Hikmah Menatap Langit, Ibadah Sunnah yang Terlupakan

Jum'at, 13 November 2020 - 15:32 WIB
loading...
A A A
Seakan-akan, insan yang menatap langit, sedang menanti datangnya berita baik dengan penuh rasa harap. Hal inilah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau berhusnudzhan kepada Rabbnya, dan ada rasa optimis dalam jiwanya, bahwa cepat atau lambat, apa yang diinginkan, pasti Allah kabulkan.

(Baca juga: Minuman Alkohol Bakal Dilarang, Pengusaha Mengaku Belum Lihat RUU-nya )

4.Mentauhidkan Allah dalam perkara Rububiyah dan perkara Uluhiyah

Maksud dari Rububiyah adalah; perbuatan-perbuatan yang hanya dapat dilakukan oleh Allah. Seperti memberi rezeki, menciptakan, menghidupkan, mematikan, serta mengatur tatanan alam semesta ini. Sedangkan pengertian Uluhiyah adalah; perbuatan-perbuatan hamba yang seharusnya ditujukan untuk Allah semata.

Jadi, dengan melihat langit yang merupakan tanda-tanda keagungan-Nya, fitrah mengakui keesaan Khaliq akan tumbuh. Sebab, mustahil kiranya, alam semesta ini dengan segala sistemnya yang rumit, diatur oleh dua Tuhan.

لَوْ كَانَ فِيهِمَا آلِهَةٌ إِلَّا اللَّهُ لَفَسَدَتَا ۚ فَسُبْحَانَ اللَّهِ رَبِّ الْعَرْشِ عَمَّا يَصِفُونَ

“Sekiranya di langit dan bumi ada tuhan-tuhan selain Allah, tentulah keduanya itu telah rusak binasa. Maka Maha Suci Allah yang mempunyai ‘Arsy dari pada apa yang mereka sifatkan.” (QS. Al-Anbiya: 22)

(Baca juga : Prajurit TNI AU yang Ditahan Karena Sambut Habib Rizieq Akhirnya Dilepas )

5. Bertambahnya keimanan dengan menyaksikan kekuasaan Allah, keagungan ciptaan-Nya, dan kesempurnaan kreasi-Nya

Rasa takjub yang muncul saat seorang mukmin melihat angkasa raya, akan membuatnya semakin yakin bahwa Dia Yang mampu menicptakan semua kehebatan ini, adalah Dzat yang maha segala-galanya. Tidak ada lagi keraguan sedikit pun di dalam hatinya akan adanya Allah. Dengan demikian, jika stamina iman bertambah, semangat ibadah pun semakin menggebu-gebu.

6. Tumbuhnya sifat tawadhu’ (rendah hati) pada diri seseorang ketika ia melihat langit; makhluk yang jauh lebih besar darinya

Maka dengan mengetahui qudrah (kekuasaan) Allah, hilanglah benih-benih kesombongan, jiwanya pun tersucikan dari noktah-noktah hitam kejumawaan. Tumbuh kesadaran di hati, bahwa ia hanyalah debu di dalam debu. Manusia hanyalah makhluk yang kecil di planet bernama ‘Bumi’. Dibandingkan dengan planet-planet lainnya yang ada di tata surya, Bumi tidak lebih besar daripada Saturnus, Uranus, atau Jupiter.

(Baca juga : Nikita Mirzani Diduga Hina Habib Rizieq, Wasekjen MUI Sarankan FPI Lapor Polisi )

Lebih dari itu, dengan melihat langit yang di sana terdapat Matahari saat siang dan Bulan di saat malam, seseorang akan semakin tawadhu’, bahwa ia bukanlah siapa-siapa. Sepenuhnya ia menyadari, bahwa semua yang ada di bumi, sangat bergantung dengan apa yang ada di atas sana.

Maka, jika di dunia ini masih ada orang yang berlaku sombong, bersifat angkuh, merasa lebih hebat dari pada yang lainnya, boleh jadi, ia merasa sedang di langit. Padahal, kakinya masih berpijak di bumi. Dan jika pun ia mempunyai kelebihan tertentu, bukan berarti ia boleh ujub dan takabur akan kehebatan dirinya. Sebab, masih ada langit di atas langit.

7. Tumbuhnya rasa khauf (takut) kepada Allah

Setiap kali kekuatan “Sang Raja” tampak jelas di mata seorang abdi, bertambahlah rasa takut dalam hatinya. Karena itulah ia akan selalu taat dan tidak berani berbuat maksiat. Jadi, dengan melihat langit, seseorang menginsafi adanya Dzat Yang Maha Melihat dan senantiasa mengawasi gerak-geriknya.

إِنَّ رَبَّكَ لَبِالْمِرْصَادِ

“Sesungguhnya Tuhanmu benar-benar mengawasi.” (QS. Al-Fajr: 14)

Inilah perbedaan antara takut kepada Allah dan takut kepada makhluk. Ketika kita takut kepada makhluk, maka kita akan menghindar dan menjauhinya. Tetapi ketika kita takut kepada Allah, maka kita kita akan semakin dekat dengan-Nya.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1673 seconds (0.1#10.140)