7 Akhlak Rasulullah Terhadap Anak-anak Layak Diteladani

Senin, 02 November 2020 - 20:03 WIB
loading...
7 Akhlak Rasulullah Terhadap Anak-anak Layak Diteladani
Dai lulusan Al-Azhar Mesir, Ustaz Muchlis Al-Mughni ketika menyampaikan tausiyah di Masjid Cut Meutia Menteng Jakarta beberapa waktu lalu. Foto/Ist
A A A
Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم adalah sosok panutan dalam semua hal. Tidak hanya soal ibadah (hablumminallah), beliau juga teladan terbaik dalam pergaulan. Beliau mengajarkan akhlak yang indah saat berinteraksi dengan anak-anak kecil.

Ustaz Muchlis Al-Mughni (Dai lulusan Al-Azhar Mesir) dalam tausiyah "Edisi Cinta Rasul" menukil perkataan Anas bin Malik. Beliau berkata, "Aku tidak melihat ada orang yang paling penyayang kepada keluarganya daripada Rasulullah صلى الله عليه وسلم". ( )

Berikut beberapa akhlak Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم terhadap anak-anak. Apa yang dilakukan beliau patut kita contoh dan diteladani.

1. Selalu mencium dan mengusap kepala anak-anak.

2. Bersikap lembut penuh cinta dan kasih sayang dengan selalu menanyakan keadaan mereka. Pundak beliau pernah dijadikan tunggangan oleh cucunya Al-Hasan dan Al-Husein saat beliau sujud. Beliaupun menurunkan keduanya dengan gerakan pelan penuh kelembutan. Usai salat, beliau tidak membentak dan memarahi keduanya yang bemain-main dengan beliau dalam salat, justru beliau mencium keduanya.

3. Rasulullah صلى الله عليه وسلم melarang kita berdusta kepada anak-anak demi menjaga dan menghormati perasaannya.

4. Rasullullah صلى الله عليه وسلم juga menceritakan sejarah perjuangan beliau dan para sahabat kepada anak-anak. Di antara yang sering mendengarnya adalah Abdullah bin Abbas.

5. Mengajak anak-anak ke majlis orang dewasa dan para tokoh. Hal ini sebagai bentuk pembelajaran dan motivasi kepada anak-anak dengan mencontoh mereka.

6. Turut serta dalam suka dan duka anak-anak, baik dalam permainan hingga empati dengan kejiwaan mereka.

7. Rasulullah صلى الله عليه وسلم melarang memukul anak-anak di wajahnya. Jjika terpaksa memukul maka pukullah anggota tubuh lainnya dan jangan sampai berbekas, dengan niat mengajarkan adab. ( )

Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda:

ليس من أمتي من لم يجل كبيرنا و يرحم صغيرنا و يعرف لعالمينا حقه

"Bukan dari golongan ummatku seorang yang tidak menghormati orang-orang tua di kalangan kami, dan tidak menyayangi anak-anak kecil di antara kami, dan juga seorang yang tidak mengetahui hak-hak dari Ulama-Ulama diantara kami". (HR Ahmad, at-Thabrani)

( )

اللهم صلى على سيدنا محمد وعلى اله و صحبه
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1698 seconds (0.1#10.140)