Inilah Perawatan Diri Muslimah yang Disunnahkan

loading...
Inilah Perawatan Diri Muslimah yang Disunnahkan
Merawat dan menjaga kecantikan bagi setiap perempuan muslimah, menjadi sebuah rutinitas yang wajib dilakukan, dan ternyata ada beberapa sunnah Rasulullah untuk merawat kecantikan diri ini. Foto ilustrasi/ist
Merawat dan menjaga kecantikan bagi setiap perempuan muslimah , menjadi sebuah rutinitas yang 'wajib' dilakukan. Karena setiap perempuan, senantiasa ingin selalu tampil cantik dan itu adalah fitrahnya.

Islam juga adalah agama yang menyeru pada kecantikan dan keindahan . Meskipun demikian, cantik menurut Islam adalah cantik yang muncul dari unsur jasmani dan rohani . Tidak hanya cantik fisik tapi juga cantik hati dan akhlaknya. Cantik yang disandarkan pada Allah Ta'ala.

(Baca juga : Khaulah Binti Azur, Kesatria Muslimah si "Pedang Allah" )

Nah, agar dapat tampil cantik secara jasmani, muslimah perlu memperhatikan kebersihan tubuh, menutup aurat, dan menggunakan pakaian yang sopan. Salah satu perawatan kecantikan pada unsur jasmani ini, ada beberapa sunnah yang bisa dilakukan. Dikutip dari buku 'Kecantikan Surgawi', karya Akram Ridha, berikut beberapa sunnah yang dapat dijadikan sebagai langkah perawatan diri dan kecantikan muslimah ini:

1. Mencukur bulu/rambut

Salah satu fitrah yang disunnahkan Rasulullah bagi perempuan adalah memangkas bulu atau rambut. Sebagaimana hadis dari Anas bin Malik, Rasulullah bersabda,

"Telah ditentukan batas waktu bagi kita untuk mencukur kumis, memotong kuku, mencabut bulu ketiak, dan memangkas bulu kemaluan; jangan sampai kita membiarkannya lebih dari empat puluh malam (hari)" (HR. Muslim).

(Baca juga: Bolehkah Pasangan Muslim Merahasiakan Pernikahan? )

Bulu atau rambut yang dimaksud di sini adalah bulu atau rambut yang berlebih. Hadis tersebut menunjuk pada dua area dalam tubuh yaitu ketiak dan kemaluan.

Membersihkan bulu ketiak tak terbatas hanya dengan cara mencabut, tetapi juga bisa dengan mencukur atau memangkasnya. Kegiatan ini merupakan salah satu hal yang dianjurkan khususnya bagi para wanita yang sudah menikah.
halaman ke-1
cover top ayah
قُلۡ اِنَّ صَلَاتِىۡ وَنُسُكِىۡ وَ مَحۡيَاىَ وَمَمَاتِىۡ لِلّٰهِ رَبِّ الۡعٰلَمِيۡنَۙ
Katakanlah (Muhammad), Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan seluruh alam. 

(QS. Al-An’am:162)
cover bottom ayah
preload video