Sebab Jin Merasuki Tubuh Manusia

Kamis, 05 November 2020 - 12:05 WIB
loading...
A A A
“Dan sesungguhnya di antara kami ada yang taat dan ada (pula) yang menyimpang dari kebenaran. Barangsiapa yang yang taat, Maka mereka itu benar-benar telah memilih jalan yang lurus.” (QS. Al Jin : 14)

Ada kemungkinan jin-jin yang kafir atau pelaku maksiat melakukan berbagai kebohongan-kebohongan meskipun hal yang dikatakannya itu terkadang benar, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari tentang pertarungan Abu Hurairah dengan jin hingga tiga malam lalu Rasulullah bersabda,’Sesungguhnya ia berkata benar, meskipun ia pembohong yang terpaksa. Wahai Abu Hurairoh! tahukah kamu dengan siapa engkau berbicara pada tiga malam lalu itu?’ Aku menjawab,’tidak.’ Beliau saw menjawab,’Itu adalah jin dari golongan setan.” (HR. Bukhari).

(Baca juga : BNPB Apresiasi Pemprov DKI Dalam Mengantisipasi Potensi Bencana )

Tiga Sebab Jin Merasuki

Dalam kitab Daqaiqut Tafsir dan Majmu’ul Fatawa, Syaikh Ibnu Taimiyah menyebutkan bahwa ada tiga sebab seseorang dirasuki jin.

1. Karena jin menyukai orang tersebut

Jin merasuki tubuh seseorang karena jin ingin menikmati kebersamaan dengannya. Menurut Syaikh Ibnu Taimiyah, kerasukan semacam ini paling mudah untuk disembuhkan dibandingkan dengan yang lainnya.

2. Karena seseorang mengganggu jin
.
Baik karena dia mengencingi jin, menyiramkan air panas, membunuh sebagian jin atau bentuk gangguan lainnya. Ini jenis kesurupan yang paling susah, bahkan bisa jadi jin sampai membunuh orang tersebut.

(Baca juga : Heli-Kapal Dikerahkan Cari 2 Polisi Pengawal Cabup Banggai Laut dan Tim Sukses yang Hilang )

3. Karena jin main-main

Seperti gaya preman di kalangan manusia yang suka ganggu orang di jalan-jalan.

Dengan mengetahui sebab-sebab kerasukan ini, diharapkan agar kita jangan sekali-kali mengganggu jin, seperti kencing di lubang sembarangan, menyiram air panas sembarangan, dan lainnya. Selain itu, agar kita terhindar dari gangguan jin, kita sangat dianjurkan untuk memperbanyak membaca ayat kursi di waktu pagi dan sore.

Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1265 seconds (0.1#10.140)