Lelaki Ahli Surga Dinikahkan dengan 72 Bidadari, Bagaimana dengan Perempuan?

Minggu, 08 November 2020 - 23:00 WIB
loading...
Lelaki Ahli Surga Dinikahkan dengan 72 Bidadari, Bagaimana dengan Perempuan?
Kenikmatan surga yang tidak dapat terbayangkan oleh siapapun. Para laki-laki penghuni surga akan dinikahkan dengan 72 bidadari surga. Foto hanya ilustrasi/dok mizanuladyan
A A A
Suatu hari Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda kepada para sahabatnya: "Mengapa kalian tidak bersiap-siap masuk surga? Padahal kenikmatan di surga itu tidak terbayangkan. Demi pemilik Ka'bah, surga itu adalah cahaya yang menyala-nyala dan berbau harum, memiliki istana yang kokoh, sungai yang luas, buah-buahan yang banyak lagi harum, pasangan suami istri yang gagah dan cantik, serta pakaian yang bagus lagi indah, di tempat yang kekal dan indah, di tingkat-tingkat yang tinggi lagi terpuji."

Mereka menjawab; "Kami bersiap-siap wahai Rasulullah ." Beliau bersabda: "Katakanlah oleh kalian "Insya Allah" (jika Allah menghendaki)." Kemudian beliau menyebutkan keutamaan jihad dan menyerukannya." (Hadis Sunan Ibnu Majah). ( )

Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda: "Ahli surga akan masuk ke surga dengan tingginya Nabi Adam 60 hasta, dengan bagusnya Nabi Yusuf (setampan beliau), dengan umurnya Nabi Isa (ketika beliau diangkat ke langit) 33 tahun, dan dengan ucapannya Nabi Muhammad (berbahasa Arab). Ahli surga itu bersih jasadnya, tampan, lagi bercelak mata (otomatis bercelak saat masuk surga )." (Dari Abu Bakr bin Abi ad-Dunya dalam tafsir Ibnu Katsir)

Rasulullah juga bersabda: "Tak seorangpun yang Allah masukkan ke dalam surga kecuali Allah pasangkan (nikahkan) dia dengan 72 istri (bidadari selain istrinya di dunia dulu)." (HR. Ibnu Majah)

Al-Mubarokfuri menukil perkataan Mula Ali Qori: "Masing-masing penghuni surga memiliki dua istri dari wanita dunia. Dan penduduk surga pada tingkatan paling rendah, memiliki 72 istri, dengan rincian: dua istri dari wanita dunia dan 70 istri dari Bidadari." (Tuhfatul Ahwadzi)

Dalam Hadis Al-Bukhari disebutkan sifat bidadari surga . Sekiranya seorang bidadari surga diturunkan ke dunia, ia akan menyinari langit dan bumi dan memenuhi antara langit dan bumi dengan aroma yang harum semerbak. Sungguh tutup kepala salah seorang wanita surga lebih baik daripada dunia dan isinya. Dalam riwayat lain disebutkan bahwa bidadari surga diciptakan dari za'faron surga.

Ada yang bertanya pada Nabi صلى الله عليه وسلم , "Wahai Rasulullah, apakah kita akan berhubungan dengan bidadari-bidadari kita di surga?" Maka Nabi berkata, "Seseorang di surga mampu berhubungan dengan 100 bidadari dalam sehari." (HR. Abu Nu'aim, Ath-Thabrani)

Perbandingan antara bidadari surga dengan perempuan ahli surga tidaklah sama. Perempuan ahli surga mendapat kemuliaan melebihi bidadari surga. Apabila istrinya di dunia dulu wafat dalam keadaan beriman (masuk surga), maka dia akan menjadi ratu bidadari di surga . Dia kembali dinikahkan sebagai ratu bidadari dengan suaminya yang juga beriman. Bidadari sebanyak 72 itu untuk lelaki ahli surga derajat paling bawah. ( )

Dalam Hadis At-Tirmidzi, Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: "Sesungguhnya perempuan ahli surga itu putih betisnya terlihat dari luarnya 70 lapis pakaian sutra, sampai-sampai terlihat sumsum betisnya. Demikian itu sebab Allah berfirman: 'Mereka bidadari surga seolah-olah adalah Yaqut dan Marjan. Adapun Yaqut adalah batu yang seandainya kamu masukkan benang ke dalamnya, lalu kamu bersihkan bagian dalam batu itu dengan benang, niscaya benang tadi bisa kamu lihat dari bagian luarnya batu (karena batunya transparan).

Masya Allah, tak dapat dibayangkan bagaimana cantiknya bidadari surga yang dijanjikan Allah. Ternyata kecantikan bidadari surga masih kalah dibanding perempuan ahli surga. Adapun perempuan ahli surga ini akan mendapatkan kenikmatan yang sama seperti dirasakan oleh lelaki penghuni surga.

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ سَأَلَ اللَّهَ الْجَنَّةَ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ قَالَتْ الْجَنَّةُ اللَّهُمَّ أَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَمَنْ اسْتَجَارَ مِنْ النَّارِ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ قَالَتْ النَّارُ اللَّهُمَّ أَجِرْهُ مِنْ النَّارِ

Dari Anas bin Malik berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa meminta surga kepada Allah sebanyak tiga kali, surga berkata: Ya Allah, masukkan ia ke surga. Dan barangsiapa meminta perlindungan dari neraka sebanyak tiga kali, neraka berkata: Ya Allah, lindungilah ia dari neraka." (Hadits Jami' At-Tirmidzi No. 2495)

Adapun 3 orang yang pertama kali masuk surga adalah (1) Syahid, (2) Seorang hamba yang tidak disibukkan oleh dunia dan taat kepada Rabbnya dan (3) Orang fakir yang memiliki tanggungan namun ia menjaga diri dari meminta-minta (HR. Ahmad). Orang miskin akan masuk surga terlebih dahulu dari orang-orang kaya karena mereka tidak memiliki sesuatu untuk dihisab. Selisih waktu antara keduanya adalah 40 tahun. (HR Muslim).

( )

Wallahu A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2337 seconds (0.1#10.140)