahi dan bahwasanya air Zamzam itu bisa menjadi makanan pokok dan obat dari penyakit." (HR Muslim dan Abu Daud)



Pada air Zamzam itu ada kekuatan yang bisa layaknya seperti makanan pokok untuk berhari-hari, akan tetapi disertai kejujuran dalam diri, sebagaimana yang terjadi pada sahabat mulia Abu Dzar al-Ghifari yang meminum air Zamzam berhari-hari. Berkat keberkahan air Zamzam itu, badan Beliau semakin gemuk.
halaman ke-1 dari 3
cover top ayah
اَلۡمُنٰفِقُوۡنَ وَالۡمُنٰفِقٰتُ بَعۡضُهُمۡ مِّنۡۢ بَعۡضٍ‌ۘ يَاۡمُرُوۡنَ بِالۡمُنۡكَرِ وَيَنۡهَوۡنَ عَنِ الۡمَعۡرُوۡفِ وَيَقۡبِضُوۡنَ اَيۡدِيَهُمۡ‌ؕ نَسُوا اللّٰهَ فَنَسِيَهُمۡ‌ؕ اِنَّ الۡمُنٰفِقِيۡنَ هُمُ الۡفٰسِقُوۡنَ
Orang-orang munafik laki-laki dan perempuan, satu dengan yang lain adalah (sama), mereka menyuruh (berbuat) yang mungkar dan mencegah (perbuatan) yang makruf dan mereka menggenggamkan tangannya (kikir). Mereka telah melupakan kepada Allah, maka Allah melupakan mereka (pula). Sesungguhnya orang-orang munafik itulah orang-orang yang fasik.

(QS. At-Taubah:67)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video